Cara Sederhana Ini Terbukti Ampuh Menaikkan CPC Adsense Blog Gado-Gado Yang Kecil, Kamu Bisa Coba

Cara Sederhana Ini Terbukti Ampuh Menaikkan CPC Adsense Blog Gado-Gado Yang Kecil, Kamu Bisa Coba

Semua publisher sepakat bahwa untuk dapat menaikkan penghasilan Google Adsense, apapun itu, pada dasarnya hanya ada 2, yaitu : 

1. Dengan meningkatan CTR ( Click Trought Rate ) atau jumlah klik, dan 
2. Dengan menaikkan nilai CPC ( Coct Per Click ) atau biaya per klik ( BPK ). 

Masalahnya adalah – sudah begitu dikenal – bahwa blog-blog yang berbahasa Indonesia rata-rata memiliki nilai CPC atau BPK yang jauh lebih kecil dibanding dengan blog berbahasa Inggris, meskipun blog tersebut memiliki niche yang berharga mahal. 

Terlebih lagi jika blognya memiliki niche umum alias blog gado-gado. 
Istilah “blog gado-gado” sendiri entah siapa yang memulai menyebutnya. 
Namun kali pertama menjumpai istilah ini saat berkunjung di blog JuraganCipir. 
Dimana intinya yang disebut sebagai blog gado-gado adalah sebuah blog yang tidak memiliki niche khusus tersegmen, melainkan bersifat umum, luas, dan campuran, mirip makanan gado-gado. 
Singkat kata blog gado-gado adalah blog yang membahas apa saja dalam artikel postingannya. 

Di satu sisi blog gado-gado memang memiliki kelebihan, misalnya yang paling sederhana, pengelola blog umumnya tidak akan kehabisan ide untuk menulis. 

Sebab topik apapun bisa dimasukkan ke dalam blognya. Hal seperti ini tentunya sulit dilakukan pada blog dengan niche spesifik. 
Namun menurut para mastah adsense, blog gado-gado juga memiliki kekurangan ( yang cukup fatal ) terutama jika digunakan untuk bermain Google Adsense. 
Karena pengunjung blog gado-gado adalah umum dan tidak tertarget, maka iklan yang tampil seringkali kurang sesuai dengan konten blog. 
Akibatnya nilai CPC nya rata-rata relatif rendah. 

Tentang berapa sebenarnya nilai CPC memang masih menjadi misteri dan teka-teki. 
Sebagai misal dengan iklan yang sama namun tampil pada blog yang berbeda maka nilai CPC nya bisa berbeda pula. 
Dari sekian banyak factor yang bisa mempengaruhi nilai CPC, hampir semua publisher google adsense sepertinya telah sepakat bahwa niche blog akan sangat berpengaruh terhadap besar kecilnya nilai CPC. 
Dan dari pengalaman pribadi memang seperti itu. 
Blog gado-gado rata-rata CPC nya lebih rendah. 

Karena itulah sebagai salah satu cara untuk meningkatkan CPC, para mastah adsense menyarankan untuk memilih niche tertentu untuk sebuah blog, syukur-syukur dengan kata kunci atau keyword yang harganya mahal ( HPK / High Paying Keywords ). 
Langkah tersebut bisa saja dilakukan ketika memang baru membangun blog baru. 

Masalahnya adalah : bagaimana jika blog telah terlanjur berjalan – dengan sekian banyak artikel postingan – tetapi blognya gado-gado ? 
Tentunya tidak mungkin langsung mengubur blog gado-gado tersebut begitu saja. Sayang. 

Dari beberapa kali uji coba, akhirnya saya mendapat solusi. Yang meskipun terlihat sederhana, namun setelah saya terapkan pada salah satu blog gado-gado, terbukti hasilnya efektif mampu mendongkrak nilai CPC yang semula sangat kecil. 
Cara ini terbilang sederhana, sebab pada prinsipnya adalah dilakukan hanya dengan “memanipulasi” blog gado-gado sehingga menjadi mirip dengan blog yang memiliki niche khusus. 
( Tetapi harap dicatat, meski istilahnya “manipulasi” tidak berarti negatif. Kebijakan Google Adsense masih membolehkannya ) 
Bagaimana melakukannya ? 

Ada beberapa langkah untuk memanipulasi blog gado-gado sehingga “mirip” dengan blog berniche khusus untuk menaikkan nilai CPC-nya : 

1. Dengan membuat iklan saluran khusus sesuai dengan label blog masing-masing 

Misalnya, jika blog anda memiliki label : kesehatan, asuransi dan pendidikan. Maka buatlah iklan-iklan baru dengan saluran khusus sesuai dengan ketiga label tersebut. 
Saat membuat saluran khusus, berikan informasi yang lengkap dimana iklan tersebut akan ditampilkan sesuai label posting. Termasuk posisi ( letak ) dan target pembacanya. 
Berapa ukuran iklan yang harus dibuat ? 
Terserah anda. 
Namun sesuai perkembangan mobil web saat ini, dan sesuai pula anjuran pihak adsense, iklan responsive lebih disarankan. 
Jenisnya adalah teks dan gambar. 

2. Setelah iklan saluran khusus yang baru telah dibuat, pasang kesemua iklan saluran khusus yang baru dibuat tersebut di dalam blog. 

Namun harus diingat, blog HARUS diatur atau disetting agar iklan tersebut hanya akan tampil sesuai dengan label postingan. 
Jadi jika pada contoh di atas terdapat 3 label posting, maka anda harus memasang ketiga kode iklannya. Namun karena blog telah disetting agar iklan tampil sesuai label posting, maka saat dibuka pengunjung, maka iklan yang tampil di blog hanya 1 buah saja. 
Misal, jika pengunjung membuka artikel yang berlabel kesehatan, maka iklan yang tampil hanyalah iklan saluran khusus kesehatan. Dan seterusnya. 
Tentang bagaimana cara memasang iklan sesuai label posting, anda dapat dengan mudah mencarinya di Google. 

3. Letakkan atau tampilkan kode iklan saluran khusus sesuai label tersebut pada tempat-tempat paling menghasilkan klik. 

Dimana posisi iklan yang paling mendatangkan klik ? 
Anda dapat melihatnya di panduan / akademi adsense. 
Namun yang jelas, letakkan iklan pada posisi “Heat Map”, terutama sekali pada posisi Above The Fold. Hanya saja iklan tersebut dibuat dan ditampilkan sesaui label maka kode iklan yang dipasang jangan ditampilkan pada laman utama ( homepage ) melainkan di laman laman posting. 
Dan sebagai langkah awal, sebaiknya pasang hanya tampilkan 1 iklan terlebih dulu. Setelah itu terserah. 

Dengan 3 langkah sederhana di atas , maka blog gado-gado “seolah-olah” menjadi blog dengan niche khusus. Karena disini blog “dipecah dan dibagi” menjadi label-label tertentu. Sehingga iklan blog juga seolah menyasar pada niche tertentu pula. 
Dengan cara ini maka iklan yang ditampilkan pada blog bisa menjadi sedikit lebih tertarget. 

Dari uji coba yang saya lakukan, dengan mempraktekkan cara sederhana di atas, dari hari ke hari, CPC blog gado-gado saya yang semula sangat kecil secara perlahan mulai merangkak naik. 

Nah, jika memiliki masalah serupa, dimana blog gado-gado anda memiliki nilai klik iklan yang sangat kecil, mungkin tidak ada salahnya mencoba cara sederhana di atas. 
Namanya juga usaha….. 

Sebab meski sederhana, cara di atas terbukti ampuh untuk menaikkan nilai CPC Adsense blog Gado-Gado saya yang semula kecil. 

Selamat mencoba. 
( Kabari hasilnya..ya..) 
Trik lain tentang penempatan iklan adsense :

Share this:

Disqus Comments