Agar Tidak Tertipu Saat Beli Komputer, Ini Cara Paling Cepat Dan Mudah Untuk Mengecek Model Motherboard Komputer

Agar Tidak Tertipu Saat Beli Komputer, Ini Cara Paling Cepat Dan Mudah Untuk Mengecek Model Motherboard Komputer

Jika suatu saat memerlukan untuk mengecek atau mengetahui model motherboard komputer, maka anda direkomendasikan untuk membaca artikel ini.

Sebab artikel singkat ini akan menguraikan cara paling singkat dan juga mudah untuk mengecek model motherboard komputer, tanpa harus membongkar-bongkar komputer atau CPU.

Bahkan ada 2 pilihan cara yang bisa digunakan. Anda bisa memilih salah satunya, mana yang menurut anda paling mudah ( meski keduanya sangat mudah ).
Langsung saja, berikut caranya :

1. Mengecek model Motherboard komputer secara cepat dan mudah dengan menggunakan software.

Software untuk mengecek motherboard komputer secara cepat dan mudah yang bisa anda gunakan, salah satunya adalah software yang bernama Speccy, yang merupakan rilisan Piriform.
Dengan menggunakan software Speccy, maka dalam sekejap informasi tentang motherboard dan informasi lengkap komputer yang spesifik dapat dengan segera ditampilkan.

Cara menggunakan softare Speccy untuk mengetahui informasi lengkap tentang komputer, lakukan langkah berikut :

- Unduh GRATIS software Speccy melalui tautan ini :
https://www.piriform.com/speccy/download/standard
- Setelah diunduh, lalu install
- Buka program Speccy

Tunggu sebentar, dan setelah proses analisis selesai, maka Speccy akan segera menampilkan informasi tentang motherboard komputer, termasuk juga informasi tentang sistem operasi, CPU, RAM, Harddisk, Audio, dan informasi penting lainnya, seperti terlihat pada gambar berikut :


Apabila menginginkan untuk mengetahui informasi yang lebih lengkap setiap bagiannya, tinggal klik salah satu menu di bagian kiri.

2. Mengecek model Motherboard komputer secara cepat dan mudah dengan menggunakan perintah Command atau CMD

Masih kurang cepat dan kurang mudah karena malas download dan menginstall software ?
Jika demikian, gunakan saja Command line atau CMD.
Caranya :
- Buka perintah Command dengan tombol Windows + R bersamaan
- Pada kotak yang tersedia, ketikkan cmd
- Enter
- Maka akan terbuka halaman baru untuk Command line
- Ketikkan dan eksekusi perintah berikut :
wmic baseboard get product,Manufacturer,version,serialnumber


Maka dalam sekejap informasi penting tentang model Motherboard seperti nama perusahaan produsen Motherboard, model produk, nomor serial, serta versi akan segera ditampilkan.

Nah, seperti itulah cara paling cepat dan paling mudah untuk mengecek model motherboard tanpa harus membongkar-bongkar komputer (CPU).

Cara di atas bisa anda gunakan baik untuk mengecek komputer kepunyaan sendiri ataupun ketika akan membeli sebuah komputer baru.
Untuk cara yang pertama mungkin lebih tepat digunakan untuk komputer sendiri. Karena dengan menggunakan cara pertama, bisa memberikan informasi yang lebih lengkap dan spesifik tentang komputer.
Sedangkan untuk cara yang kedua, mungkin lebih cocok digunakan saat hendak membeli komputer. Karena waktu yang tersedia biasanya terbatas, sehingga tidak mungkin untuk mengunduh dan menginstall software terlebih dulu untuk mengeceknya.

Dengan cara ini maka resiko atau kemungkinan untuk tertipu saat membeli komputer dapat diminimalkan.

Semoga bermanfaat.
Trik lain tentang komputer :

Share this:

Disqus Comments