-->

Cara Praktis Mengecheck Keaslian Smartphone

Anda memiliki dan pengguna smartphone ?
Anda yakin smartphone yang anda gunakan memang benar-benar asli ? Bukan barang “tembakan” ?
Anda benar-benar yakin ?

Anda yakin sekali, tetapi bagaimana jika smartphone kesayangan anda tersebut ternyata barang “aspal “ ? asli tapi palsu. Dari mana anda bisa mengetahuinya ?

Awalnya celluler phone / handphone “hanyalah” sebuah perkakas nirkabel denan tujuan mempermudah orang dalam berkomunikasi, sehingga pada saat itu paling banter hanya bisa untuk bertelepone atau SMS. Namun dengan pesatnya perkembangan teknologi perangkat nirkabel tersebut mulai bergeser dengan adanya fitur tambahan yang lebih canggih, sehingga tidak hanya melayani fungi bertelepon dan SMS saja tapi juga melayani fungsi hebat lainnya, seperti untuk melakukan pekerjaan, multimedia dan sebagainya. Hingga pada akhirnya disebut sebagai telephone pintar atau smartphone.

System operasi canggih paling popular digunakan untuk melayani kinerja smartphone, karena fitur yang ditawarkan sangat beragam dan canggih. Dengan popularitas dan peminat yang begitu tinggi, smartphone ( dengan masing-masing system operasinya ) tentu saja menjadi incaran bagi mereka yang ingin mengeruk untung sebanyak-banyaknya. Artinya perangkat ini sangat rawan untuk dipalsukan.

Untuk menghindari hal seperti ini terjadi pada anda ( dapat smartphone tembakan ) maka ada baiknya jika kita tahu bagaimana cara mengecheck keaslian smartphone yang digunakan.

Caranya sebenarnya sangat sederhana.

Gunakan dan check kode IMEI !
Tapi apa itu kode IMEI?

Sebagaimana juga pada cellular phone lainnya, pada smartphone, kode IMEI merupakan "identitas pribadi" dari sebuah perangkat. Kode IMEI berisi informasi tentang kode asal negara, kode assembling, kode manufaktur, dan juga nomor serinya. Dengan kode IMEI maka dapat diketahui apakah smartphone yang dibeli itu asli atau tembakan (KW / Aspal / Supercopy).

Untuk mengecek keaslian perangkat selluler dengan menggunakan kode IMEI dapat dilakukan dengan cara berikut :

● Pada Ponsel biasa

- Pada perangkat ponsel ( biasa ), cukup tekan kode *#06# pada menu telepon (tanpa menekan tombol yes / OK / Call).
-Setelah menekan kode tersebut, maka secara otomatis perangkat menampilkan 15 digit kode angka pada layar
-Ini adalah kode IMEI dari perangkat tersebut
-Tetapi bila perangkat tidak mersepon sesudah ditekan kode tersebut, maka bisa dipastikan jika perangkat adalah PALSU atau ILEGAL.
-Catat kode yang ditampil
-Cocokkan kode tersebut dengan kode pada box / dus pembungkus perangkat.
-Bila tidak sesuai, berarti kemungkinannya adalah perangkat yang dibeli merupakan hasil rekondisi, atau perangkat bekas diperbaiki ulang.
- Bila telah sesuai bisa dilakukan satu langkah lagi,
- yaitu mencocokkan kode yang ditampilkan layar dengan kode yang tertulis pada bagian belakang ponsel ( harus membuka tutup belakang perangkat )

● Pada smartphone :
Untuk perangkat Andr01d, cek kode IMEI ini dengan cara :

- masuk ke menu setting -> scroll ke bagian paling bawah menu
- pilih About Phone -> pilih status.
- Maka akan tampil keterangan tentang perangkat, termasuk IMEI (atau IMSI).
- langkah selanjutnya = sama

Yang penting teliti dan hati-hati sebelum membeli.
Karena kata Bang NAPI, “ kejahatan timbul karena kesempatan”.

Hanya dengan langkah sederhana, Cara Praktis Mengecheck Keaslian Smartphone, anda akan aman dari penipuan dan bisa terhindar dari rasa kecewa.

You may like these posts