-->

Review AdNow Lengkap : Jaringan Iklan Native Ads Alternatif Google Adsense Terbaru

Belakangan ini Adnow menjadi perbincangan yang cukup panas di kalangan para bloger publisher. 
Sebagai program periklanan yang boleh dikatakan mengusung format iklan terbaru yang dinamakan Native Ads, Adnow memang mulai banyak dilirik dan melejit. 

Dari sekian banyak blogger yang telah mengikutkan diri sebagai publisher Adnow, rata-rata mengklaim jika penghasilan AdNow sangat menjanjikan, bisa dijadikan alternatif terbaik Google Adsense yang sepertinya saat ini sedang sangat lesu di Indonesia. 

Sebelum memutuskan mendaftar sebagai publisher AdNow, ulasan yang cukup lengkap tentang jaringan periklanan Native Ads ADNow ini mungkin bisa menjadi informasi dan bahan pertimbangan anda. 

Apa itu AdNow ? 

AdNow yang merupakan salah satu jaringan periklanan yang mengusung format Native Ads ini sebenarnya telah beroperasi sejak 2014, melalui kolaborasi pemasar digital berpengalaman dalam RTB dan Big Data. Meski pada tahun 2016 ini telah memperbarui tinjauan jaringan. 

AdNow memberikan iklan bawaan yang berbasis widget, yang bisa digunakan publisher untuk mendapatkan uang dari situs mereka. 
Iklan yang dibuat AdNow adalah format iklan hybrid. Yaitu sebuah format yang unik karena menggabungkan sebuah iklan dengan konten situs menarik lainnya untuk meningkatkan keterlibatan pengguna. 

Jaringan mereka memang memungkinkan untuk menggabungkan iklan asli dan spanduk media dalam satu kampanye, yang cukup berguna untuk klien dan merk yang terlibat dalam kegiatan promosi. 
Format iklan AdNow yang kemudian ngetrend belakangan ini kemudian sering juga disebut dengan Native Ads. 

Kalau masih agak bingung dengan format iklan Native Ads dari AdNow ini, gampangnya dapat dilihat pada widget Posting Terkait atau Related Post. 

Ide dasar di balik AdNow adalah dari hasil pengalaman para pendirinya selama puluhan tahun di RTB, Big Data, PPC, dan mobile advertising. 
Karena itulah dalam dua tahun terakhir ini, AdNow telah muncul sebagai salah satu alat iklan bawaan yang paling efisien melayani lebih dari 4 miliar tayangan per bulan di 107 negara. 
Saat ini jaringan periklanan AdNow ada lebih dari 150.000 penerbit. 

Statistik perusahaan AdNow 

Homepage: http://adnow.com/ Didirikan: 2014 
Jumlah Karyawan: 51-200 karyawan pada September 2016 
Kepemilikan: Swasta. Kemitraan No. OC 390.789. 
Profil: Facebook , Twitter , LinkedIn . 

Dukungan dan Informasi Kontak AdNow 

Alamat: Adnow LLP, Las Suite, 5 Percy Street, Fitzrovia, London, W1T 1 Dg ,, UK 
Telp: (Untuk penerbit/publisher) +44 20 380 714 60 
Email dukungan: support@adnow.com 
Pengiklan dan penawaran Jenis jaringan: CPM, CPC 
Format iklan: widget posting terkait, Konten Rekomendasi 
Vertikal: Sebagian besar (Lihat: http://adnow.com/publishers untuk rincian). 

Lalu Bagaimana Cara Kerja AdNow ? 

Sebagai jaringan rekomendasi konten, AdNow memberikan iklan dalam format “ widget posting terkait” dimana penerbit dapat menempatkannya di situs mereka. 
Dan karena Widget yang ditampilkan merupakan konten sponsor, maka ketika pengunjung meng-klik dan melihat konten yang terkait tersebut, publisher akan mendapatkan penghasilan. 
Sesederhana itu, sebagaimana program PPC lainnya. 

Kode iklan dan iklan AdNow ( diklaim ) bersih, aman, dan relevan. Sehingga tidak bertentangan dengan webmaster. 
AdNow bahkan memberikan tag JS yang tidak bertentangan dengan jaringan penayang iklan lainnya, sehingga AdNow cukup aman untuk digunakan atau dipasang bersama dengan Google Adsense dan jaringan iklan lainnya dalam satu situs/blog. 

Hanya saja, iklan-iklan yang ditampilkan AdNow memang terlihat seronok dan tidak pantas untuk ukuran Indonesia. Namun publihser sebenarnya dapat menghubungi layanan pendukung untuk memfilter iklan yang tidak relevan dan atau yang tidak pantas. 

Peringkat Adnow 

Harus diakui, AdNow merupakan jaringan periklanan yang cukup bagus bagi penerbit/publisher untuk bisa mendapatkan uang dari situs/blog mereka. Terutama sekali ketika telah ditolak oleh program periklanan Native Ads sejenis macam Taboola, Outbrain, dan RevContent, yang memang memiliki persyaratan yang sangat berat bagi publisher. 
Berdasarkan kelebihan-kelebihan yang dimiliki AdNow secara keseluruhan mungkin dapat diberi peringkat 4 dari 5. 

Syarat-syarat untuk menjadi Publisher Adnow 

Tidak seperti jaringan iklan besar lainnya seperti Taboola dan Outbrain, AdNow terbilang cukup fleksibel dan tidak memerlukan sejumlah besar lalu lintas. 
Bisa dikatakan hampir semua situs/blog yang baik bisa langsung disetujui sebagai publisher AdNow. 
Namun, tentu saja ada persyaratan tertentu yang harus dipatuhi untuk dapat diterima sebagai publisher AdNow. 

Beberapa persyaratan untuk dapat diterima sebagai Penerbit/publisher AdNow antara lain : 

- Informasi lengkap tentang hal Penerbit/publisher dapat dilihat di : http://adnow.com/terms 
- Lalu lintas minimum: Tidak ada tetapi situs/blog harus memiliki “konten yang cukup” 
- Persyaratan bahasa: Inggris dan bahasa lainnya diterima, termasuk blog berbahasa Indonesia 
- Konten yang dilarang: Penerbit dilarang menyebarkan iklan jaringan pada konten yang berisi pornografi, konotasi memfitnah dan mencemarkan nama baik atau konten yang menghasut kekerasan atau merendahkan orang berdasarkan usia, jenis kelamin, ras, etnis, kecacatan, dan orientasi s3ksu4l. 

AdNow berhak untuk menonaktifkan layanan pada setiap situs web yang melanggar pedoman. 
Baca lebih lanjut di http://adnow.com/terms 

Dengan penghasilan yang cukup menjanjikan, AdNow merupakan pilihan yang baik, terutama untuk blogger baru yang berniat memberikan iklan bawaan atau belum diterima oleh Google Adsense. 

AdNow merupakan salah satu alternatif terbaik setelah Google Adsense. 

Cara mendaftar AdNow : DAFTAR DISINI

Proses pendaftaran AdNow boleh dibilang mudah dan cepat. 
Yang perlu dilakukan untuk mendaftar adalah dengan membuka situs AdNow. Lalu setelah mengklik tombol Sign Up, isilah formulir pendaftaran dengan baik dan benar. 
Setelah itu Anda akan mendapatkan email permintaan aktivasi / verifikasi. Dimana setelah mengklik tautan verifikasi, Anda dapat masuk ke akun dan mengirimkan/mendaftarkan website/blog untuk persetujuan. 


Pada Proses persetujuan, juga akan diminta untuk memverifikasi bahwa Anda adalah pemilik website/blog yang sah. Prosesnya sederhana, di mana akan disediakan sebuah file kecil untuk diupload ke direktori root atau juga bisa menggunakan sepotong kode HTML yang harus disisipkan di atas tag head penutup. 

Setelah website/blog ditinjau dan disetujui, maka Anda dapat langsung membuat dan menempatkan kode widget iklan di situs dan mulai melihat konten bersponsor di situs dengan segera. 

Cara membuat dan menempatkan kode iklan AdNow 

Widget AdNow benar-benar disesuaikan. Namun penerbit/publisher disarankan untuk membuat widget terpisah untuk desktop dan lalu lintas seluler. 
Publisher dapat memiliki pilihan untuk menyesuaikan berbagai aspek seperti ukuran gambar, baris, kolom, font, dan banyak lagi langsung dari pengaturan widget. 
Setelah disetujui sebagai Publisher, Anda dapat langsung membuat iklan dan mendapatkan kode iklannya. 

Kode iklan AdNow secara mendasar dibagi menjadi 2 bagian, yaitu : 

- yang pertama adalah kode untuk penempatan widget, yang menunjukkan di mana widget ini akan muncul 
- dan yang kedua adalah kode javascript untuk mempercepat loading iklan. 

Dalam aplikasinya, Penerbit dapat menggabungkan dan menempatkan kedua kode tersebut tepat di mana widget diinginkan untuk muncul. 

Beberapa jenis iklan AdNow 

Nah sekarang, Anda sudah bisa mulai dengan membuat dua atau tiga widget. 
Dan seperti yang dinyatakan sebelumnya, bahwa widget AdNow dapat disesuaikan, dan Anda akan dapat mulai melihat iklan segera setelah kode iklan dipasang di website/blog. 

Ada beberapa format widget yang berbeda dari AdNow yang berbasis pada lokasi penempatannya, antara lain : 

 • Widget sidebar, yang ideal untuk lalu lintas desktop 
• Widget yang ditempatkan dalam konten, yang bekerja besar dengan lalu lintas seluler 
• Widget standar, yang biasa ditempatkan pada akhir konten ( umumnya di dekat Related Post atau Artikel Terkait ) 

Berdasarkan tema, niche, atau konten yang dimiliki, dengan penempatan kode iklan AdNow seperti di atas seorang publisher sangat mungkin untuk mendapatkan CTR hingga sekitar 2 sampai 3%. 
Dan apabila seorang publisher mendapatkan kesulitan dalam menyiapkan widget, dapat meminta bantuan dari manajer akun atau dengan membuka tiket untuk menyatakan apa masalahnya. 
Berdasar pengalaman, Tim dukungan AdNow biasanya akan merespon kesulitan yang dihadapi dengan segera. 

Dashboard Publisher Report 

Salah satu yang memudahkan para publisher bekerja dengan AdNow adalah adanya dashborad publisher yang salah satunya berisi laporan statistik yang rinci dari kinerja iklan yang dipasang secara real time. 
Sebab jaringan AdNow memang memiliki sistem pelaporan yang sangat efisien yang bisa menunjukkan hal berikut di setiap harinya : 
• Jumlah klik 
• Jumlah penayangan 
• Sumber klik 
• pendapatan yang diperoleh 
• CTR 
• eCPM 
Publisher bahkan dapat mendapatkan laporan dari zona waktu yang berbeda dengan menggunakan statistik dari sistem pelaporan jaringan dan jumlah widget yang dimiliki di situs di setiap jam. 

Cara pembayaran AdNow 

Metode pembayaran yang tersedia di Adnow antara lain : PayPal, Bank Wire Transfer 
Periode Pembayaran : Net 7 (Mingguan) 
Minimum Threshold Payout : $ 20 

AdNow menghitung penghasilan publishernya atas dasar tayangan. Publisher akan dibayar pada basis mingguan atau Net 7. 

Program referral AdNow 

Salah satu hal yang cukup menyenangkan dari AdNow adalah dengan adanya program refferal. Dimana dengan program referal ini, seorang publisher dapat menambah penghasilannya. 
Ketika seorang publisher merujuk orang lain untuk bergabung ke AdNow melalui link refferal dan diterima, maka akan mendapatkan 5% dari total pendapatan referalnya di setiap minggu untuk jangka waktu 12 bulan. Jumlah penghasilan dari referal ini kemudian ditambahkan ke tagihan normal. 

Kelebihan dan Kekurangan AdNow 

Kelebihan AdNow

• Menerima hampir semua situs termasuk situs yang tidak berbahasa Inggris ( artinya blog berbahasa Indonesia bisa diterima menjadi publisher AdNow ) 
• Memungkinkan untuk menghasilkan uang dari trafik di seluruh dunia 
• Iklan AdNow bisa dipasang dengan jaringan iklan lainnya termasuk Google Adsense secara aman tanpa melanggar TOS 
• Pembayarannya tepat waktu 
• Memiliki sistem pelaporan yang real-time 
• Memiliki sistem rujukan yang bermanfaat 

Kekurangan AdNow 

Dibanding kelebihannya, kekurangan AdNow jauh lebih sedikit. Namun demikian AdNow tetap juga memiliki kekurangan, diantaranya : 
• Penerbit tidak dapat menyaring iklan yang ingin ditampilkan di situs/blog secara langsung, termasuk iklan yang dianggap tidak relevan atau tidak pantas. Namun penerbit dapat meminta bantuan kepada layanan dukungan untuk hal ini. 
• Widget iklan kadang-kadang memposting konten yang tidak relevan dengan situs/blog. 

Kesimpulan 
Setelah membaca ulasan yang cukup lengkap di atas, lalu apa kesimpulannya ? 
Jujur saja, saya tidak memiliki kesimpulan yang panjang lebar. 

Kesimpulan saya tentang AdNow sangat singkat. Bahwa AdNow cukup layak dicoba, terutama sebagai alternatif terbaik selain Google Adsense. 

Bagaimana dengan anda ? 
Saya kira setelah membaca dengan detil, pastinya anda sudah memiliki bahan dan pertimbangan yang cukup, apakah akan mendaftarkan diri ke AdNow atau tidak. Semua terserah anda. 
Dan jika memang tertarik untuk mendaftar silahkan langsung menuju situsnya. Anda bisa menggunakan Mbah Google untuk mencari situsnya. 
Namun jika mau praktis dan cepat, anda bisa langsung membuka dan mendaftar dari tautan di bawah ini : 

Atau mungkin tertarik dengan bidvertiser ini :

You may like these posts

  1. Penjelasan cara daftar AdNow Sudah sangat jelas sekali pada artikel ini, tetapi jika ada penjelasan lain seputar AdNoW, Bisnis, Manajemen silahkan kunjungi Nurul Huda