-->

Cara Praktis Untuk Meningkatkan Traffik Blog

Artikel tentang cara meningkatkan traffic blog mungkin dapat dengan mudah ditemukan. Karena artikel yang membahas tentang cara ini sepertinya memang sudah banyak diposting. Hanya saja saya tetap “nekat” memposting artikel ini karena bisa jadi isi dari posting kali ini merupakan “intisari” dari berbagai cara yang telah banyak dipostingkan.

Sehingga cara ini lebih praktis dan lebih mudah untuk dilakukan. Dan yang lebih penting, cara ini sangat ampuh dalam –tidak hanya meningkatkan pengunjung blog– tapi mendongkrak traffic blog. Dan ini telah saya buktikan pada salah satu blog saya. Salah satu blog baru yang biasanya hanya mempunyai traffic berkisar ratusan, dalam sehari dua hari langsung terdongkrak menjadi setidaknya 1 K per harinya. ( Tapi tentu saja ini versi dan berdasarkan pengalaman pribadi saya.

Sehingga “nuwun sewu” sebelumnya pada para master dan mastah, jika ada kekurangannya mohon koreksi dan pencerahannya ).

Sesuai pengalaman pribadi saya, cara praktis untuk meningkatkan trafik blog kurang lebihnya sebagai berikut :

● Posting bagus, konten bermutu

Ini memang rajanya dalam meningkatkan traffik blog. Tanpa banyak komentar, meski apapun SEO nya, posting bagus, konten bermutu tetap kuncinya. Dengan posting bagus dan konten bermutu, tidak hanya disukai oleh pengunjung saja tapi blog juga akan disukai Google.

Hanya saja memang bukan perkara yang mudah untuk membuat posting bagus dan konten bermutu. Terlebih bagi yang kurang biasa menulis. Sehingga beruntunglah yang memang punya bakat dan hobi menulis.
Tapi yang tidak ?
Tenang saja. Yang namanya blogger tetap tidak mati cara.
Ada banyak cara untuk menyiasati dalam memperoleh posting bagus dan konten yang bermutu.
Cara yang termudah adalah copy ( tapi jangan langsung di-paste ). Usahakan cari artikel ( bermutu ) dari situs atau blog yang sudah punya nama. Dan usahakan juga itu adalah artikel terbaru. Rewrite atau rubah redaksinya. Dan tentu saja upayakan yang sesuaikan dengan topic blog anda. Copy ( …lalu ) paste itu sah-sah saja, asalkan tahu etikanya.
Karena kalau mau jujur, sepertinya hanya sedikiiiiiit saja, blogger yang benar-benar tidak melakukan copy paste. Tapi ini yang paling penting, meski copy paste, harus tahu caranya.
Maka ada baiknya jika tahu apa itu Seasonal Posting. Tapi jika belum, jangan khawatir lihat saja disini : Seasonal Posting. Cara Posting cerdas Traffik Blog Jadi Deras

● Menggunakan Google plus

Beruntunglah bagi yang menggunakan Blogger. Karena masih satu keluarga, Google, para pengguna Blogger juga diberikan fasilitas Google +. Fitur layanan terbaru dari Google ini terbukti sangat ampuh dalam mendatangkan traffic blog. Dan untungnya pula dengan Google+ ini ketika blogger melakukan posting, Google+ akan langsung membagikannya kepada public di lingkarannya. Jadi ini merupakan promosi gratis tercepat.
Dengan fitur ini, baru beberapa detik setelah posting, blog biasanya akan langsung dapat pengunjung. Terlebih jika kontennya memang bermutu. Dan yang lebih enaknya, pada Google + juga disediakan banyak Komunitas. Sehingga sekali dayung anda bisa promosi link posting ke berbagai komunitas setelah ngikut di dalamnya. Sebenarnya untuk akun blogger baru akan langsung ditawari untuk mengasosiasikan blogger dengan Google+.
Dan jika anda pengguna blogger lama fasilitas tersebut juga telah tersedia. Maka segera asosiasikan akun blogger dengan Google + untuk meningkatkan traffic blog anda.

● Mensubmit url ke mesin pencari

Mensubmit url posting ke berbagai mesin pencari juga akan ikut membantu dalam usaha mendongkrak trafik blog. Cari dan submitkan url posting ( secara manual ) ke berbagai mesin pencari yang terkenal.
Untuk Google fasilitas ini sebenarnya sudah tercakup jika blogger mendaftarkan dan menggunakan Google Webmaster Tools.
Bisa dilihat salah satu cara menggunakan fasilitas ini di : Langkah Dasar Praktis Memperkuat Pondasi Blog Melakukan submit secara manual akan membantu agar blog lebih cepat dindeks. ( Dan kayaknya Google juga tidak suka jika dial submit dilakukan secara otomatis ) .

● Menggunakan Social Media

Menggunakan media sosial untuk meningkatkan trafik blog terbukti cukup ampuh. Terlebih jika mempunyai jaringan social yang sangat luas. Bahkan, system alogaritma Google saat ini, konon memberi porsi yang cukup besar terhadap peranan media social.

● Menggunakan Sosial Bookmark.

Cara ini juga terbukti cukup ampuh untuk mendongkrak traffic blog. Tapi usahakan agar mensubmit ke Social Bookmark yang ber-PR tinggi saja, untuk menghemat waktu. Dan sebaiknya juga dilakukan secara manual.

● Pers Release

Jika memang ada waktu akan lebih baik jika ditambah melakukan pers release ( tapi saya sendiri jarang melakukannya ).

Itulah beberapa cara berdasarkan pengalaman saya untuk meningkatkan traffic blog. Tapi tentu saja masing-masing blogger punya cara yang berbeda.

You may like these posts