-->

Etika Bertamu dan Bersilaturahmi Yang Wajib Diketahui

Bertamu merupakan salah satu bentuk kehidupan sosial. Banyak sekali tujuan bertamu, mulai dari tujuan bisnis, kekeluargaan, pertemanan sampai sekadar menyambung tali silaturahmi.
Bahkan pada saat tertentu – seperti pada saat Hari Raya – bertamu dan silaturahmi merupakan salah satu bentuk kebiasaan khas di Indonesia.
Salah kebiasaan unik yang hanya bisa ditemui di Indonesia. Tentu saja tidak ada ketentuan dan peraturan khusus dalam hal bertamu.

Namun tentu saja, sebagai masyarakat sosial dengan “ adat ketimuran “ yang tinggi ada baiknya kita mempunyai etika dan adab bertamu yang baik.

Meski pun itu pada hari raya atau hari-hari lain yang lazim untuk bertamu.

Agar kunjungan dan pertamuan anda menyenangkan bagi kedua belah pihak , seyogyanya jika anda mengikuti beberapa etika bertamu, antara lain :

Membuat janji
Jika tuan rumah yang anda tuju, termasuk orang yang sangat sibuk dan jarang dirumah, ada baiknya jika membuat janji terlebih dulu. Hal ini dapat menghindari kekecewaan karena tidak bertemu atau agar tuan rumah tidak merasa terganggu.

Pahami waktu bertamu
Meski pada saat Lebaran, setiap waktu adalah “ sah “ untuk bertamu, namun akan lebih baik jika anda memahami kapan boleh-tidaknya kita bertamu. Pahami kapan tuan rumah ada di rumah.

Ucapkan salam


Sebelum masuk rumah orang , ketuk pintu atau pencet bel. Juga disertai ucapan salam. Ulangi salam sebanyak 3 kali. Kalau sampai 3 kali tidak ada jawaban, sebaiknya anda mengurungkan niat dan meninggalkan rumah tersebut.

Sampaikan tujuan bertamu.
Dalam menyampaikan tujuan hendaknya singkat, jelas. Jangan sampai muncul salah paham atau salah pengertian dengan tuan rumah. Tentu saja dengan kalimat yang sopan dan menyenangkan.

Tahu diri
Tamu hendaknya tahu diri, seberapa lama waktu yang layak untuk bertamu. Harus paham pula isyarat yang diberikan tuan rumah. Misal, tuan rumah yang berulang kali melihat ke arah jam dinding, itu berarti pertanda waktu pulang bagi si tamu.

Ucapkan terima kasih
Tamu perlu mengucapkan terima kasih kepada tuan rumah atas penerimaannya yang baik dan menyenangkan. Bukankah tuan rumah telah rela menyisihkan waktunya ?
Berpamitan pada saat akan pulang, jangan lupa berpamitan kepada tuan rumah. Yang perlu dilakukan berjabatan tangan sambil menebar senyum.

Lihat juga :
> 3 Cara mengatur ruang tamu sesuai Fengshui

You may like these posts