Apa Itu Hatchimals ? Cara Bermain Hatchimals

Apa Itu Hatchimals ? Cara Bermain Hatchimals

● Hatchimals, mainan yang paling laris saat ini 

Setelah booming dengan permainan Pokemon GO beberapa waktu lalu, kini dunia kembali dihebohkan dengan permainan baru yang dinamakan Hatchimals. 
Berbeda dengan Pokemon GO yang merupakan permainan game namun berbasis Augmented Virtual Reality, #Hatchimals benar-benar merupakan permainan yang “reality”. 
Menjelang musim liburan akhir tahun ini anak-anak ( bahkan orang dewasa) terutama di Negara Amerika Serikat dan Inggris saat ini sedang keranjingan dengan Hatchimals. 

Sejak diluncurkan, Hatchimals langsung laris manis layaknya pisang goreng, bahkan langsung habis ludes stoknya. Menjadikan Hatchimals sebagai mainan yang meraup angka penjualan paling fantastis di dunia mainan selama empat tahun belakangan ini. 
Begitu larisnya, mainan #Hatchimals kini sampai menjadi barang langka. 
Hatchimals juga merupakan jenis mainan yang paling dicari di Google. 

● Jadi, apa itu Hatchimals ? 

Jika pernah bermain dengan mainan peliharaan Tamagotchi, kurang lebih seperti itu yang dinamakan #Hatchimals
Bedanya, Hatchimals memang lebih canggih lagi, sebab pada dasarnya Hatchimals ini merupakan mainan robotik. 

Hatchimals adalah sebuah permainan robot interaktif yang berbentuk telur ajaib atau ‘surprise egg’ yang ukurannya kurang lebih sebesar telur burung unta, dimana dengan “dipelihara” dan dengan “perlakuan tertentu” telur ini nantinya bisa benar-benar menetas dan mengeluarkan binatang sejenis spesies burung. 

Hatchimals yang telah menetas ini nantinya bisa “dipelihara dan dibesarkan” seperti binatang peliharaan biasa. Bisa diajari berjalan, berbicara, menari, menyanyi, dan bermain. Hatchimals ini juga bisa “menyala matanya”, seolah menunjukkan “perasaan” yang dimilikinya.
Bedanya dengan binatang peliharaan biasa, pemilik Hatchimals tidak perlu memberi makanan dan membuang kotorannya. 

Dengan bermain Hatchimals akan bisa membawa pelajaran dan pengalaman baru bagi setiap anak yang memainkannya. Ditambah lagi dengan adanya hubungan yang unik antara setiap binatang dan pengasuhnya. 
Jadi yang namanya mainan #Hatchimals ini benar-benar mengasyikkan. 
Dengan kelebihan dan keunikan itulah yang kemudian menjadikan Hatchimals sebagai mainan yang paling diburu saat ini. 

● Ide awal pembuatan Hatchimals 

Hatchimals mulai dikembangkan pada tahun 2014 oleh sebuah perusahaan Kanada, Spin Master. Namun peluncuran resmi Hatchimals ke pasaran terjadi pada tanggal 7 Oktober 2016, dengan didukung secara besar-besaran melalui iklan di televisi dan platform digital, termasuk layanan jaringan sosial. 

James Martin yang merupakan kepala robotic Spin Master menjelaskan bahwa dalam pengembangan mainan ini, timnya dipengaruhi oleh popularitas video unboxing di YouTube, yang kemudian menjadi konsep untuk mainan yang bisa unbox sendiri. 
Ide inilah yang kemudian berkembang menjadi sebuah konsep untuk menciptakan hewan robot yang akan bisa menetas sendiri dari telur. 

Begitu diluncurkan, #Hatchimals mendapat sambutan yang sangat luar biasa. Permintaan yang begitu besar akan mainan ini menjadikan Hatchimals sebagai mainan "terpanas" pada musim belanja tahun 2016. 
Berdasar catatan yang ada, pada akhir Oktober 2016 lalu, Hatchimals menduduki posisi teratas dalam daftar 10 mainan terlaris di Amerika Serikat pada NPD Group, yaitu pada posisi pertama, kedua, keenam, dan tempat kesembilan. 
Hatchimals kemudian juga berhasil menyabet beberapa gelar penghargaan bergengsi sebagai mainan anak terbaik tahun ini pada beberapa kategori. 

Spin Master bahkan tidak menyangka dengan prestasi yang bisa dicapai oleh Hatchimals ini. Sehingga hampir tidak stok lagi yang masih tersisa. 
Karena itu perusahaan bahkan sampai berusaha mengatasi masalah pasokan ini dengan sedikit sisa stok dari Cina. 
Mengingat Hatchimals mendapat sambutan yang begitu luar biasa, James Martin menyatakan bahwa kedepan, perusahaan berencana untuk memperkenalkan spesies baru Hatchimals

● Hatchimals di Indonesia Di Indonesia

Hatchimals memang belum mengalami booming sebagaimana yang terjadi di Amerika atau Inggris. Namun mengingat #demam Hatchimals yang terus mewabah dan menyebar, tidak mustahil jika kemudian anak-anak Indonesia juga akan keranjingan bermain telur mainan yang bisa menetas sendiri ini. 
Di Indonesia sendiri saat ini ada 5 spesies Hatchimals, yaitu : 
1. Pengualas 
2. Draggles 
3. Burtles 
4. Owlicorns 
5. Bearakeet 

Belum ditemukan penyebab yang pasti mengapa mainan robot interaktif Hatchimals ini belum mengalami booming di Indonesia. 
Namun, selain memang belum dijual di toko-toko mainan secara fisik ( pembelian Hatchimals masih melalui pembelian online ), harga Hatchimals memang tergolong mahal untuk ukuran kantong masyarakat Indonesia kebanyakan. 

● Berapa harga Hatchimals ? Dan dimana untuk membeli Hatchimals ? 

Awalnya mainan Hatchimals ini dijual di pasaran pada kisaran harga $50 sampai $60. 
Namun karena permintaan akan Hatchimals yang begitu tinggi sedangkan stoknya dikabarkan telah habis ludes, harga Hatchimals melonjak secara fantastis. 
Sehingga dikabarkan beberapa orang bisa mengeruk keuntungan besar dari kelangkaan #Hatchimals ini. 

Contohnya, ada 2 bersaudara di Texas yang dikabarkan “mendadak kaya” raya karena menjual Hatchimals. 
Awalnya 2 bersaudara ini membeli sejumlah banyak Hatchimals ketika harganya masih normal. Namun ketika Hatchimals ini menjadi langka di pasaran, kedua bersaudara ini kemudian menjual mainan robot interaktif ini seharga $ 200 ! 
Alias sekitar 4 kali lebih mahal dari harga normal. Pantas mereka mengeruk banyak keuntungan. 

Namun yang mengherankan justru di situs Alibaba. Di situs jual beli Alibaba, hingga pertengajan bulan Desember 2016 ini harga Hatchimals masih dipatok dengan “harga murah”.
Merujuk dari laman resmi situs Alibaba, harga jual #Hatchimals adalah “hanya” US $ 30-35. 
Untuk Jumlah Pesanan Minimum: 100 Potongan/potongan MOQ untuk OEM adalah 500 pcs. Pembelian melalui Alibaba akan membutuhkan waktu pengiriman selama 10-15 hari setelah konfirmasi pesanan. 
Dengan ketentuan pembayaran L/C,D/A,D/P,T/T,Western Union,MoneyGram,Alibaba Trade Assurance dan Paypal. ( sumber : alibabadotcom

● Cara bermain Hatchimals 

Sebagaimana disinggung di atas Hatchimals adalah mainan robotic berbentuk telur yang bisa menetas, yang setelah itu bisa dipelihara dan diajak bermain, diajari bicara, bersuara dan sebagainya. 
Untuk bisa mencapai tahapan itu ada beberapa langkah yang harus dilakukan. 

Secara singkat cara untuk bermain Hatchimals adalah : 

1. Tentu saja pertama kali yang harus dilakukan adalah dengan memiliki Hatchimals terlebih dulu 

2. Saat pertama kali mendapatkan mainan ini, maka Hatchimal anda berada pada Tahap Egg ( telur ) yang merupakan tahapan pertama dari kelima tahapan Hatchimals: Egg 

3. Telur ini harus ditetaskan. Untuk menetaskan, anda harus memberikan perlakuan-perlakukan tertentu untuk membantu dan mendorongnya untuk menetas. Pada tahapan ini disebut tahap Hatching yang merupakan tahapan kedua 

4. Setelah telur menetas, maka berada pada tahapan Baby ( bayi ) yang merupakan tahapan ketiga. Pada tahapan baby ( bayi ), Hatchimal membutuhkan perawatan dari pemiliknya untuk memenuhi “kebutuhannya”. 

5. Setelah berkembang dan tahapan baby terlewati, Hatchimals berada pada tahapan keempat yaitu tahap Toddler atau balita. Pada tahap ini mainan ini bisa diajari untuk berbicara, menyanyi, berjalan hingga menari 

6. Nah, ketika kemudian telah menginjak ke tahap Kid yang merupakan tahapan kelima, maka Hatchimals bisa diajak bermain sepuasnya oleh pemiliknya. 

Untuk mengetahui cara bermain #Hatchimals secara lebih lengkap beserta trik-triknya, termasuk apa saja “kebutuhannya”, silahkan simak pada artikel selanjutnya.

Share this:

Disqus Comments