Cara Menulis Artikel Yang Oke Banget ? Setidaknya Coba Gunakan Yang 7 Ini

Cara Menulis Artikel Yang Oke Banget ? Setidaknya Coba Gunakan Yang 7 Ini

Konon untuk menulis artikel yang berkualitas dan oke banget ibaratnya mencetak gol dalam permainan sepak bola.
Maksudnya, setiap orang mungkin bisa bermain sepak bola, namun tidak semua pemain sepak bola bisa mencetak gol ke gawang lawan.
Demikian halnya dalam menulis artikel. Semua orang bisa menulis artikel, namun tidak semua orang bisa menulis artikel yang berkualitas ( ….. mungkin termasuk saya ).
Dulu, hal seperti ini mungkin bisa menjadi kendala.
Namun kini ketika semua fasilitas tersediakan secara instant, maka yang pada dasarnya kurang piawai dalam menulis kini bisa “pintar” dalam menulis.
Dengan beberapa sarana yang tersedia, kini untuk bisa menghasilkan sebuah artikel yang “matang” dalam artian memiliki data dan dasar pemikiran yang jelas, runtut, logis, dan tentu saja cukup enak dibaca bisa dilakukan hanya dengan “klik demi klik”.

Nah, berikut setidaknya 7 buah sarana atau “tools” yang bisa digunakan untuk membuat sebuah artikel tulisan yang berkualitas dan oke banget.

1. Sinonimkata

Sesuai namanya, situs ini bisa memberikan daftar sekian banyak kata yang bersinonim. Selain akan memberikan variasi dalam kata-kata, juga bisa menjadikan sebuah artikel menjadi lebih “kaya” dan unik ( terutama jika merupakan artikel re-write ).

2. Artikata

Dengan menggunakan situs Artikata.com, maka kita dapat memastikan bahwa kalimat yang ditulis memiliki arti yang benar, tepat dan jelas.

3. Rimakata

Sedangkan dengan situs rimakata, maka seorang penulis bisa menggali suatu kalimat dengan diksi dan susunan yang lebih indah.

4. Plagiarism checker

Nah, agar tulisan tidak dianggap menjiplak habis-habisan, maka sebelum dipublikasikan ada baiknya menggunakan plagiarism checker situs milik Small SEO Tools untuk mengecek keorisinilan artikel. Cara menggunakannya juga sangat mudah dan sederhana. Cukup klak-klik belaka, dan dalam sekejap keluar hasilnya.

5. Pixabay / Gratisography / Unsplash / Picjumbo

Merujuk pernyataan mbah Google, sebuah artikel bisa menjadi lebih menarik dan lebih kuat menyita perhatian, apabila dilengkapi dengan gambar atau foto yang relevan.
Yang pastinya akan cukup mustahil jika semuanya harus membuatnya sendiri.
Untuk itu bisa digunakan jasa situs layanan gambar/foto seperti Pixabay, Gratisography, Unsplash ataupun Picjumbo.
Dari situs tersebut seorang penulis bisa menemukan foto atau gambar yang dianggap pas dan relevan.

6. Canva / Befunky

Sudah mendapatkan ambar atau foto, tetapi masih dianggap kurang mantap dan perlu diolah ?
Coba saja gunakan jasa Canva atau BeFunky.

7. Piktochart

Sedangkan jika ingin melengkapinya dengan infografis – namun kurang ngeh dengan software grafis semacam Corel atau Photoshop – tenang saja, anda masih bisa menggunakan jasa Piktochart kok. Dengan tools ini anda bisa memperoleh apa yang dikehendaki secara instant.

Nah, itulah setidaknya 7 macam sarana alias tools yang bisa digunakan untuk menghasilkan sebuah konten artikel yang oke di mata pembaca.

Selanjutnya sih terserah anda.
Disarankan membaca juga cara membuat judul artikel :

Share this:

Disqus Comments