Belum Melakukan 5 Hal Ini ? Berarti Belum Menempatkan Iklan Adsense Pada Posisi Terbaik

Belum Melakukan 5 Hal Ini ? Berarti Belum Menempatkan Iklan Adsense Pada Posisi Terbaik

Salah satu pertanyaan terbesar di benak para publisher Google Adsense adalah dimana posisi iklan ( adsense ) yang paling baik ?

Pasalnya, posisi penempatan iklan akan sangat berpengaruh terhadap besar kecilnya penghasilan publisher adsense.
Ketika iklan telah ditempatkan pada posisi yang tepat dan terbaik, maka penghasilan publisher adsense akan menjadi besar. Dan sebaliknya.

Meskipun memang telah ada pedoman umum tentang penempatan posisi iklan adsense yang paling mengundang klik – yang sering disebut sebagai Heat Map – namun sebuah situs / blog adalah unik.


Sehingga penempatan posisi iklan yang terbaik pada setiap situs/blog akan menjadi unik pula. Tergantung pada situs/blog masing-masing.
Sehingga posisi peletakan iklan adsense yang berhasil di satu blog belum tentu berhasil ketika diterapkan di blog lainnya.

Jadi, cobalah cek pada blog, dan jika belum melakukan 5 hal berikut ini, itu berarti anda belum menempatkan Iklan Adsense pada posisi yang Terbaik.

1. Menempatkan iklan pada posisi yang paling banyak dilihat, mudah ditemukan dan diminati pengguna

Untuk bisa mencapai hal ini, maka pemilik blog mau tidak mau harus berfikir dan bersikap seperti seorang pengguna.
Sehingga sebelum memilih lokasi penempatan iklan ( yang dianggap terbaik ), cobalah ajukan 5 pertanyaan ini pada diri sendiri :
1. Saat seorang mengunjungi blog, apa tujuan yang ingin diperoleh ?
2. Dan setelah pengguna membuka sebuah laman, kira-kira apa yang akan dilakukan ?
3. Lalu pada bagian laman yang mana yang paling menjadi perhatian ?
4. Setelah ketemu, bagaimana caranya untuk mengaplikasikan kode iklan pada bagian tersebut, namun tetap tidak menghalangi pengguna?
5. Terakhir, bagaimana caranya untuk menjaga agar penampilan laman tetap bersih dan rapi, tetapi mengundang klik ?

Dan itu artinya anda harus mengatur tata letak blog/situs secara logis dan mudah dinavigasi.
Dan penempatan iklan yang berada di dekat konten/artikel posting umumnya diminati oleh pengguna. Selain harus dipastikan agar konten mudah ditemukan.

2. Tidak memanipulasi tampilan iklan, tetapi buatlah sebuah iklan tampak seperti sebuah iklan

Mengubah iklan senada warna dengan konten blog memang sah-sah saja. Dan hal itu memang merupakan salah satu cara untuk meningkatkan penghasilan adsense.
Namun membuat iklan yang serupa dengan konten atau menjejerkan gambar dengan iklan – dalam kata yang lebih sederhana memanipulasi tampilan iklan - termasuk salah satu cara penempatan iklan yang melanggar TOS adsense.

3. Menyebut iklan sebagai iklan

Keterangan atau label yang boleh disematkan pada iklan yang diperbolehkan TOS Google Adsense adalah "Iklan" atau "Pesan sponsor".
Keterangan atau lebal iklan selain itu adalah tidak diperbolehkan.

4. Bebas menempatkan iklan tetapi sebaiknya tidak terlalu berlebihan

Meski kebijakan baru google adsense membebaskan publisher untuk menempatkan iklan semaunya di blog, namun pihak google “tidak suka” dan tidak menyarankan hal ini.
Pasalnya dengan menempatkan iklan secara berlebihan pada laman blog umumnya akan menjadikan tampilan blog / situs menjadi berantakan.
Sedangkan tujuan utama yang dicari dan diinginkan pengguna saat mengunjungi sebuah situs/blog – dan ini diutamakan oleh Google Adsense – adalah informasi, bukannya iklan.

5.Terakhir, cobalah tinjau dan periksa bagaimana tampilan situs/blog anda

Ketika telah melakukan 4 hal di atas, sebenarnya anda telah melakukan langkah dengan tepat. Namun tidak boleh berhenti hanya di situ saja, anda tetap harus melakukan langkah terakhir.
Yaitu dengan meninjau dan memeriksa bagaimana tampilan dan kinerja situs/blog.
Sebab sebagaimana disinggung di atas bahwa sebuah situs / blog adalah unik.
Coba jelajahi semua bagian situs/blog.
Lalu bayangkan bagaimana kira-kira pengalaman yang bisa didapat oleh seorang pengguna yang baru pertama kali mengunjungi blog anda.
Periksalah apakah kode iklan yang telah terpasang dapat menampilkan iklan secara benar, termasuk adanya label "Iklan oleh Google" atau "PilihanIklan".

Nah itulah 5 hal yang seharusnya dilakukan untuk bisa mendapatkan lokasi penempatkan Iklan Adsense yang paling tepat dan terbaik. Dalam arti, paling menghasilkan klik dan meningkatkan penghasilan.

Yang mana jika harus dirangkum dan dipadatkan lagi, maka pastikan 2 hal ini :
1. Apakah semua konten yang ada di dalam situs/blog mudah ditemukan oleh pengguna ?
2. Apakah antara konten dan iklan yang terpasang benar-benar berbeda dan atau dapat dibedakan secara mudah oleh pengguna ?

Apabila setelah melakukan peninjuan anda mendapatkan jawaban “IYA”, maka itu artinya anda telah menempatkan iklan adsense pada posisi yang paling baik untuk situs/blog anda.

Jika belum, mengapa tidak mencobanya ?
Selamat beruji coba, semoga bermanfaat.
Referensi : https://support.google.com/adsense/answer/1282097?visit_id=1-636199224477730467-3305791681&hl=id&ref_topic=3001646&rd=1
Simak juga tentang ukuran iklan GA tersukses :

Share this:

Disqus Comments