7 Cara Jitu Membersihkan Uang Koin Logam Dengan Bahan Sederhana Yang Ada Di Rumah

7 Cara Jitu Membersihkan Uang Koin Logam Dengan Bahan Sederhana Yang Ada Di Rumah

Sejalan dengan perkembangan jaman, dimana nilai uang semakin berkurang, uang logam atau kadang disebut koin logam seolah menjadi mata uang yang kurang berharga. Uang logam seakan menjadi “pelengkap penderita”.
Meskipun uang satu juta rupiah tidak bisa disebut satu juta rupiah jika kurang seratus perak saja.

Uang logam menjadi benda yang begitu berharga justru ketika telah sangat tua dan kuno, menjadi barang antik dan langka.

Yang bahkan karena keantikan dan kelangkaannya, sekeping uang koin logam bisa berharga berlipat-lipat dari nilau tukar yang sebenarnya.

Masalahnya, ketika uang logam telah begitu tua, sangat jarang yang kondisinya “cemerlang” seperti kondisi aslinya, setidaknya cukup jelas untuk dilihat.
Banyak uang koin logam yang sebenarnya antik dan langka kondisinya kotor dan berkerak, sehingga hampir-hampir tidak terkenali sama sekali.


Sialnya untuk membersihkan uang koin logam yang kondisinya seperti ini, bisa dibilang gampang-gampang susah. Terkadang sangat gampang, terkadang susah sekali, tergantung apa pengotornya.
Sialnya lagi, apabila sembarangan membersihkan uang logam dengan kondisi seperti ini menggunakan bahan-bahan yang tidak sesuai, terkadang malah membuat uang logam tersebut rusak, karena usianya.

Artikel ini akan membahas 7 cara yang bisa dipergunakan untuk membersihkan uang koin logam dengan jitu dan aman, hanya dengan memanfaatkan bahan-bahan sederhana yang dapat dengan mudah ditemukan di rumah.

Berikut uraiannya :

1. Membersihkan uang koin logam dengan produk Pembersih Logam

Produk pembersih logam umumnya dimiliki beberapa rumah tangga, terutama yang bekerja sebagai aparat dan pegawai. Ada begitu banyak merk yang bisa digunakan.
Salah satu produk pembersih logam yang umum dan popular digunakan misalnya Brasso.
Selain ampuh untuk membersihkan bahan-bahan yang terbuat dari tembaga pembersih logam Brasso juga digunakan untuk membersihkan uang koin logam.
Jika Anda tidak memiliki larutan pembersih logam dengan merk ini, pembersih logam lainnya bisa juga digunakan untuk membersihkan uang logam.
Caranya mudah.
Cukup dengan menggosok-gosok uang koin logam dengan kain yang dibasahi dengan Brasso secara perlahan, lalu dilap dan dibilas sampai bersih.
Dengan cara ini, uang koin logam lama ( terutama yang mengandung tembaga ) akan kinclong kembali.

2. Membersihkan uang koin logam dengan menggunakan minuman bersoda

Tidak punya produk pembersih logam ?
Coba lihat di kulkas atau kalau tidak ada pergilah ke warung terdekat untuk membeli minuman bersoda, Cola, misalnya.

Dengan kandungan bahan kimia di dalamnya, minuman yang diklaim sangat menyegarkan ini juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan uang koin kuno.

Cara menggunakan minuman bersoda untuk membersihkan uang koin logam :

- Ambil piring lalu letakkan uang koin logam di dalamnya, atur agar jangan sampai saling bertumpuk ( jika banyak )
- Tuang minuman bersoda ke dalamnya sehingga semua permukaan uang logam terendam olehnya
- Setelah itu tinggal saja. Mau main game, keluyuran atau tidur terserah. Yang penting diamkan saja selama 4 hingga 5 jam. Tapi jika memang ada waktu luang, setiap 1 jam sebaiknya dibalik.
- Setelah itu buang cairan dari dalam piring, lalu rendam dan bilas dengan air panas.
Lihat hasilnya.

3. Membersihkan uang koin logam dengan cuka dan garam

Tidak ada minuman bersoda juga ?
Tenang, coba sekarang pergi ke dapur, carilah cuka dan garam ( kalau masih juga ndak punya kebangetan namanya ) Kombinasikan dua bumbu dapur ini untuk membersihkan uang koin logam.
Caranya :
- Siapkan cangkir, lalu tuangan cuka hingga ¼ isinya
- Tambahkan dengan 5 gram garam dapur, lalu aduk-aduk sampai larut rata ( jika uang logam yang akan dibersihkan cukup banyak gunakan 15 gram garam dapur ( kurang lebih 1 sendok makan ) ke dalam ½ cangkir cuka )
- Masukkan dan rendam uang koin logam ke dalam larutan ini kurang lebih selama 5 menitan. Jangan saling bertumpuk. ( Dan jangan terlalu lama, karena larutan ini cukup keras bagi uang logam ).
- Jika uang logam begitu kotor dan berkerak, mungkin perlu menggosoknya secara perlahan dengan menggunakan sikat gigi
- Setelah itu cuci dan bilas sampai bersih dengan air hangat.
- Kemudian lap dengan kain kering hingga benar-benar kering. Ingat jika tidak benar-benar kering, uang koin logam akan sedikit mengeluarkan warna kilau biru-kehijauan

4. Membersihkan uang koin logam dengan menggunakan air lemon atau air jeruk

Cara lain sejenis adalah dengan menggunakan air lemon atau air jeruk. Untuk memanfaatkan air lemon atau air jeruk guna membersihkan uang koin logam, langkahnya seperti di atas ( poin.3 ).

5. Membersihkan uang koin logam dengan menggunakan air rendaman asam Jawa

Selain itu bisa digunakan air rendaman asam Jawa. Air rendaman asam Jawa memiliki sifat dan khasiat seperti kedua cairan di atas.
Caranya juga idem dengan poin nomor 3.

6. Membersihkan uang koin logam dengan Saus Tomat

Bumbu dapur lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk membersihkan uang koin logam adalah saus tomat. Sebab perlu diketahui untuk membuat saus tomat biasanya juga digunakan cuka dan garam.
- Ambil sebuah cangkir dan tuangkan saus tomat ke dalamnya
- Masukkan juga uang koin logam yang akan dibersihkan
- Diamkan selama 3 menit dan gosok secara perlahan dengan sikat gigi
- Setelah itu cuci bersih dengan air panas
- Lap dengan kain bersih hingga benar-benar kering. Jika tidak akan menyebabkan timbulnya noda kekuningan.

7. Membersihkan uang koin logam dengan penghapus karet ( penghapus pensil )

Bahan di rumah lainnya yang bisa digunakan untuk membersihkan uang koin logam adalah penghapus karet atau penghapus pensil. ( benar-benar KETERLALUAN kalau masih juga tidak punya ).
Cara ini mungkin lebih aman dari cara-cara di atas, tetapi butuh usaha lebih.
Caranya mudah, gosok-gosokkan saja penghapus karet ini pada permukaan uang koin logam sampai bersih, persis seperti menghapus tulisan pensil pada kertas.
Gosok terus dan gosok terus hingga bersih.
Trik lain tentang cara membersihkan :

Share this:

Disqus Comments