-->

Tips Praktis : Manfaat Melakukan General Check Up

Kalau mau jujur mengakui, kata “ general check up “ adalah kata yang masih asing di masyarakat umum. Meski telah sekian lama telah dicanangkan dan didengungkan slogan atau idiom, misal : “ mencegah lebih baik dari pada mengobati “ atau “ kesehatan adalah mahal harganya “.
Tetapi kenyataannya di lapangan sangatlah berbeda.
Bisa jadi karena kebiasaan tradisional masyarakat Indonesia yang baru mau berobat setelah sakit ( bahkan telah sakit-pun terkadang belum mau berobat ke dokter, cukup beli obat-obat yang bebas di jual di pasaran.
Lihat : Cara Pilih Obat Berkhasiat Yang Dijual Bebas Di Pasaran ).

Sehingga kalau melakukan general check up justru dianggap mengharapkan adanya suatu penyakit ( jawa : ngalup ) Atau bisa jadi pula memang - ( dan ini mungkin kenyataannya ) – biaya untuk kesehatan masih terasa begitu berat ( baca : mahal ) bagi masyarakat kebanyakan umumnya.
Maka, boro-boro mau general check up.

Sehingga sampai saat ini general check up umumnya hanya dilakukan bagi yang mampu saja. Tetapi tentu saja artikel ini tidak dimaksudkan untuk pilih kasih ( khusus bagi yang mampu ) tapi justru dimaksudkan, dengan artikel ini yang sedikit banyak memberi wacana tentang - apa itu - general check up, siapa tahu menggugah masyarakat umum untuk mau melakukannya.

Medical check Up ( masyarakat umum mengenalnya dengan general check up) atau tindakan check kesehatan merupakan suatu upaya pencegahan dengan cara melakukan cek kesehatan secara menyeluruh untuk mengetahui status kesehatan.

Tujuannya ?
Agar secara dini mengetahui apa yang sedang dan yang mungkin akan terjadi pada tubuh kita, atau menilai ketidak beresan kecil yang terjadi pada tubuh.

Tapi sebenarnya, apa sih manfaat dan fungsi General check up itu ?

• mendeteksi dan mencegah adanya suatu kelainan atau penyakit dalam tubuh
• karena adanya deteksi dini, maka bisa melakukan pengobatan segera jika ditemukan tanda-tanda kelainan atau penyakit
• dapat mencegah atau menunda terjadinya suatu komplikasi penyakit
• dapat menghemat biaya pengobatan.
Ingat : mencegah lebih murah dari mengobati
• kesempatan lebih memperpanjang usia produktif dan usia harapan hidup
• meningkatkan kualitas hidup Beberapa penyakit yang dapat langsung dapat dideteksi dengan melakukan general check up antara lain : Hipertensi, Diabetes, kelainan lemak darah, penyakit darah ( anemia, kanker darah ), penyakit ginjal, asam urat,sakit rematik, penyakit paru, serta penyakit jantung.

Dari sini dapat terlihat betapa pentingnya fungsi General check up itu.

Karena dengan adanya deteksi dini terhadap penyakit yang nantinya jadi serius maka dapat dilakukan tindakan segera untuk mulai mengobatinya.

Ada beberapa tips praktis yang dapat anda ikuti untuk melakukan general cek up :

• cari dan pilihlah laboratorium atau rumah sakit yang professional dan terpercaya, terakreditasi dan mengutamakan mutu, sehingga hasilnya benar-benar berkualitas
• tidak semua general cek up cocok untuk semua orang.
Maksudnya jika melakukan general cek up pilihlah paket yang disesuaikan dengan usia, riwayat kesehatan, serta gaya hidup. Jika perlu konsultasikan dengan dokter terlebih dulu.
• lakukan persiapan sebelum pemeriksaan yang diperlukan secara seksama serta ikuti semua persyaratan yang ditentukan.
Misal : jika disyaratkan harus puasa ya harus benar-benar puasa.
• Jelas dan jujur dalam memberikan informasi.
Jangan menutup-nutupi karena ini justru tidak baik bagi diri sendiri.
• Usahakan agar melakukan general cek up pada pagi hari.
Hal ini dikarenakan tubuh telah dalam keadaan lebih stabil setelah mendapat istirahat semalam.

You may like these posts