-->

Ciri Ciri Pencuri Sepeda Motor Yang Dapat Dikenali. Kalau Lihat Yang Seperti Ini Segera Awasi Lur. Lakukan Cara Sederhana Ini Agar Sepeda Motor Aman Dari Pencurian

Ciri-ciri pencuri sepeda motor sebaiknya dikenali. Ini tidak lepas dengan adanya kasus-kasus pencurian sepeda motor yang belakangan ini meningkat tajam.

Setelah kasus kasus begal sepeda motor yang marak dan bahkan sempat menjadi berita nasional beberapa waktu lalu, pada kasus yang sama namun dengan cara yang sedikit berbeda, kini kasus pencurian sepeda motor kemali marak.
Hampir setiap hari selalu ada saja pemberitaan tentang adanya kasus pencurian sepeda motor di media massa atau media sosial.
Baca juga :

Meningkatnya kasus-kasus pencurian sepeda motor tidak hanya terjadi di kota-kota besar atau daerah “Tapal Kuda” yang selama ini memang dikenal sangat rawan dengan tingkat pembegalan dan pencurian sepeda motor yang sangat tinggi.
Namun kasus pencurian sepeda motor kini sudah merambah hingga ke kota-kota kecil yang selama ini dikenal sebagai daerah yang “aman sulaiman”.

Sebagai contoh, di kota Kudus misalnya.
Di kota kecil yang dikenal sebagai Kota Kretek ini, tercatat selama 2 bulan terakhir ini telah terjadi 14 kasus pencurian sepeda motor.
Tingginya kasus pencurian sepeda motor di kota kecil yang selama ini dikenal sebagai kota yang tentrem ini menjadikan banyak warga kota Kudus resah dan gelisah.
Mereka sangat berharap agar kasus-kasus pencurian sepeda motor dapat segera tertangani, sehingga dapat beraktivitas dengan tenang seperti sedia kala.
Banyak dari masyarakat kota Kudus melalui Media Sosial menghimbau aparat penegak hukum agar dapat sesegera mungkin menuntaskan kasus-kasus pencurian sepeda motor ini.
Beberapa pengguna Media Sosial bahkan sempat melontarkan ide untuk mengaktifkan kembali SISKAMPLING yang belakangan ini bisa dikata memang tinggal cerita sebagai upaya Cegah- Tangkal terjadinya kasus pencurian.

Dari informasi yang berhasil dikumpulkan dari berbagai media, kasus pencurian sepeda motor di kota Kudus bisa di bilang terjadi secara merata.
Banyak yang menduga jika pelaku pencurian sepeda motor ini berasal dari luar daerah.
Dan diduga pula jika pencuri-pencuri sepeda motor warga ini merupakan sebuah sindikat dan ada penadahnya ( namun hal tersebut masih sebatas dugaan ).
Ciri-ciri pelaku pencurian sepeda motor di wilayah Kudus sebenarnya sudah beberapa kali tertangkap kamera CCTV.
Namun hingga artikel ini di tulis belum ada pemberitaan yang mengabarkan jika para pelaku pencurian sepeda motor di Kudus tersebut ditangkap.

Ciri Ciri Pencuri Sepeda Motor Yang Dapat Dikenali

Meski tidak selalu sama persis, ada beberapa ciri-ciri pencuri sepeda motor yang bisa dikenali.

Jadi jika kebetulan melihat ciri-ciri pencuri sepeda motor yang seperti itu, baiknya segera awasi Lur. Beberapa ciri ciri pencuri sepeda motor yang bisa secara kasat mata dikenali antara lain :

1. Merupakan orang asing atau orang yang tidak dikenal di wilayah tersebut
Tidak harus bersikap Suudzon alias berburuk sangka terhadap orang atau Paranoid, namun jika melihat orang asing atau orang yang tidak dikenal masuk ke desa atau daerah “Pean” hingga berkali-kali sebaiknya mulai pasang sikap waspada Lur.
Sebab bisa jadi orang tersebut sedang mensurvey dan memata-matai, apakah ada korban yang bisa dijadikan sasaran.
Jangan salah Lur, pencuri sepeda motor saat ini juga sudah canggih, melakukan metode terstuktur, layaknya professional.
Mereka juga mencari dan mengumpulkan data sebelum mengeksekusi mangsanya.

2. Biasanya melakukan aksi berdua berboncengan sepeda motor
Seringnya, para pelaku pencurian sepeda motor dalam melakukan aksinya adalah dengan cara berboncengan berdua.
Satu orang bertugas melakukan aksi dan mengeksekusi, terus membawa kabur jika berhasil. Satu orang lagi bertugas mengawasi keadaan sekitarnya dan bersiap-siap melarikan diri ketika keadaan tidak memungkinkan atau kepergok.


3. Seringnya berupaya menyamarkan penampilannya.
Dalam melakukan aksi pencurian agar tidak mudah dikenali dan dilacak, para pencuri sepeda motor kerap kali berupaya menyamarkan penampilannya.
Meski tidak selalu, para pencuri sepeda motor ini seringnya beraksi dengan ciri ciri menggunakan jaket, menggunakan helm “cakil”, menggunakan masker dan helm rapat.
Dengan penampilan yang rapat seperti ini, wajah pencuri memang menjadi agak sulit dikenali. Karena itu sebaiknya waspada dan awasi ketika ada orang naik sepeda motor berboncengan, menggunakan jaket, helm cakil atau helm rapat dengan menggunakan masker.
Tetapi sekali lagi – hati-hati juga jangan sampai menjadi Paranoid.
Namun secara umum, orang yang masuk – terutama di kampung-kampung – dengan penampilan seperti itu memang ada baiknya di awasi.
Kalau di jalan raya sih cukup wajar.

4. Berupaya mengaburkan plat nomor kendaraan yang digunakan
Ini juga tidak selalu.
Namun pelaku pencurian sepeda motor yang teliti, mereka juga berupaya mengaburkan plat nomor kendaraan yang digunakan untuk melakukan kejahatan.
Caranya plat nomor kendaraan bisa pura-pura dikasih lumpur atau kotoran. Agar tidak terbaca secara jelas.
Kadang menggunakan plat nomor kendaraan palsu.

5. Mondar-mandir atau bolak-balik di wilayah atau jalan yang sama
Jika mendapati orang dengan ciri ciri seperti tersebut di atas ditambah dengan mondar-mandir atau bolak-balik di daerah atau jalan yang sama, tingkat kewaspadaan perlu dinaikkan Lur.
Jika perlu ditegur atau ditanya.
Sebab jika terjadi keadaan seperti ini, itu artinya para pelaku pencuri sepeda motor tersebut sudah menemukan calon mangsanya.
Mereka bolak-balik menunggu calon mangsanya lengah. Begitu lengah, pencuri langsung melakukan eksekusi, sepeda motor dibawa kabur.
Saat ditegur atau ditanya, untuk mengelabui para pencuri sepeda motor ini biasaya pura-pura mencari alamat atau pura pura tersesat.

6. Pura-pura menunggu seseorang, istirahat atau mangkal di tempat yang dianggap strategis.
Jika melihat orang dengan ciri di atas, kemudian juga terlihat istirahat atau mangkal di tempat yang strategis, tingkat kewaspadaan juga perlu ditingkatkan.
Ini artinya hampir sama dengan point (5). Mereka sudah mendapatkan calon mangsa.
Mereka pura-pura menunggu, istiahat atau mangkal, padahal mereka sebenarnya sedang mengawasi calon mangsanya lengah. Begitu lengah sedikit sepeda motor bablas.

Nah, itulah beberapa ciri pelaku pencuri sepeda motor yang dapat dikenali secara kasat mata. Yang mana jika melihat tanda-tanda yang seperti itu ada baiknya segera diawasi.

Sebab bisa jadi mereka adalah pelaku pencuri sepeda motor yang sedang berniat akan melakukan aksinya.

Waktu Yang Dibutuhkan Pencuri Sepeda Motor dan Alat Yang Digunakan Untuk Mencuri Sepeda Motor Korbannya


Ingat !!! Waspada tingkat tinggi Lur.
Sebab jangan salah, para pencuri sepeda motor ini dapat melakukan aksi pencurian dalam waktu secepat kilat.
Menurut pengakuan salah seorang pelaku pencurian sepeda motor yang berhasil ditangkap aparat kepolisian, pelaku pencurian sepeda motor ini hanya butuh waktu 3 ( tiga ) detik untuk bisa membawa kabur sepeda motor korbannya.
Padahal alat yang digunakan oleh para pencuri sepeda motor ini bisa dibilang sangat sederhana. Dalam menjalankan para pelaku pencuri sepeda motor ini kebanyakan hanya bermodalkan “Kunci T” yang dapat dengan mudah masuk ke dalam kantong saku.
Coba banyangkan Lur…, hanya butuh waktu 3 detik !!!
Itu amat sangat singkat sekali Lur.
Maka terkadang korban kehilangan sepeda motor sempat terheran-heran : “ lha wong baru ditinggal masuk sebentar saja,…begitu keluar ehhh sepeda motor sudah hilang”.

Cara Sederhana Agar Sepeda Motor Tidak Dicuri

Untuk menghindarkan agar sepeda motor tidak dicuri sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan.
Jika memiliki dana dan modal yang cukup, untuk mengamankan sepeda motor dari tindak pencurian dapat menggunakan cara :

1. Menambahkan alat pengaman tambahan
Alat pengaman tambahan untuk sepeda motor, misalnya kunci tambahan, rantai dan gembok, alarm sepeda motor, hingga fitur mati otomatis pada sepeda motor.

2. Peralatan CCTV
Dengan memasang peralatan CCTV dapat membantu memantau kondisi dan keadaan di lingkungan sekitarnya.

Selain menggunakan cara-cara pengamanan sepeda motor yang memang cukup membutuhkan biaya seperti di atas, sebenarnya ada juga beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan agar sepeda motor terhindar dari pencurian.

Beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan agar sepeda motor tidak dicuri misalnya :

1. Tidak memarkir sepeda motor secara sembarangan.
Ini merupakan salah satu kuncinya.
Jika tidak memarkir sepeda motor secara sembarangan akan lebih aman dari tindak pencurian.
Ingat kata Bang Napi : “ Kejahatan bermula karena ada kesempatan”

2. Hindari memarkir sepeda motor di halaman dalam waktu lama.
Jika memang sepeda motor tidak ada rencana untuk digunakan, sebaiknya dimasukkan ke dalam garasi atau ke dalam rumah, meski siang hari.
Sebaiknya tidak memarkir sepeda motor dalam waktu lama di halaman rumah ( terlebih jika halaman rumah tidak ada pagar alias terbuka ).
Harap diingat benar, dalam menjalankan aksinya para pencuri sepeda motor hanya butuh waktu selama 3 ( tiga ) detik saja !!!

3. Jika harus memarkir kendaraan, pastikan sepeda motor dalam keadaan SELALU TERKUNCI
Cara Mengunci Sepeda Motor Yang Aman Namun yang perlu diketahui adalah jangan hanya asal mengunci. Jika asal kunci saja, mungkin hasilnya sama saja, sia-sia. Motor tetap saja tercuri.

Cara mengunci sepeda motor yang aman dan benar adalah :

a. Kunci sepeda motor ke arah kanan
Cara mengunci sepeda motor yang aman adalah ke arah kanan ( ke sebelah kanan ).
Jika mengunci sepeda motor ke arah kiri, hasilnya kunci sepeda motor tetap mudah dibobol.
Dengan mengunci (setang) sepeda motor ke arah kanan, maka sepeda motor akan lebih sulit untuk dicuri.
Ini berdasar pengakuan pelaku pencuri sepeda motor yang berhasil ditangkap aparat kepolisian lho. Pencuri sepeda motor yang ditangkap tersebut mengatakan :”sepeda motor yang dikunci setang ke arah kanan sangat sulit untuk dibobol kuncinya”.

b. Aktifkan fitur tutup kunci
Pada sepeda motor keluaran terbaru biasanya sudah dilengkapi dengan tutur rumah kunci.
Nah setelah mengunci setang sepeda motor ke arah kanan, selanjutnya aktifkan juga fitur tutup rumah kuncinya. Motor akan jadi lebih sulit dicuri.
Ini juga berdasar pengakuan pelaku pencuri sepeda motor lho.

4. Secara berkala tengok dan awasi sepeda motor yang terparkir di luar
Ini termasuk langkah antisipatif. Pencuri tentu akan berfikir 2 kali untuk menggasak sepeda motor yang diawasi.

Nah itulah beberapa tips tentang ciri pelaku pencuri sepeda motor hingga cara-cara sederhana yang bisa dilakukan agar sepeda motor terhindar dari tindak pencurian yang belakangan ini makin marak.

Namun sekali lagi, hal-hal di atas adalah tindakan pencegahan.
Hal yang terpenting adalah dengan ingat kata Bang Napi,
Bahwa tindak kejahatan tidak hanya berasal dari niat tetapi juga karena adanya kesempatan.
Karena itu Waspadalah, Waspadalah !

Mungkin juga anda perlu informasi ini :

You may like these posts