Mau Daftar Payoneer ? Pahami Dulu Berapa Besarnya Biaya Transaksi Payooner Ini

Mau Daftar Payoneer ? Pahami Dulu Berapa Besarnya Biaya Transaksi Payooner Ini

Bagi yang telah terbiasa melakukan bisnis online tentu tidak asing lagi dengan Payoneer. 
Tetapi bagi yang belum, dan atau yang baru mau akan, mungkin akan menjadi sedikit bingung, ketika akan bertransaksi secara online disodori beberapa opsi pembayaran, yang salah satunya adalah Payoneer. 

Apa itu Payoneer ? 

Payoneer sebenarnya merupakan sebuah perusahaan di Amerika Serikat yang didirikan pada tahun 2005. 

Yang secara singkat, Payoneer memiliki misi ( tujuan ) untuk memfasilitasi proses transaksi keuangan secara elektronik. Baik transaksi berupa pengeluaran ( pembelian ) atau penerimaan dana secara online, dimana transaksi ini memiliki cakupan internasional dengan berbagai mata uang di dunia. 

Pemahaman yang paling sederhana tentang Payoneer adalah mirip-mirip dengan bank biasa, namun dilakukan secara online. 
Payoneer bukan merupakan satu-satunya layanan transaksi keuangan online. Masih ada beberapa layanan sejenis lainnya. Misal, yang sudah lebih populer adalah PayPal. 
Keterangan lebih lengkap tentang PayPal bisa dilihat dibawah ini : 

Dimana masing-masing layanan ini memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. 

Kelebihan Payoneer 

Terlepas dari kekurangannya, beberapa pengguna lebih menyukai Payoneer karena beberapa alasan dan mempertimbangkan kelebihannya. 

Beberapa kelebihan Payoneer yang bisa didapatkan penggunanya antara lain : 


1. Proses pendaftaran Payoneer relatif mudah. 
Yang perlu dilakukan pengguna adalah mengisikan data-data ( valid ) yang diminta. 

2. Verifikasi Payoneer juga bisa dilakukan secara mudah. 
Tidak diperlukan syarat-syarat tertentu yang terkadang dirasa memberatkan bagi sebagian orang ( misal, harus memiliki kartu kredit dan sejenisnya ) 

3. Pengguna yang telah memiliki akun Payoneer dapat melakukan hampir semua transaksi keuangan secara online. 
Melakukan pembelian, pengiriman( transfer), penerimaan hingga penarikan uang yang berlaku diseluruh dunia, secara cepat dan mudah, serta diklaim aman. 

4. Bagi yang telah memiliki akun Payoneer, juga bisa meminta dan memiliki Kartu Debet Payoneer, yaitu ketika pengguna memilih opsi Tipe Prepaid Mastercard saat mendaftar. 

Yang dinamakan Kartu Debet Payoneer ini adalah seperti Kartu ATM bank biasa. Sehingga Kartu Debet Payoneer ini juga bisa digunakan di ATM-ATM konvensional di seluruh dunia, selama memiliki logo mastercard. 


5. Payoneer juga memberikan beberapa bonus yang cukup menggiurkan. 
Misalnya ketika seorang pemilik akun Payoneer berhasil mereferensikan seseorang sehingga kemudian menjadi pengguna Payoneer ( refferal ), maka baik yang mereferensikan dan yang direferensikan (baru mendaftar), langsung mendapatkan “bonus saldo” sebesar 25 USD. 

Namun demikian, sebagai sebuah perusahaan, Payoneer juga membutuhkan pembiayaan untuk operasionalnya dan juga mengacu kepada profit atau keuntungan. 
Karena itu sebagaimana layaknya perusahaan bank konvensional ( bank biasa ), pihak Payoneer juga menarik biaya dari para penggunanya. 
Mendaftar Payoneer memang gratis. Namun ketika pemilik akun Payoneer melakukan aktivitas atau transaksi keuangan tertentu, akan dikenakan biaya sesuai dengan jenis transaksinya. 

Karena itu sebelum memutuskan untuk mendaftar dan menggunakan Payoneer, alangkah baiknya jika mengetahui terlebih dulu, biaya apa saja yang dikenakan Payoneer kepada para pemegang akunnya, dan seberapa besar biaya pada masing-masing transaksi Payoneer tersebut. 

Berikut biaya yang dikenakan oleh Payoneer kepada para penggunanya : 

 ● Biaya untuk Akun Kartu 

1. Biaya Aktivasi kartu : Gratis untuk setiap kartu. Aktivasi hanya dilakukan 1 kali, yaitu ketika kartu diisi untuk pertama kali 

2. Biaya Perawatan Akun Tahunan Ditarik setiap 1 tahu sekali sebesar $29.95 yang diambilkan dari saldo akun pengguna yang ada 

3. Biaya Penggantian Kartu Sedangkan apabila kartu hilang dan minta penggantian baru, maka pemilik akun akan dikenakan biaya sebesar $12.95 per kartu yang harus dibayarkan pada saat penerbitan kartu pengganti. 

● Biaya Penarikan ATM/Uang Tunai atau Transaksi 

1. Biaya untuk Penarikan ATM atau Penarikan Uang Tunai 
Apabila pemilik akun melakukan penarikan tunai atau transaksi baik yang dilakukan lewat kasir bank ataupun di took, maka pemilik akun akan dikenakan biaya sebesar $3.15 per transaksi. 
Biaya ini dibebankan jika ada permintaan penarikan atau pembayaran. Dan mungkin ada biaya tambahan juga oleh layanan penyedia ATM/Titik Penjualan. 

2. Biaya Penolakan ATM 
Apabila permintaan penarikan ditolak, maka pemilik akun akan dikenakan biaya sebesar $1 per transaksi. Dan mungkin juga ada biaya tambahan dari layanan penyedia ATM. 

3. Biaya Permintaan Informasi Saldo ATM 
Sama seperti nomor 2, untuk permintaan informasi saldo ATM, pengguna akan dikenakan biaya sebesar $1 per transaksi. Dan mungkin juga ada biaya tambahan dari layanan penyedia ATM. 

Catatan : 
Ada biaya untuk transaksi yang berasal dari negara di luar negara penerbit ATAU dalam mata uang yang berbeda dengan mata uang kartu di atas semua biaya yang dikenakan oleh MasterCard. 

● Biaya Saat Menerima Pembayaran 

Pada saat menerima pembayaran, Biaya yang berbeda dapat dikenakan kepada pemilik akun terhadap pembayaran dari Perusahaan-perusahaan Pembayaran Massal Payoneer. 

Berikut biaya yang dibebankan kepada pemilik akun Payoneer pada saat menerima pembayaran : 

1. Biaya menerima pembayaran US Payment Service 
Dikenakan biaya sebesar 1 % dari jumlah keseluruhan transaksi, setiap kali pemilik akun Payoneer menerima pembayaran 
2. Biaya menerima pembayaran EUR Payment Service Gratis 
3. Biaya menerima pembayaran UK Payment Service Gratis 

1. Biaya Tarik Dana diterima dalam USD 

- Transfer Ke Rekening Bank : dikenakan biaya sebesar 3 Euro per transfer yang berlaku apabila mata uang dana yang ditransfer sama dengan mata uang rekening tujuan. 

- Kurs Konversi : biaya per transfer adalah sebesar 2 % di atas kurs tengah pasar. Kebijakan harga yang lebih rendah tersedia untuk pelanggan dengan volume tinggi. Berlaku jika mata uang dana yang ditransfer berbeda dari mata uang rekening tujuan 

2. Biaya Tarik Dana diterima dalam EUR 

- Transfer Ke Rekening Bank : dikenakan biaya sebesar $ 3 per transfer yang berlaku apabila mata uang dana yang ditransfer sama dengan mata uang rekening tujuan. 

- Kurs Konversi : biaya per transfer adalah sebesar 2 % di atas kurs tengah pasar. 
Kebijakan harga yang lebih rendah tersedia untuk pelanggan dengan volume tinggi. Berlaku jika mata uang dana yang ditransfer berbeda dari mata uang rekening tujuan 3. Biaya Tarik Dana diterima dalam GBP 

- Transfer Ke Rekening Bank : dikenakan biaya sebesar 3 Franc per transfer yang berlaku apabila mata uang dana yang ditransfer sama dengan mata uang rekening tujuan. 

- Kurs Konversi : biaya per transfer adalah sebesar 2 % di atas kurs tengah pasar. 
Kebijakan harga yang lebih rendah tersedia untuk pelanggan dengan volume tinggi. Berlaku jika mata uang dana yang ditransfer berbeda dari mata uang rekening tujuan 

Sebagaimana disebut di atas, para pemilik akun Payoneer memang bisa mengajukan permintaan untuk memiliki Kartu MasterCard® Prabayar Payoneer atau yang biasa disebut Kartu Debet Payoneer. 
Kartu MasterCard® Prabayar Payoneer ini dikeluarkan oleh bank penerbit yang telah bekerjasama dengan Payoneer, sesuai dengan ketentuan pemerintah, dengan lisensi dari MasterCard® International Incorporated. MasterCard® sendiri merupakan merek dagang terdaftar dari MasterCard International Incorporated. 

Pihak Payoneer sendiri mengklaim ingin memberi opsi pembayaran yang mudah dan fleksibel kepada para penggunanya dengan kurs yang rendah dan sepenuhnya transparan. 
Namun dengan melihat biaya yang dibebankan di atas, bagaimanapun juga biaya tersebut termasuk mahal untuk ukuran Indonesia. 

Karena itulah sebelum anda memutuskan untuk mendaftar ke Payoneer, sebaiknya baca dan fahami dulu berapa besarnya Biaya Transaksi Payooner yang dibebankan pada para penggunanya seperti di atas. 

Jangan sampai hanya karena buru-buru mendaftar, setelah itu menyesal nantinya. 
Namun jika memang sudah mantap untuk memutuskan, silahkan untuk mendaftar.
Namun, agar ANDA BISA MENDAPATKAN BONUS SEBESAR $ 25  saat melakukan pendaftaran, dan saya juga, silahkan daftar melalui tautan di bawah ini :


Sebab sebagaimana ketentuan dari Payoneer, baik perefensi dan referalnya akan mendapatkan bonus $ 25 USD.Hal ini bisa dilihat dari laman Payoneer ini.( KLIK UNTUK MEMPERBESAR )

Semoga bermanfaat. 
Dan jangan lupa simak yang lagi "panas" ini : 

Share this:

Disqus Comments