-->

5 Bagian Atau Spare Parts Sepeda Motor Yang Wajib Diwaspadai Saat Musim Hujan

Dari sekian banyak bagian atau spare parts yang “menempel” pada sepeda motor, setidaknya ada 5 bagian atau suku cadang yang wajib diwaspadai pada saat musim hujan tiba.

Hal ini tidak lain adalah demi keamanan dan kenyamanan saat berkendara di musim penghujan. Sebab bagaimanapun juga, kondisi lingkungan dan jalan raya pada musim penghujan akan sangat berbeda dengan musim kemarau.
Dan apabila ke 5 bagian tersebut kurang diperhatikan kondisinya, maka akan sangat mungkin menimbulkan gangguan pada saat sepeda motor digunakan.
Resiko paling ringan adalah sepeda motor mogok, sedangkan resiko paling berat yang mungkin terjadi adalah kecelakaan lalu lintas.

5 Bagian Atau Spare Parts Sepeda Motor Yang Wajib Diwaspadai Saat Musim Hujan adalah :

1. Ban

Yang pertama adalah ban.
Ban yang telah tipis alias “gundul” akan menjadikan sepeda motor licin saat dikendarai saat hujan. Sangat disarankan untuk segera mengganti ban jika kondisinya sudah seperti ini.

2. Sistem kelistrikan sepeda motor

Sistem kelistrikan sepeda motor akan terganggu jika kondisinya basah karena air hujan.
Sistem kelistrikan yang basah bisa menyebabkan terjadinya hubungan pendek atau korsleting.
Karena itu, cek apakah ada kabel yang terkelupas atau koneksi yang kendor. Dan segera perbaiki jika memang ada terkelupas, lecet, atau kendor.
Intinya : jaga agar sistem kelistrikan sepeda motor tidak basah atau kemasukan air hujan, sehingga menimbulkan masalah saat sepeda motor digunakan.

3. Sistem pengapian sepeda motor

Bagian ini paling sering mengalami masalah, terutama ketika terjadi hujan lebat. Sepeda motor tiba-tiba mogok, gara-gara sistem pengapian sepeda motor basah atau terkena air hujan.
Pastikan busi sepeda motor dalam kondisi prima.
Tidak harus mahal-mahal, tapi pastikan untuk menggunakan busi yang berkualitas.
Usahakan menggunakan busi yang cukup besar percikan apinya, terkonsentrasi ( percikan api busi terpusat ) dan stabil, sehingga proses pembakaran di ruang bakar lebih sempurna.

Pastikan pula cob busi dalam kondisi benar-benar rapat sehingga tidak memungkinkan air hujan menerobos masuk dan mengganggu sistem pengapian.

4. Knalpot

Bagian ini sering diabaikan. Tetapi Knalpot yang kendor atau berlubang – terutama jika air di jalan raya tinggi atau banjir – akan dapat menimbulkan masalah .
Sepeda motor jadi mbrebet atau malah mogok. Karena itu pastikan kondisi knalpot juga oke.

5. Sistem pengereman sepeda motor

Terakhir, namun yang paling fatal adalah bagian sistem pengereman sepeda motor.
Permasalahan yang sering terjadi dan juga paling berbahaya bagi pengendara sepeda motor pada saat musim penghujan adalah ketika sistem pengereman kurang berfungsi atau rem blong.
Perlu diperhatikan, karena beberapa bagian dari sistem pengereman sepeda motor kemasukan atau terendam air hujan, maka rem bisa menjadi mal fungsi atau menjadi tidak pakem saat digunakan. Akibatnya : rem blong.
Karena itu perhatikan dengan serius sistem pengereman sepeda motor.
Masalah yang sering terjadi pada sistem pengereman sepeda motor saat musim hujan adalah pada kampas remnya.
Kampas rem atau diskpad yang tersiram atau malah terendam air hujan bisa menyebabkan selip saat digunakan, karena kampas menjadi agak licin.
Ganti kampas rem jika memang sudah cukup tipis atau dirasa hasil pengereman tidak maksimal ( coba di-tes saat kondisi tidak hujan atau kering).
Demi keselamatan, sebaiknya gunakan kampas rem yang handal.
Saat ini di pasaran sudah ada begitu banyak kampas rem sepeda motor yang handal digunakan namun harganya sangat terjangkau.

Nah itulah 5 Bagian Atau Spare Parts Sepeda Motor Yang Wajib Diwaspadai Saat Musim Hujan.

Namun itu semua hanya merupakan sarana belaka.
Jadi selain memastikan semua sarana berfungsi dengan baik, cara untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan saat berkendara yang paling baik dan benar adalah juga harus berkendara secara baik dan benar pula.
Jangan ugal-ugalan. Jangan kebut-kebutan.
Ingat keluarga anda menunggu di rumah.
Jadi simak yang ini :

You may like these posts

  1. According to Stanford Medical, It is indeed the SINGLE reason this country's women live 10 years longer and weigh an average of 19 kilos lighter than we do.

    (And really, it has absolutely NOTHING to do with genetics or some hard exercise and absolutely EVERYTHING related to "how" they are eating.)

    BTW, What I said is "HOW", and not "WHAT"...

    Click on this link to uncover if this short quiz can help you release your true weight loss potential