Mau Beli Mobil MPV ? Simak Dulu Uniknya 5 Fitur “Rahasia” Toyota Calya Yang Menggiurkan Ini

Mau Beli Mobil MPV ? Simak Dulu Uniknya 5 Fitur “Rahasia” Toyota Calya Yang Menggiurkan Ini

Mau beli mobil MPV yang murah meriah...ehh...mobil LCGC untuk keluarga kecil anda ? 
Jika iya, mungkin mobil MPV LCGC keluaran Toyota yang ini bisa menjadi salah satu pertimbangan kuat anda. 
Sebagaimana diketahui Toyota telah merilis mobil murah meriah LCGC yang diberi nama Toyota Calya. 

Dan sebagai mobil LCGC alias Low Cost Green Car, alias mobil murah hemat energi, alias mobil ramah lingkungan, mobil yang sepertinya pas digunakan keluarga kecil untuk – utamanya – transportasi dalam kota ini memang di dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, karena varian Toyota Calya yang termahal saja (G A/T) “hanya” seharga 150 juta rupiah. 

Meski sebagai mobil LCGC, namun jangan pandang sebelah mata mobil yang satu ini. 
Sebab boleh dikata, semua kelebihan LCGC dari kompetitor sekelas ternyata dibenamkan di mobil MPV ini. 

Pertama, untuk menunjang kenyamanan penumpangnya, Toyota Calya ternyata telah dilengkapi dengan suspensi independen, plus stabilizer di roda. 
Bahkan pada Toyota Calya tipe G stabilizernya terdapat di bagian depan dan belakang, sehingga Toyota Calya dapat dikendalikan dengan lebih enak. 

Kemudian dari segi mesin, Toyota Calya menggunakan mesin 1,2 liter 4-silinder dengan teknologi Dual VVT-i yang sangat oke untuk mengatur waktu pengapian. 
Mesin 4 silinder yang tentunya lebih bertenaga dengan letupan tenaga sebesar 88 PS, serta minim getaran ini sepertinya memanfaatkan platform A buatan Daihatsu yang memang dirancang untuk digunakan pada mobil-mobil mungil. 


Selain fitur-fitur utama yang “kasat mata” seperti yang bisa dilihat pada brosurnya atau dari penjelasan salesnya, Toyota Calya ternyata masih menyimpan fitur-fitur “rahasia” lainnya. 

Nah, jika memang ada niatan untuk membeli Toyota Calya, sebelum membeli sepertinya “wajib” menyimak uniknya fitur-fitur “Rahasia” dari Toyota Calya yang berikut ini :

1. Jok tengah Toyota Calya bisa diatur maju mundur 

Jika hanya membaca di brosurnya, maka kursi tengah Toyota Calya disebutkan menggunakan sistem One Touch Tumble, yang artinya untuk melipat kursi ( tengah ) bisa dilakukan cukup hanya dengan “menyentuh” 1 tuas. 
Fitur yang seperti ini tentu saja tidak bisa dibilang unik, sebab ada banyak mobil lain yang telah menggunakan sistem seperti ini. 


Fitur rahasia yang menjadi keunikan Toyota Calya, selain menggunakan sistem di atas, pada kursi tengahnya ternyata dapat diatur maju mundur posisinya, sehingga ruang kaki bagi yang duduk di bagian belakangnya bisa disesuaikan. 
Padahal pada kebanyakan mobil, posisi jok tengah alias kursi kedua biasanya statis, tidak dapat digeser-geser. 

2. Ada Rear Air Circulator yang menempel di plafon 

Unik bukan ? 
Jika pada mobil MPV lain biasanya menggunakan double blower, sehingga selain terkesan agak sumpek, juga akan membebani larinya mobil, sehingga konsumsi BBM lebih boros. 
Maka pada Toyota Calya justru menggunakan Rear Air Circulator yang dibenamkan di plafon.


“Kipas angin” Rear Air Circulator ini berfungsi untuk menghembuskan udara dari depan ke belakang. Dengan menggunakan Rear Air Circulator, maka dampaknya akan sangat terasa. 
Toyota Calya tidak perlu kompresor tambahan yang berakibat menjadi lebih ringan kerja mesinnya, konsumsi BBM yang lebih irit serta mampu berlari dengan lincah. 
Satu lagi, bagian kabinnya terkesan lebih lapang. 
Singkatnya mobil LCGC yang ini mampu mengakomodir kebutuhan secara lebih ekonomis. 

3. Fitur Auto Cut-off mematikan lampu secara otomatis 

Jika anda pernah mengalami masalah Accu yang tekor gara-gara lupa mematikan lampu, maka kejadian serupa dijamin tidak akan terjadi ketika menggunakan Toyota Calya ini.
Pasalnya, Toyota Calya telah dilengkapi dengan Auto Cut-off, yaitu sebuah fitur unik yang – sesuai namanya – akan “memotong arus” dan mematikan lampu utama secara otomatis beberapa detik setelah pintu ditutup di saat pengemudi lupa mematikan lampunya. 
Fitur ini sepertinya sepele dan sederhana. Namun nyatanya fitur Auto Cut-off ini sangat ampuh mengatasi masalah aki tekor gara-gara lupa mematikan lampu utama. 
Uniknya fitur yang sangat berguna dari Toyota Calya ini menjadi “rahasia”, sebab ternyata malah tidak tercantum dalam brosurnya. 

4. Blinker 

Blinker atau lampu sein dari Toyota Calya ini juga unik dan beda dari yang lain. 
Pada Blinker Toyota Calya, saat tuas ditekan penuh ke arah yang dituju, maka lampu sein berkedip dan menyala normal. 
Tetapi coba tuas ini tekan setengahnya saja, maka lampunya akan berkedip sebanyak tiga kali. 
Kedipan lampu 3 kali ini ternyata berguna untuk memberikan informasi jika pengemudi berniat berpindah jalur. 
Dengan blinker yang seperti ini, pengemudi tidak perlu merasa khawatir lupa mematikan lampu sign saat pindah jalur, yang mana jika terjadi pada mobil biasa dapat membuat bingung pengemudi di belakangnya. 
Lihat juga : 
Dan jangan salah, meski Toyota Calya merupakan mobil LCGC, tetapi fitur blinker yang seperti ini adalah fitur khas mobil mahal keluaran Eropa ! 

5. Toyota Calya ada juga fitur Bluetooth Audio 

Pastinya tidak pernah berharap jika beli mobil murah meriah akan menemukan fitur Bluetooth Audio di dalamnya. 


Uniknya, Toyota Calya punya koneksi bluetooth dengan telepon genggam. 
Memang sih, tampilan headunit yang terpasang terlihat kurang “mboys”, sehingga menjadi “rahasia” ( karena ternyata tidak terdapat dalam brosurnya juga ). 
Namun yang jelas dengan fitur Audio bluetooth ini, Toyoya Calya jadi beda dengan MPV lain sekelasnya. 

Nah, itulah uniknya 5 fitur “Rahasia” MPV Toyota Calya ( karena memang tidak disebut di brosur atau wiraniaganya ). 
Namun tentu saja, yang namanya mobil LCGC pasti ada kekurangannya, misalnya pergerakan transmisi yang terlalu ringan, sehingga pengemudi sering kebablasan saat menggerakkan tuas, serta seperti tidak adanya lampu rem tengah. 

Namun lepas dari kelebihan dan kekurangannya, pada Toyota Calya ternyata memiliki beberapa fitur menggiurkan yang bahkan tidak terdapat pada mobil Toyota yang lebih mahal.

Yang ini tentang tips membeli mobil hemat energi :

Share this:

Disqus Comments