Cara Membuat Artikel Posting Yang Dicari Pembaca Dan Mampu Meningkatkan Trafik Blog ? Manfaatkan 4 Moment Ini

Cara Membuat Artikel Posting Yang Dicari Pembaca Dan Mampu Meningkatkan Trafik Blog ? Manfaatkan 4 Moment Ini

Beberapa orang ( blogger ) secara alami memiliki kemampuan untuk menulis artikel yang selain enak dibaca juga “pas” sehingga mampu meningkatkan trafik blog secara significant.
Konon, memang sering dikatakan bahwa kemampuan dalam menulis memang termasuk salah satu dari bakat.
Meski demikian, orang yang tidak “berbakat menulis” bukan berarti tidak bisa menulis sebuah artikel posting yang mampu menjaring pengunjung dan menaikkan trafik blog.
Sebab pada dasarnya, ketrampilan menulis artikel tetap saja bisa dipelajari.

Untuk bisa menaikkan trafik blog secara significant ( bahkan gila-gilaan ), para penulis professional dan para mastah menganjurkan, setidaknya ada 2 jenis topik artikel yang bisa ditulis, yaitu :

1. Topik artikel “sepanjang masa”

Yaitu jenis topik artikel yang tidak pernah basi dan selalu dicari pembaca setiap saat. Topik artikel jenis ini akan SELALU mampu mendatangkan trafik dari waktu ke waktu secara stabil dan konsisten.
Namun jumlahnya umumnya tidak bisa “meledak”.
Topik artikel yang tergolong sepanjang masa, antara lain : artikel tutorial, artikel pengetahuan ( know how), artilel ilimia, artikel tempat wisata, dan sebagainya.

2. Topik artikel popular

Yaitu topik artikel yang sedang ngetrend dan menjadi perbincangan saat ini.
Berbeda dengan artikel sepanjang masa, artikel popular mampu mendatangkan pengunjung secara berlimpah dan meledak. Hanya saja biasanya tidak bisa bertahan lama.
Ketika topik yang diperbincangkan telah lewat, maka trafik blog akan mengalami penyusutan cukup drastis. Topik artikel yang termasuk jenis ini antara lain : gossip selebritis, berita politik terkini, skandal, produk terbaru dan terpopuler, viral di medsos dan sebagainya.

Meski kedua hal di atas kelihatannya mudah, namun bagi yang memang kurang berbakat dalam menulis, terkadang menjadi cukup sulit dan membingungkan untuk memilih dan menentukan “ apa yang akan ditulis ?”.
Sebenarnya ada panduan yang cukup sederhana dan mudah untuk bisa menulis sebuah artikel yang akan bisa dicari pembaca ( dan meningkatkan trafik blog ).

Agar artikel posting yang ditulis bisa menjadi artikel yang dicari pembaca, sehingga bisa meningkatkan trafik blog secara signifikan, setidaknya manfaatkan 4 moment ini :

1. Moment “ saya ingin tahu sesuatu”

Artinya anda bisa menulis artikel yang berisi sebuah informasi ( yang cukup berharga ) bagi pembaca.
Artikel yang membahas tentang moment “saya ingin tahu” dijamin pasti akan mampu menjaring pengunjung blog secara berlimpah.
Sebab menurut data resmi yang dirilis Google tercatat ada sebanyak 65 % pengguna online yang selalu mencari informasi ( yang ingin diketahui ) yang terjadi saat ini.
Data lain menunjukkan, hingga 66 % pengguna smartphone, memanteng perangkat ponsel pintarnya untuk mencari lebih lanjut informasi yang telah mereka lihat di televisi.

2. Moment “ saya ingin pergi ke suatu tempat”

Itu artinya anda harus menulis artikel yang berisi informasi tentang lokasi-lokasi penting dan diminati. Baik berupa lokasi komersial, pendidikan ataupun lokasi wisata. Anda bisa menulisnya berupa ulasan ataupun catatan perjalanan.
Data Google menunjukkan, saat ini pencarian tentang sebuah lokasi meningkat 2 kali lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya.
Untuk pengguna ponsel pintar,pencarian tentang lokasi bisnis lokal bahkan mencapai porsi hingga 82 % dari keseluruhan pengguna.

3. Moment “ saya ingin melakukan sesuatu”

Artikel yang membahas tentang sebuah cara ( how to ) akan selalu dicari oleh pengguna. Karena tidak semua orang bisa melakukan sesuatu. Dan karena, para pengguna akan selalu berkembang dan berganti. Pengguna online saat ini akan disusul dan diganti dengan generasi berikutnya ( yang belum tentu tahu “sesuatu” tersebut ).
Sehingga menulis artikel dengan moment “saya ingin melakukan sesuatu” akan selalu dicari dan mendatangkan trafik secara konsisten.

Data Google menunjukkan 91 % pengguna smartphone menggunakan perangkatnya untuk mencari dan mendapatkan ide untuk menyelesaikan tugas atau masalah yang sedang dihadapinya.
Sedangkan jika dilihat secara keseluruhan, bahkan ada hingga 100 Milyar lebih pengguna yang mencari konten artikel yang membahas tentang “bagaimana melakukan sesuatu” ( how to ).
Artikel yang termasuk dalam moment “saya ingin melakukan sesuatu” yang bisa anda tulis misalnya : artikel tutorial, panduan, tips, trik dan sejenisnya.

4. Moment “ saya ingin membeli sesuatu”

Ini berkaitan dengan sifat dasar manusia yang konsumtif, membelanjakan uangnya.
Dimana dengan sejumlah uang yang akan dikeluarkan, tentu saja mereka menginginkan untuk mendapatkan produk atau barang yang terbaik.
Jika jaman dulu informasi tentang produk umumnya bisa didapat dari informasi produk dari produsen, informasi produk dari mulut ke mulut, atau ulasan dari media cetak, kini dengan perkembangan teknologi internet, pengguna dan calon pembelanja mencarinya dengan lebih mudah secara online.

Data Google menunjukkan, saat ini 82 % pengguna ponsel pintar menggunakan perangkatnya untuk mencari dan mendapatkan informasi tentang produk atau barang yang ingin mereka beli.
Jumlah ini menunjukkan adanya peningkatan hingga 29 % dibanding dengan tahun sebelumnya.
Jadi untuk bisa meningkatkan trafik blog, coba saja tulis artikel tentang review produk, informasi teknis produk atau pengalaman pribadi dalam menggunakan sebuah produk.
Pengguna umumnya mempertimbangan informasi produk yang bersifat personal.

Pengguna dan perilaku pengguna online memang akan selalu berubah dari waktu ke waktu.
Namun ketika kehidupan dunia masih menjadi suatu hal yang menarik, maka ke empat moment di atas tetap tidak akan berubah dari waktu ke waktu.
Sehingga dengan menulis artikel posting yang membahas ke empat moment di atas, maka bisa dipastikan pengunjung blog akan terus mengalir dan imbasnya trafik blog anda akan meningkat.

Terlebih lagi, dengan perkembangan teknologi IT yang sedemikian luar biasa ditambah kecenderungan manusia yang selalu ingin mudah dan enak, diperkirakan segala sesuatunya akan dilakukan secara online di masa mendatang.

Jadi, ketika saat ini anda sedang dalam pertanyaan “ bagaimana cara membuat artikel yang dicari pembaca dan bagaimana cara meningkatkan trafik blog saya”, silahkan dicoba menulis artikel yang membahas ke empat moment di atas.

Dan rasakan beda hasilnya.
Semoga bermanfaat.
Disarankan membaca juga tips penulisan artikel yang ini:

Share this:

Disqus Comments