Apa Makna 212 Bagimu ? Ini Arti 212 Yang Pastinya Belum Kamu Tahu

Apa Makna 212 Bagimu ? Ini Arti 212 Yang Pastinya Belum Kamu Tahu

Jika saat ini membicarakan 212, tidak pasti tidak akan dihubungkan dengan rencana aksi massa super damai dalam bentuk demo doa bersama, yang diperkirakan akan diikuti oleh ratusan ribu bahkan jutaan orang yang dilaksanakan pada tanggal 2 Desember 2016 – yang kemudian disingkat 212 - di sekitar Monumen Nasional ( Monas ), terkait dengan dugaan kasus penistaan agama yang dilakukan Gubernur petahana DKI Jakarta, Basuki Cahaya Purnama alias Ahok. 
Meski pihak keamanan dan banyak pihak menghimbau agar aksi massa super damai dalam bentuk doa bersama ini “sebaiknya” tidak dilaksanakan, namun aksi yang merupakan “kelanjutan” aksi damai sebelumnya sepertinya akan tetap dilangsungkan. 
Jadi, karena kabar ini memang sedang hangat-hangatnya, tentu menjadi sangat wajar jika saat ini mengatakan 212, maka akan langsung mengarah ke aksi super damai tersebut. 

Namun selain memiliki arti sebagai “aksi super damai 2 Desember”, istilah 212 ternyata memiliki banyak arti lainnya. Nah, berikut beberapa makna 212 ( lainnya ), yang pastinya mungkin belum kamu ketahui : 


● 212 berarti Wiro Sableng 

Bagi pecinta komik tentu sudah pasti tahu apa makna 212. Para pecinta komik mengenal angka 212 sebagai pendekar “kucluk” Wiro Sableng, yang merupakan murid kesayangan dari Sinto Gendheng. Sepasang guru-murid yang sangat “koplak” tingkah polahnya. 
Muridnya, konyol, slengekan, urakan, ugal-ugalan, semau udelnya sendiri. 
Gurunya lebih parah lagi pokalnya, hampir mendekati edan. 
( Dalam Bahasa Jawa kata “Gendeng” artinya edan, makna lainnya bodoh, goblok ). 

Wiro Sableng bisa disebut juga sebagai pendekar 212, sebab angka ini identik dengan pendekar yang memiliki nama asli Wira Saksana. Terlihat, pada dada pendekar ini terdapat rajah angka 212, senjata kapaknya disebut Kapak Maut Naga Geni 212, lalu ada senjata rahasia berbentuk bintang berukir angka 212 dan juga batu hitam 212, yang jika diadu dengan Kapak Maut Naga Geni 212 akan mengeluarkan semburan api besar yang sangat panas. 
Angka 212, adalah trade mark Wiro sableng. 

Namun angka 212 ternyata juga memiliki makna filosofis bagi atau menurut Wiro Sableng. 

Sebagaimana lirik dalam lagu opening dari serial Wiro Sableng : 

Angka 212 memiliki makna di dalam kehidupan 
Dalam diri manusia terdapat dua unsur 
Ingat duniawi dan Tuhan 
Segala yang ada di dalam dunia ini 
Terdiri atas dua bagian 
Yang berlainan namun merupakan pasangan 
Keduanya tak dapat terpisahkan... 

Simak juga : 

● 212 berarti sebuah bilangan asli 

212 (dibaca dua ratus dua belas) adalah sebuah angka, sistem bilangan, dan nama dari glyph yang mewakili angka tersebut. Angka ini merupakan bilangan asli setelah 211 dan sebelum 213. 
Secara numeric angka 212 juga berarti : 
Kardinal : 212 dua ratus dua belas 
Ordinal : ke-212 (212th) kedua ratus dua belas 
Pembagi 1, 2, 4, 53, 106, dan 212 
Biner 11010100 
Jika ditulis dalam angka romawi menjadi CCXII 

● 212 berarti Titik didih air dalam derajat Fahrenheit. 

● 212 juga berarti momen kebangkitan Dirgantara Indonesia 

Pada awal 2012, PT. Dirgantara Indonesia ( sebelumnya bernama Industri Pesawat Terbang Nurtanio, lalu berganti nama lagi menjadi Industri Pesawat Terbang Nusantara / IPTN ) berhasil mengirimkan 4 pesawat CN235 pesanan Korea Selatan. 
Selain itu Dirgantara Indonesia juga menyelesaikan 3 pesawat CN235 pesanan TNI AL, dan 24 Heli Super Puma dari EUROCOPTER. 
Selain beberapa pesawat tersebut di atas, PT. Dirgantara Indonesia juga sedang menjajaki untuk membangun pesawat C295 (CN235 versi jumbo) dan N219, serta kerja sama dengan negara Korea Selatan dalam membangun pesawat tempur siluman KFX. 

● 212 juga berarti banyak pada benda ( pesawat) terbang 

- NC-212 disebut juga CASA C-212 Aviocar adalah sebuah pesawat penumpang sipil (airliner) berukuran sedang bermesin turboprop yang dirancang dan diproduksi di Spanyol untuk kegunaan sipil dan militer. 
Pesawat jenis ini juga telah diproduksi di Indonesia di bawah lisensi oleh PT. Dirgantara Indonesia. Bahkan pada bulan Januari 2008, EADS CASA memutuskan untuk memindahkan seluruh fasilitas produksi C-212 ke PT. Dirgantara Indonesia di Bandung. 

- Bell 212 Twin Huey (juga dikenal sebagai Twin Dua-Dua belas) adalah helicopter dua berbilah, bermesin ganda. Merupakan helicopter menengah yang terbang pertama kali pada tahun 1968. 
Awalnya diproduksi oleh Bell Helicopter di Fort Worth, Texas , kemudian produksinya dipindahkan ke Mirabel, Quebec , Kanada pada tahun 1988, bersama dengan semua produksi helikopter Bell komersial setelah pabrik yang dibuka pada tahun 1986. 
Bell 212 dipasarkan ke operator sipil dan memiliki konfigurasi kursi lima belas, dengan satu pilot dan empat belas penumpang. 
Dalam konfigurasi kargo 212 memiliki kapasitas internal 220 ft ³ (6,23 m³). Muatan eksternal hingga 5.000 lb (2.268 kg). 

● 212 juga berarti sebuah tipe kapal selam 

Kapal selam tipe 212 merupakan kapal selam diesel elektrik yang dibuat oleh Howaldtswerke-Deutsche Werft AG (HDW) untuk Jerman. Kapal ini ditenagai oleh mesin diesel dan sistem propulsi-bebas udara air-independent propulsion (AIP) dengan sel bahan bakar hidrogen dengan proton exchange membrane (PEM) buatan Siemens. 
Kapal selam ini dapat beroperasi pada kecepatan tinggi dengan tenaga diesel dan menggunakan sistem AIP untuk perjalanan berkecepatan rendah tanpa suara, menyelam di bawah permukaan air selama tiga minggu tanpa muncul ke permukaan dan tidak mengeluarkan buangan panas. 
Sistem ini juga dikabarkan bebas getaran, sangat sunyi dan bisa dikatakan tidak dapat dideteksi. 
Tipe 212 adalah satu dari hanya dua kapal selam yang dilengkapi sistem propulsi sel bahan bakar yang siap diproduksi pada tahun 2007. 

● 212 berarti Agen Polisi 212 

Agen polisi 212 adalah nama sebuah komik humor dari Belgia yang bercerita tentang seorang polisi gemuk. Serial komik humor ini ditulis oleh Raoul Cauvin dan digambar oleh Daniel Kox dan terbit di majalah Robbedoes/Spirou sejak tahun 1975. 
Dupuis telah menerbitkan 26 buku komik di Perancis dan Belanda yang menampilkan karikatur petugas polisi. 
Agen Polisi 212 saat ini salah satu dari seri terlaris dalam bahasa Perancis, dengan 66.000 salinan cetak untuk album 25 tahun 2006. 
Komik ini juga telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan dijual di Indonesia diterbitkan oleh perusahaan penerbitan BIP. 

● 212 juga berarti bagi yang suka otak-atik gathuk 

Bagi yang yang suka otak-atik-gathuk, secara filosofis angka 212 ternyata memiliki makna yang dalam, dimana dalam dan luar tubuh manusia terdapat dua unsur yang saling bertentangan namun sebenarnya merupakan suatu pasangan. 
Unsur yang berada di dalam tubuh yang dimaksud misalnya tangan, mata, kaki. Unsur diluar tubuh misalnya gelap dan terang, baik dan jahat, pria dan wanita, yang mewakili angka 2. 
Sedangkan angka 1 memiliki makna bahwa semua unsur itu berasal dari yang satu yaitu Tuhan yang maha Esa. 

Secara keseluruhan hal-hal tersebut didominasi oleh angka 212. 
Secara lebih spesifik bahkan dikatakan bahwa berdunia dan berakhirat atau hablu minnanaas dan hablu minnaallah adalah kewajiban manusia, dimana keduanya harus dilakukan secara seimbang. 
Dua hal yang harus seimbang dalam diri manusia adalah tentang syariat dan hakekat, tentang lakon dan pitukon. Yang mana jika kedua hal tersebut dapat seimbang dalam pelaksanaannya, insyaAllah akan bahagia. 

● Angka 212 dalam Al Quran 

Karena rencana aksi super damai 2 Desember 2016 sangat terkait erat dengan umat Islam (Indonesia), lalu apa kata bagaimana angka 212 dalam Al Qur’an ? 
Jika membuka dan diteliti, Surah-Surah dalam Al Qur’an yang termasuk panjang hingga mencapai 212 ayat lebih adalah terdapat dalam Surat Al Baqarah sebanyak 286 ayat dan Surah Asy Syu’araa’ sebanyak 227 ayat. 

Lalu, apa “kata” ayat yang ke-212 dari masing-masing Surat tersebut ? 
Berikut artinya sebagaimana disalin dari aslinya : 

Al Baqarah 212 ( artinya ) 
212. Kehidupan dunia dijadikan indah dalam pandangan orang-orang kafir, dan mereka memandang hina orang-orang yang beriman. Padahal orang-orang yang bertakwa itu lebih mulia daripada mereka di hari kiamat. Dan Allah memberi rezki kepada orang-orang yang dikehendaki-Nya tanpa batas

Asy Syu’araa’ 212 ( artinya ) 
212. Sesungguhnya mereka benar-benar dijauhkan daripada mendengar Al Quran itu

Yang jika dicermati dengan teliti, kedua ayat 212 pada masing-masing Surat di atas seolah menjadi “penegasan” atas Surat Al Maidah 51. 

Al Maidah 51 ( artinya ) 
51. Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin(mu); sebahagian mereka adalah pemimpin bagi sebahagian yang lain. Barangsiapa diantara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim. 

Nah, itulah beberapa makna angka 212 dalam berbagai versi. Sebagian dari arti tersebut mungkin sudah kamu ketahui, namun beberapa lainnya mungkin belum kamu ketahui. 

Disarikan dari berbagai sumber. 

UPDATE
Dan terakhir, ini hasil yang “didapat” secara tidak sengaja saat mengotak-atik gambar angka 212. Saat angka 212 terpantul terbalik ternyata didapatkan kata singkatan “SIS”. 


Lalu saat mencoba mencari arti kata SIS, di Wikipedia yang keluar teratas SIS adalah kependekan dari Secret Intelligence Service atau Dinas Intelijen Rahasia. Yang dalam hal ini mengacu kepada MI6, yang memang dikenal juga sebagai Dinas Intelijen Rahasia (Secret Intelligence Service, SIS), adalah badan intelijen eksternal Britania Raya. 
Dalam budaya populer, SIS (MI6), tampil sebagai tempat kerja dan afiliasi agen rahasia terkemuka Inggris, James Bond, dalam serial novel dan film yang bernama sama. ( Wikipedia )

Jadi......., apa makna 212 menurut kamu ?

Yang ini tentang "misteri" angka 1/173 :

Share this:

Disqus Comments