Cara Membuat Laman ‘Tentang Kami’ ( About Us ) Yang Baik

Cara Membuat Laman ‘Tentang Kami’ ( About Us ) Yang Baik

Bagi seorang blogger (webmaster), laman "Tentang Kami" ( Abous Us ) bisa dikatakan sebagai sebuah “persyaratan wajib” untuk sebuah blog/situs.

Terlebih jika situs/blog digunakan untuk mengais penghasilan, misalnya Google Adsense. TOS Google Adsense mempersyaratkan adanya “pengelola dan penanggung jawab blog/situs yang jelas” untuk bisa diterima sebagai publishernya.
Karena itu bisa dilihat, laman "tentang kami" ( abou us ) pastinya ada pada blog/situs yang telah diaprove oleh Google Adsense.

Faktanya, kini sebagian besar situs/blog memang telah memasang laman Tentang Kami di blog atau situsnya. Namun faktanya pula, laman “Tentang Kami” yang terpasang ternyata belum bisa mewakili apa dan siapa “tentang kami” tersebut.
Dalam kalimat yang lebih sederhana. Laman Tentang Kami yang terpasang masih belum cukup baik ( dan benar ).
Ibaratnya, sudah ada laman Tentang Kami, tetapi pengunjung tidak bisa tahu apa dan siapa “kami” yang dimaksud.

Lalu bagaimana cara membuat laman ‘Tentang Kami’ ( About Us ) yang baik ( dan benar ) ?

Berikut setidaknya panduan singkatnya :

1. Mencantumkan nama

Apa yang bisa didapat oleh pengunjung atau pembaca ketika membuka laman Tentang Kami tetapi ternyata tidak ada satupun nama yang dicantumkannya ?
Jadi siapa sebenarnya yang mengelola dan bertanggung jawap terhadap blog /situs tersebut ?
Tidak mencantumkan nama alias anonim pada laman Tentang Kami tentu saja merupakan tindakan yang kurang layak. Karena pengunjung akan menganggap bahwa pemilik blog tidak bertanggung jawab atau blog abal-abal.
Bahkan jika memang dianggap benar-benar diperlukan, bisa juga dicantumkan alamat dan nomor teleponnya. Ini terutama jika blog adalah blog bisnis atau jual beli.

2. Ada ceritanya

Selanjutnya, perlu dicantumkan sedikit cerita tentang siapa yang dimaksud dengan “us” sebagai pengelola blog.
Selain untuk memberikan sekilas informasi, adanya sedikit cerita tentang “us”, juga akan merupakan “branding”. Pengunjung juga akan merasa lebih merasakan sentuhan personal.
Jika tidak ada cerita tentang “us”, mana bisa disebut laman about us ?
Cerita dalam hal ini termasuk latar belakang dan apa yang disuka

3. Tulis juga, apa keahlian yang dipunya

Misalnya kamu juga dalam hal otak-atik pengkodean dan bikin template blog. Dan bermaksud membisniskan keahlian tersebut.
Tetapi jika dalam laman about us tidak dicantumkan keahlian ini, maka pengunjung tentu saja tidak akan tahu. Salah-salah hasil karyamu bisa dianggap sebagai jiplakan.

4. Menonjolkan kekuatan

Disebut di atas, laman about us jika bisa sebagai branding blog. Jadi selanjutnya, sebisa mungkin dalam laman ini tonjolkan pula apa kekuatan penanggung jawab dan pengelola blog.
Tentu saja tidak perlu secara berlebihan dan bombastis. Dengan demikian pengunjung akan merasa lebih yakin dan mantab.

5. Gunakan Hirarki

Maksudnya ?
Layaknya sebuah artikel posting, gunakan juga penyorotan kata atau informasi yang dianggap perlu. Maka gunakan juga huruf tebal, miring dan sejenisnya. Gunakan H2, H3 dan selanjutnya.

6. Tidak membosankan

Sebuah laman about us juga bisa merupakan sebuah perkenalan.
Maka agar pengunjung bisa langsung merasa suka dan tertarik, laman about us sebaiknya dibuat tidak terlalu formil dan membosankan.
Jika sebuah laman about us formil dan kaku layaknya Curriculum Vitae, bisa-bisa pengunjung blog lari sebelum membuka laman lainnya.

Nah itulah setidaknya panduan singkat tentang bagaimana cara membuat laman ‘Tentang Kami’ ( About Us ) yang baik.

Sedangkan tips untuk membuat artikel posting, simak ini :

Share this:

Disqus Comments