Mau Serba Tahu Dan Serba Bisa ? Gunakan Fasilitas “Mewah” Dari Google Yang Gratis Ini

Mau Serba Tahu Dan Serba Bisa ? Gunakan Fasilitas “Mewah” Dari Google Yang Gratis Ini

Semua orang pastinya telah tahu dan menggunakan Google.
Namun belum tentu semua orang tahu, jika Gooogle tidak hanya menyediakan fasilitas yang tergolong lengkap, tetapi juga bisa dikatakan “mewah”.
Betapa tidak, dengan fasilitas yang disediakan Google ini pengguna bisa memanfaatkannya untuk untuk “apa saja”, mulai dari melacak password hingga melacak ponselnya yang hilang. Sehingga pengguna menjadi “serba tahu dan serba bisa”
Enaknya, semua fitus Google tersebut bisa digunakan secara gratis.
Apa saja fasilitias “mewah” tersebut ?

Ini dia setidaknya 10 fasilitas “mewah” nan gratis dari Google yang sebaiknya anda ketahui :

1. Melacak Username dan Password

Faktanya, Google akan menyimpan semua daftar username dan password yang telah diketik pengguna untuk login dengan menggunakan Google Chrome atau bahkan Android. Google bahkan menyediakan sebuah situs web di mana pengguna dapat melihat semua password dalam bentuk fomat teks biasa.
Untuk menggunakannya, anda bisa membuka alamat situs ini : passwords.google.com

2. Riwayat Pencarian Google

Saat pengguna mengetikkan di kolom pencarian Google dan Youtube, maka semua aktivitas pencarian tersebut akan terekam dan tersimpan.
Jadi ketika pengguna ingin mengetahui semua ativitas yang telah dilakukannya tinggal membuka situs ini : history.google.com (Google searches)
history.google.com/history/audio (Voice searches)
youtube.com/feed/history (YouTube searches and watched videos)

3. Melacak informasi minat

Tidak hanya username, password, dan history, Google juga menyediakan fasilitas yang akan membuat dan menyimpan informasi profil pengguna secara lengkap. Mulai dari situs yang paling banyak dikunjungi, menaksir usia, jenis kelamin dan kepentingannya.
Untuk mengetahui riwayat dan minat anda, buka tautan situs yang ini : www.google.com/settings/ads

4. Membuat akun baru dengan Email yang sudah ada.

Dengan alamat situs ini anda bisa menggunakan akun email lain sebagai Username untuk bisa membuat akun baru.
Buka tautan ini : accounts.google.com/SignUpWithoutGmail

5. Mem-backup data

Dengan fasilitas ini pengguna dapat dengan mudah mengekspor semua data dari Google Ecosystem. Pengguna juga dapat mendownload semua data termasuk seperti Google Photos, contacts, Gmail Messages, dan bahkan video-video Youtube Anda.
Ini tautannya : www.google.com/takeout

6. Keamanan Akun Google

Dengan fasilitas ini pengguna dapat melindungi akunnya dari bahaya hacking.
Dengan fasilitas ini pula pengguna dapat melihat log setiap perangkat dan mengetahui IP Address berikut perkiraan lokasinya.
Ini alamat situsnya : myaccount.google.com/security

7. Mencegah pemblokiran akun

Salah satu aturan dasar Google adalah pengguna diwajibkan login ke Akun Google sekurangnya setiap 9 bulan sekali, jika tidak maka akun akan diblokir.
Untuk mengatasinya hal ini – bagi yang kebetulan sangat jarang login – adalah dengan men-setup sebuah akun utama sebagai secondary account yang dapat dipercaya. Sehingga Google akan mengirimkan peringatan setiap beberapa bulan untuk login ke akun tersebut.
Buka dan gunakan url ini : www.google.com/settings/account/inactive
Lihat juga :

8. Melaporkan konten yang dibajak

Salah satu hal yang menjengkelkan bagi seorang blogger adalah ketika konten yang dibuat mati-matian dengan enaknya dibajak orang. Solusinya adalah dengan memanfaatkan fasilitas pelaporan pembajakan konten.
Untuk melaporkan pembajakan konten, gunakan alamat situs ini : support.google.com/legal

9. History perpindahan lokasi Handphone di Google Maps

Dengan fasilitas ini pengguna dapat melacak riwayat lokasi saat ini di Google Maps, juga opsi untuk mengeksport data tersebut ke dalam file format KML yang dapat ditampilkan di Google Earth atau bahkan di Google Drive. Sebab pada dasarnya baik Handphone Android atau Google Maps akan merekam setiap perpindahan dari satu area ke area yang lain, dan seberapa cepat perpindahan tersebut terjadi.
Ini fasilitasnya : google.com/maps/timeline

10. Melacak Handphone yang hilang

Dan fasilitas mewah yang terakhir dari Google adalah fasilitas untuk melacak ponsel yang hilang.
Jika perangkat yang digunakan berbasis Android dan terhubung ke Internet, maka dengan memanfaatkan Google Device Manager pengguna dapat melacak Handphone nya yang hilang.
Pengguna bahkan dapat membunyikan nada panggilan atau menghapus semua konten secara remote. Pengguna juga dapat menemukan IMEI Number dari Handphone yang hilang tersebut.
Coba buka url ini : google.com/android/devicemanager

Nah itulah setidaknya 10 fasilitas dari Google yang meskipun gratis tetapi tergolong mewah.

Dengan fasilitas tersebut pengguna dapat memanfaatkannya untuk mengatasi permasalahan yang dihadapinya. Jadi benar kan….?
Tips tentang Google lainnya :

Share this:

Disqus Comments