Cara Membuat USB Fan Coolpad Portable

Cara Membuat USB Fan Coolpad Portable

Anda pasti sudah tahu betapa pentingnya peranan pendinginan pada Laptop dan komputer. Komputer ( PC ) dan Laptop tersusun dari komponen-komponen elektronik kecil yang sangat peka terhadap panas. Semakin lama PC atau Laptop digunakan maka semakin besar pula panas yang dihasilkan. Jika hal ini dibiarkan, akan merusak komponen elektronik di dalamnya.
Akibatnya ? PC atau laptop makin cepat rusak.

Maka disnilah peran penting proses pendinginan. Baik pada Komputer / PC ataupun Laptop memang telah dilengkapi dengan fan ( kipas ) untuk melayani proses pendinginan ini. terintegrasi di dalamnya.
Pada computer / PC biasanya jarang terjadi permasalahan pada proses pendinginan komponen. Hal ini dikarenakan pada PC, terdapat fan dan ruang yang cukup untuk terjadinya proses pertukaran panas dan pendinginan yang baik.
Masalahnya adalah pada Laptop.
Laptop didesign lebih ringkas dan tipis. Sehingga ruang untuk pertukaran panas dan pendinginan relative kurang dibanding dengan PC.
Untuk itulah biasanya para pengguna Laptop sering menambahkan coolpad ( tatakan pendingin tambahan ) untuk memperbesar dan mempercepat proses pendinginan, sehingga laptopnya tidak cepat rusak.

Yang termudah adalah dengan membeli coolpad untuk laptop. Anda tinggal memilih merk, jenis dan model coolpad yang anda sukai.
Namun untuk membeli anda juga harus HATI-HATI. Karena jika salah pilih coolpad, justru bisa membuat amburadul laptop anda. Anda harus tahu cara memilih coolpad yang baik dan benar. (sebaiknya lihat : Kiat Tepat Memilih Coolpad)

Disamping dengan membeli, ternyata ada cara yang relative mudah untuk memaksimalkan proses pendinginan pada laptop. Yaitu dengan membuatnya sendiri. Artikel ini bisa dipraktekkan oleh siapa saja, karena memang begitu mudah dan praktis pelaksanaannya.

Dan jika anda pada dasarnya memang senang otak-atik, mungkin artikel ini akan dapat lebih membantu menyalurkan hobi anda. Terlebih, bahan-bahan yang digunakan bisa diambil dari barang bekas yang ada di rumah anda. Bahan utama yang digunakan adalah sebuah fan ( anda bisa memanfaatkan dari sisa komputer bekas yang sudah rusak atau perkakas elektronik lainnya).

Inti dari cara membuat coolpad sendiri ini adalah memodifikasi koneksi dari fan sehingga dapat digunakan secara portable, baik untuk PC atau laptop.

Alat dan bahan :
• Sebuah fan (kipas), sebaiknya yang 5 Volt
• Kabel USB
• Solder
• Kawat Solder
• Gunting atau Pemotong kawat
• Isolasi

Cara membuatnya :

- Kupas kabel USB, buang kabel groundnya. Gunakan hanya 2 kabel plus dan minus ( merah dan hitam ) . ( lihat gambar )
- Buang isolasi kabel, bersihkan kawatnya
- Ambil fan dan tinggal solderkan 2 buah kabel daya fan dengan 2 kabel USB tadi ( lihat gambar )
- Isolasi kabel pada bekas solderan untuk menghindari terjadinya short
- Selesai.
- Untuk penggunaan, anda tinggal colokkan ke USB mana yang anda suka

Sebagai catatan :
Jika anda menggunakan fan dengan tegangan 9 volt atau 12 volt maka sebaiknya menambahkan switch regulator pada rangkaian tadi. Hal ini dikarenakan, tegangan yang dihasilkan melewati USB adalah sebesar 5 volt. Sehingga jika anda menggunakan fan dengan tegangan 9 volt atau 12 volt, meskipun fan tetap dapat berputar, namun tidak pada kecepatan RPM penuh. Sehingga proses pendinginan tidak dapat optimal.

Selamat mencoba, selamat berkarya.

Share this:

Disqus Comments