Ngeri, Sepeda Listrik Stealth Ini Kekuatannya Hampir Setara 4 Tenaga Kuda. Berani Coba ?

Ngeri, Sepeda Listrik Stealth Ini Kekuatannya Hampir Setara 4 Tenaga Kuda. Berani Coba ?

Pasti tahu kan, apa itu sepeda listrik, kan ? 

Yang disebut sepeda listrik adalah sepeda genjot biasa namun dilengkapi dengan baterai ( aki ) sebagai tenaga alternative penggeraknya. 

Jadi ketika pengendara capek “menggowes” pedal, tinggal beralih mode tenaga baterai, sepeda akan jalan sendiri, layaknya sepeda motor. Namun tidak bising karena memang tidak ada suara yang dihasilkan. 

Meskipun sepeda listrik ini sebenarnya merupakan pilihan yang baik, terutama untuk menjaga kesehatan, plus untuk menghemat penggunaan energi ( BBM ) namun nyatanya, masyarakat Indonesia belum cukup banyak yang menggunakan sepeda listrik ini. 
Bahkan, anak-anak muda melirik-pun tidak pada sepeda listrik ini. Sering dianggap jika sepeda listrik adalah “tungganganya para orang tua dan berusia’, sehingga anak muda ogah menggunakannya. 
Soalnya kebanyakan sepeda listrik memang agak lelet plus lemot lajunya. 
Kebanyakan sepeda listrik, paling kecepatannya “hanya” sekitar 40 Km/jam. 
Meski ada beberapa sepeda listrik tertentu ( yang umum dijual ) bisa mencapai kecepatan hampir sekitar 60 km/jam. 

Namun anggapan umum tersebut bisa jadi berubah 180 derajat jika tahu sepeda listrik yang dinamakan “Stealth” ini. 
Dari namanya saja suduh cukup ngeri, layaknya nama pesawat terbang siluman besutan Amerika yang kondang itu. 
Lebih ngeri lagi jika “berani” menungganginya – namun secara sembarangan seperti laiknya menaiki sepeda listrik biasa. Sebab sepeda listrik siluman “Stealth” ini mampu menggenjot tenaga hingga setara dengan 4 tenaga kuda. 

Tepatnya, sepeda listrik Stealth ini ditenagai oleh sebuah mesin listrik yang memiliki kekuatan 5,2kW atau 3,9 HP ( Horse Power ). 

Dengan tenaga segede itu, sepeda listrik Stealth ini mampu melaju hingga kecepatan 80km/jam. 

Coba, jika yang menaikinya sembarangan – orang tua pula – apa tidak langsung jatuh terpelanting ? 
Sebab pada sepeda listri Stealth ini ada tenaga kuat yang mendadak, yang dapat mengangkat ban depan saat berjalan, ketika dikendarai secara sembarangan. 
Karena tenaga besarnya itulah, perusahaan di daerah pinggiran Melbourne, Australia yang memproduksi sepeda listrik Stealth ini bahkan menggambarkannya sebagai mesin motocross dan sepeda gunung. 

Hebatnya, oleh perusahaan pemproduksi, Stealth ini dibuat dalam 3 model, yang kesemuanya dinamai dengan nama-nama pesawat tempur yang legendaris. 
Untuk pengguna rookie ada model F-37 Fighter dengan kekuatan “mesin” listrik sebesar 3,7 Kw. 

Kemudian ada model B-52 Bomber – yang memiliki pedal dan motor dan tenaga 5,2 Kw, serta yang paling “ngeri” adalah Stealth model H-52 Hurricane – dengan pedal terkunci sehingga seperti mesin motocross beneran. 


Untuk diketahui kode seri angka yang nempel di bagian belakang, menunjukkan berapa besar kekuatan KW-nya. Dimana tenaga yang dihasilkan tersebut dicatu oleh baterai lithium-ion phosphate yang ditempatkan diantara body sepeda. 
Dengan tenaga sebesar itu, maka pabrikannya tentu tidak berani main-main dengan bodynya. 

Untuk menunjang laju kecepatannya, rangka body sepeda listrik Stealth dibuat dari bahan Chromium, dengan berat total kurang lebih seberat 53kg. 

Dengan rangka metal seberat itu, sepeda listrik siluman Stealth ini mampu melaju di jalanan dengan cukup anteng. Namun enaknya, masih jauh lebih ringan dari sepeda motor biasa. 
Enaknya lagi, seperti laiknya mobil hibrida, setelah tenaga baterai Stealth digeber habis, hanya butuh waktu sekitar 2 jam untuk me-reload, mengisi ulang baterai sampai benar-benar penuh. 

Dan tidak seperti sepeda listrik biasa, yang paling ciamik – dan ini merupakan kelebihan utama - dari sepeda listrik Stealth adalah adanya sebuah layar komputer yang tidak hanya memperlihatkan seberapa banyak tenaga listrik yang digunakan, namun juga seberapa besar tenaga yang dihasilkan oleh kayuhan pengendara. 

Dan yang paling yahud, bisa langsung menunjukkan jarak tempuh berdasarkan sisa tenaga listrik yang masih ada. 

Pada awal-awal pembuatannya, sang perancang dan juga pendiri perusahaan, John Karambalis yang mengembangkan sepeda listrik Stealth ini pada tahun-tahun terakhir kuliahnya di bidang teknik mekanika dan ruang angkasa pada tahun 2005 bahkan diingatkan bahwa gagasannya membuat sepeda listrik Stealth tersebut “ tidak relevan dengan dunia nyata”. 

Selain “ngerinya” kelebihan utama dari sepeda listrik Stealth seperti yang disebut di atas, kelebihan lain yang cukup menonjol dari “sepeda listrik siluman” ini tentu saja sangat ramah lingkungan – karena tanpa asap dan tanpa suara – dan hemat energi. Namun dapat melaju kencang layaknya sebuah sepeda motor biasa. 
Dengan kelebihan-kelebihan sepeda listrik Stealth buatan John Karambalis ini, bahkan pihak militer dilaporkan tertarik untuk menggunakan sepeda listrik Stealth ini. 

Jadi bagaimana dengan anda ? Apakah juga merasa tertarik dengan sepeda siluman ini ? 
Jika tertarik, sepertinya anda harus merogoh lumayan dalam kantung anda. 

Sebab harga jual sepeda listrik Stealth ini memang masih tergolong cukup mahal untuk kebanyakan kantong orang Indonesia. 

Untuk harga jual sepeda listrik Stealth model Fighter dipatok pada harga US$7.900. 

Kemudian jika ingin membeli Stealth model Bomber harganya US$9.700. 

Sedangkan jika ingin memiliki sepeda listrik Stealth model Hurricane, anda harus mengeluarkan uang hingga sebesar US$9.900. 

Itupun harga Stealth untuk patokan Negara Amerika lho. Entah, .. kalau harga di Indonesia. 

( Tapi kalau memiliki sepeda listrik Stealth ini di Indonesia mungkin agak bingung. Dengan sepeda listrik kecepatan tinggi dan sekencang itu, nanti butuh SIM apa tidak. Jangan-jangan nanti malah ditilang pak polisi karena ngebut di jalan raya laiknya siluman ).
Lihat yang juga sepeda lain tak kalah menariknya :

Share this:

Disqus Comments