Tips Praktis : Cara Merawat TV Plasma

Tips Praktis : Cara Merawat TV Plasma

Lajunya perkembangan teknologi, juga berimbas pada dunia per-televisi-an. Televisi yang dulunya hanya bisa menyajikan gambar hitam putih, saat ini diklaim telah bisa menyajikan gambar sesuai dengan warna aslinya. Ini dikarenakan, dengan kemajuan teknologi saat ini telah mampu menyajikan gambar dengan kerapatan yang tinggi pada televisi.
Ini juga tak lepas dari kebutuhan masyarakat untuk dapat menikmati tontonan gambar yang berkualitas.

Salah satu teknologi teknologi yang mampu menyajikan gambar berkualitas adalah TV Plasma.


Namun di Negara ini TV Plasma memang belum sepopuler dan begitu merakyat dibanding dengan TV konvensional ( TV tabung ). Mungkin terbentur juga pada permasalahan harga yang memang relative lebih tinggi.
Dan repotnya, karena mungkin kurangnya informasi tentang TV plasma ini, seringkali para penggunanya kurang mengetahui tata cara perawatan TV plasma yang baik.
Sehingga tak jarang TV mengalami kerusakan karena kesalahan penanganan. Sedang biaya untuk servicenya, tentu saja masih mahal.

Bila anda selalu menginginkan tontonan TV dengan gambar yang berkualitas namun dapat melakukan penghematan biaya, ada baiknya mengikuti beberapa tips praktis untuk melakukan perawatan pada TV plasma anda :

• Amankan TV Plasma .

Selalu pastikan bahwa TV Plasma ditempatkan pada lokasi yang aman dan berdiri kokoh. Atau jika TV dipasang di dinding, pastikan itu aman di tempatnya.
Jangan menempatkan TV plasma di lokasi yang mudah terbentur, sering dilewati orang atau tempat yang mudah terbalik.

• TV Plasma juga membutuhkan ventilasi yang cukup.

Hal ini disebabkan karena jenis Plasma TV ini memang cenderung menghasilkan lebih banyak panas. Jika TV plasma ditempatkan pada lokasi yang sempit dan kurang pertukaran udara, komponen listrik cenderung lebih mudah terbakar.
Cara termudah adalah dengan melihat pedoman manualnya .

• Jaga TV Plasma selalu kering.

Tidak peduli apakah itu adalah tumpahan, kelembaban, atau kondensasi, hal ini dapat merusak TV Plasma. Jangan tempatkan TV plasma dalam ruangan yang rentan terhadap kondisi lembab, serta hindari penempatan cairan disekitar TV, untuk menjaga agar tidak tumpah di atasnya.

• Jaga TV plasma tetap dingin.

Cara terbaik untuk menjaga TV Plasma adalah menempatkan di lokasi yang cukup dingin atau agak berangin. Hal ini penting karena TV Plasma menghasilkan banyak panas, dan ruang yang panas hanya akan membuat kondisi lebih buruk.

• Jaga TV Plasma tetap bersih.

Untuk membersihkan TV plasma, gunakan kain serat mikro seperti yang direkomendasikan oleh sebagian besar manufaktur. Umumnya kain serat mikro sudah cukup memadai untuk membersihkan debu dan sidik jari dari layar, tetapi jika membutuhkan lebih dari itu, pastikan untuk menggunakan pembersih yang direkomendasikan untuk layar Plasma. Ini berupa pembersih antistatik yang tidak akan merusak TV. Dan yang lebih penting jangan menyemprotkan apapun langsung ke layar, melainkan semprotkan cairan pembersih ke kain dan kemudian gunakan kain untuk membersihkan layar. Jangan menggunakan jenis kain kasar untuk membersihkan layar, termasuk handuk kertas. Kain kasar dapat merusak layar TV Plasma.

• Lindungi TV Plasma dari lonjakan arus listrik.

Selalu gunakan pelindung lonjakan arus listrik untuk mencegah kerusakan pada TV Plasma.

• Matikan TV

Untuk memperpanjang umur TV Plasma, Anda harus selalu mematikan televisi ketika sedang tidak digunakan, karena ini akan membantu untuk mencegah overheating, dan membakar layar TV Anda.


Artikel menarik lainnya :
> Cara menghubungkan LCD Projector ke TV untuk nonton bareng di layar lebar

Bila Artikel Ini Bermanfaat, Tolong Bagikan :

Menarik Untuk Dilihat :
Disqus Comments