-->

Review Infolinks 2016 Lengkap, PPC Alternatif Terbaik Selain Google Adsense

Salah satu cara untuk memonetize ( menghasilkan uang dari blog ) yang populer dan menjadi favorit oleh para pemilik blog adalah dengan mengikuti program PPC. Dimana para pemilik blog yang kemudian menjadi pengguna PPC lazim disebut dengan penerbit ( publisher ). 

Dan dari sekian banyak jaringan periklanan PPC yang ada saat ini, salah satu alternatif yang dianggap terbaik selain Google Adsense adalah Infolinks. 

Namun sebelum memutuskan untuk mendaftarkan situs/blog anda ke Infolinks, ada baiknya jika menyimak secara lengkap review tentang Infolinks di bawah ini : 

Apa itu Infolinks? 

Infolinks merupakan salah satu jaringan periklanan yang tertua, yang didirikan 2 tahun setelah peluncuran Google Adsense, tepatnya mulai tahun 2007. 
Karena usia, track record dan kinerjanya, oleh banyak publisher Infolinks dianggap sebagai salah satu cara program PPC yang terbaik setelah Google Adsense, cukup menjanjikan untuk bisa mendapatkan penghasilan secara online. 


Sedikit berbeda dengan Google Adsense, Infolinks sebenarnya memiliki konsep yang menarik. 
Diklaim untuk mengatasi kebutaan terhadap iklan-iklan yang berbentuk banner / spanduk ( ads blindness ) dan meningkatkan keterlibatan, iklan-iklan yang ditampilkan Infolinks lebih berupa iklan link ( tautan ) dan bentuk iklan yang kemudian sering disebut dengan Native ads

Beberapa bentuk iklan yang disediakan oleh Infolinks untuk bisa digunakan oleh Publisher antara lain : iklan dalam teks ( Intext), Intag, infold (sebelumnya dikenal sebagai insearch), inframe, in Screen dan yang terakhir belakangan ini diluncurkan adalah In Article.

Cara Kerja Infolinks 

Sebagai jaringan iklan kontekstual, Infolinks menargetkan konten untuk menampilkan iklan yang ( dianggap ) paling sesuai. 
 Secara garis besar, cara kerja dari Infolinks adalah sebagai berikut : 
1. Pengiklan mengajukan tawaran pada kata kunci tertentu untuk menampilkan iklan mereka. 
2. Pihak Infolinks kemudian melacak situs/blog dari publishernya untuk menampilkan iklan dengan kata kunci tersebut. 
3. Saat iklan ditampilkan dan penggunjung/ pembaca blog melakukan klik iklan, maka publisher/penerbit akan mendapatkan uang. 
Intinya, dari semua jenis iklan yang disediakan Infolinks, sebagian besar ditampilkan sesuai dengan isi situs dan atau kata kunci yang diketik oleh pengguna di mesin pencari sebelum mengunjungi situs/blog. 

Jenis Iklan yang disediakan Infolinks 

Beberapa jenis iklan yang disediakan oleh Infolinks antara lain : 
1.Iklan Intext 
 Inteks adalah jenis iklan yang berbentuk kata kunci tertentu yang diberi notasi garis, yang bisa berupa garis putus-putus atau garis penuh. 
Ketika pengguna mengarahkan mouse atau menyorot kata kunci ini maka akan muncul jendela kecil yang berisi iklan. 

2. Iklan Infold 
Iklan Infold sSebelumnya dikenal dengan nama Insearch. Iklan jenis Infold berfungsi ketika pengguna mengunjungi situs melalui mesin pencari. 
Ketika pengunjung mengetikkan kata kunci tertentu di mesin pencari, maka Infold akan menampilkan iklan berdasarkan kata kunci tersebut. 
Ketika pengunjung membuka/masuk ke dalam blog/situs, maka dalam beberapa detik akan muncul iklan lapisan yang dilengkapi dengan tombol CLOSE dari bagian bawah layar komputer.
Karena iklan Infold terkait dengan kata kunci yang diinginkan / permintaan pengunjung, jenis iklan ini sangat berpotensi menghasilan klik ( CTR nya relative tinggi). 

3. Iklan Intag 
Iklan Intag akan memindai konten blog, lalu menemukan kata kunci yang dianggap paling berharga dan menampilkan iklan berdasar kata kunci dalam “tag cloud”. 
Sedangkan jika tidak menemukan kata kunci yang dianggap tepat dalam konten, maka akan ditampilkan iklan yang dianggap masih terkait dengan kata kunci yang berhubungan dengan konten. 
Iklan Intag bisa terlihat sangat menarik, karena dapat menyesuaikan desain dan tata letak serta kebutuhan situs/blog dari publsher. 

4. Iklan Inframe 
Iklan Inframe ditampilkan ketika ada margin layar yang tidak terpakai, di mana iklan dapat ditampilkan. Jenis iklan ini juga menggunakan konteks yang sesuai dengan situs untuk menampilkan iklan yang relevan. 

5. Iklan Inscreen 
Iklan Inscreeen akan tampil (memenuhi ) pada layar saat sebuah blog/situs dibuka. 

6. Iklan Inarticle 
Jenis iklan terkahir yang baru saja diluncurkan oleh Infolinks adalah iklan Inarticle. 
Sesuai namanya iklan ini akan muncul di dalam artikel ( konten ), dimana peletakannya dapat diatur sesuai keinginan publisher dengan memasang sebaris kode tertentu yang diberikan. 

Metode Pembayaran Infolinks 

Ada beberapa metode pembayaran yang disediakan Infolinks yang dapat dipilih Publisher. 
Jenis-jenis pembayaran yang disediakan Infolinks beserta batas minimumnya adalah ( Threshold) adalah: 
• Paypal - $ 50 
• eCheck - $ 50 
• ACH (Hanya untuk Rekening Bank US) - $ 50 
• Payoneer - $ 50 
• Bank Wire Transfer - $ 100 
• Western Union - $ 100 

Jangka waktu pembayaran Infolinks adalah Net 45. 
Artinya Infolinks akan mengirim pembayaran dalam waktu 45 hari dari akhir bulan ketika jumlah pendapatan publisher telah mencapai ambang batas. 

Apakah Infolinks benar-benar membayar para Publishernya ? Atau malah scam ? 

Hingga saat ini secara pribadi saya belum pernah mendapati adanya laporan tentang Infolinks yang tidak membayar Publishernya. Banyak publisher yang telah membuktikan bahwa Infolinks adalah situs legit. 

Berapa besar penghasilan yang bisa diperoleh dari Infolinks ? 

Besarnya penghasilan Infolinks tentu saja sangat dipengaruhi oleh banyak hal. 
Untuk blog-blog yang sebagian besar trafiknya berasal dari trafik lokal ( Asia terutama ), penghasilan yang didapat mungkin akan tidak terlalu besar. Namun jika bisa mendapatkan trafik dari Negara-negera premium USA, Kanada dan sebagainya, penghasilan yang didapatkan seorang publisher bisa cukup menggiurkan. Selain itu niche blog juga akan sangat mempengaruhi penghasilan. 
Blog dengan niche Entertainment biasanya akan menampilkan iklan-iklan yang membayar terendah. 

Hanya saja ketika artikel ini dibuat, mungkin karena pengaruh perekonomian dunia yang sedang down, penghasilan para publisher Infolinks rata-rata juga turun ( atau malah Infolinks sendiri yang mengalami down ?). 

Kelebihan dan kekurangan Infolinks 

Kelebihan Infolinks :

- Proses pendaftarannya mudah, cukup dibutuhkan beberapa menit. 
- Antarmuka yang sederhana dan website mudah digunakan 
- Proses persetujuannya juga hanya butuh beberapa hari. 
- Dapat menerima hampir semua jenis situs/blog selama memiliki konten yang dianggap cukup. 
Namun tetap tidak mengizinkan konten yang dapat dianggap negatif, illegal, pornografi atau menyinggung dengan cara apapun. Yang perlu diperhatikan adalah blog yang didaftarkan ke Infolinks harus berbahasa Inggris. 
- Menerima hampir semua Subdomain, termasuk yang gratisan, macam blogspot.com atau .wordpress.com 
- Publisher memiliki kontrol penuh atas jenis iklan dan kuantitas iklan yang ingin ditampilkan di situs. 
- Publisher dapat memilih iklan Infolinks yang akan ditampilkan agar sesuai dengan tampilan dan nuansa situs. 
 - Untuk integrasi kode ke dalam situs hanya sebanyak satu kali saja, setelah itu publisher dapat langsung menyesuaikan iklan dari akun infolinks masing-masing. 
- Inflolinks menampilkan iklan yang terkait dengan permintaan pengunjung atau konten situs yang menghasilkan CTR tinggi dan lebih menghasilkan uang. 
- Infolinks memiliki banyak pengiklan untuk lebih dari 128 negara. 
- eCPM yang ditawarkan Infolinks juga cukup tingg, berkisar antara $ 0,40 dan $ 20 ( namun sekali lagi sangat tergantung pada demografi dan niche situs ). 
- Infolinks menyediakan banyak pilihan untuk metode pembayaran. 
- Minimum payout Infolinks adalah $ 50, sedangkan untuk Google Adsense harus sebesar $ 100. 
- Pelayanan dan dukungan yang diberikan kepada publishernya cukup baik. 

Kekurangan Infolinks : 

- Hingga kini masih cukup banyak Iklan Intext yang dapat dianggap membahayakan situs, jika ditinjau dari Google Webmaster. 
- Iklan Infold dan Inframe dapat terlihat terlalu menonjol, sehingga terkadang bisa mengganggu kenyamanan pengunjung. 
- Penghasilan bisa sangat rendah untuk negara-negara tertentu ( Indonesia adalah salah satunya ). 
- Laporan statistiknya hanya mendasar. Tidak cukup dkomplit dan detil untuk bisa memberikan informasi lengkap tentang jumlah klik dan negara-negara asal dimana iklan tersebut ditayangkan. 

Mendaftar Infolinks dan Mulai membuat Uang dari Infolinks Cara mendaftarkan Infolinks 

Untuk mendaftarkan situs / blog ke Infolinks sangatlah mudah. Hampir tidak ada persyaratan khusus yang memberatkan. 
Yang diperlukan hanyalah membuka situs Infolinks, lalu mengisikan semua data yang diminta. 
Setelah itu anda akan mendapatkan email pemberitahuan dan untuk konfirmasi pendaftaran. Setelah itu anda akan dituntun untuk melakukan langkah-langkah selanjutnya. 

Trik agar diterima Infolinks untuk blog Indonesia. 

Salah satu syarat untuk dapat diterima sebagai publisher Infolinks adalah situs/blog “harus” berbahasa Inggris. 
Namun dari pengalaman, blog yang bahasa utamanya adalah bahasa Indonesia ternyata dapat juga diterima sebagai publisher Infolinks. 
Mau tahu caranya ? 

Berikut Trik agar blog yang berbahasa Indonesia dapat diterima sebagai Publsher Infolinks : 

- Usahakan agar blog ( berbahasa Indonesia ) yang akan didaftarkan ke Infolinks telah memiliki trafik yang memadai. Istilah memadai sebenarnya sangat relatif. 
Namun sebagai patokan sederhana usahakan agar trafik telah mencapai angka ribuan per harinya. 
- Sebelum mendaftarkan ke Infolinks, buatlah artikel berbahasa Inggris. 
Lakukan setiap hari hingga jumlah artikel kira-kira sebanyak 20 hingga 30 artikel berbahasa Inggris. 
- Setelah itu, barulah mendaftar ke Infolinks. 
Dengan trik ini beberapa blog saya yang aslinya berbahasa Indonesia ternyata dapat keterima semuanya sebagai publisher Infolinks. 

Mulai mendapatkan penghasilan dari Infolinks 

Setelah mendaftarkan ke Infolinks dan disetujui maka anda bisa langsung membuat uang dari Infolinks. 

Untuk bisa memperoleh penghasilan dari Infolinks, langkahnya adalah : 

1. Pilihlah jenis iklan yang anda kehendaki. 
Namun pada tahap awal, sebaiknya pilih iklan yang direkomendasikan oleh pihak Infolinks. Jenis iklan yang direkomendasikan biasanya bisa memberikan penghasilan yang lebih tinggi. 
2. Untuk memasang iklan inteks sebaiknya gunakan link bertitik-titik karena terlihat lebih baik sehingga dapat meningkatkan penghasilan.
3. Jumlah iklan inteks yang maksimal dipergunakan adalah sebanyak 12 iklan inteks. 
Namun sebaiknya batasi dan jangan gunakan semuanya, terutama jika konten blog tidak terlalu banyak jumlahnya. 
4. Tempatkan iklan Intag di bagian yang paling aktif dan paling mendapat perhatian pengunjung dapat meningkatkan penghasilan. 
5. Gunakan kata kunci membayar tinggi dalam posting ( HPK ). 
6. Agar blog terkesan professional dan tidak mengganggu kenyamanan pengunjung sebaiknya hindari penggunaan jenis iklan Inframe atau juga jenis iklan Infold, meskipun disediakan juga tombol CLOSE padanya. 
7. Cara memasang dan menampilkan iklan Infolinks adalah cukup dengan mencopy kode iklan yang diberikan, lalu mempastenya di blog anda ( add widget lalu copy paste kode tersebut ) 

Langkah Apa berikutnya ? 

Setelah membaca ulasan Infolinks di atas, maka kini saatnya anda memutuskan. Apakah akan mendaftarkan situs/blog ke Infolinks atau tidak. 
Semua terserah anda. 
Namun ketika anda telah habis-habisan dan “mentok” mendaftar ke Google Adsense, namun belum diterima juga, Infolinks bisa menjadi program PPC alternatif selain Google Adsense untuk memonetize blog anda. Lihat juga : 
Dan jika memang tertarik, silahkan menuju ke situs Infolinks untuk mendaftar. Atau jika ingin cepat, anda bisa mendaftar dengan langsung membuka tautan di bawah ini :


Atau lihat juga salah satu alternative adsense terbaik lainnya : 

You may like these posts