-->

10 Rahasia Bagaimana Cara Membuat Judul Artikel Blog Yang Dijamin Mampu Menyedot Minat Pembaca

Semua orang bisa menulis. Namun belum tentu semua orang bisa menulis artikel. 
Apalagi artikel yang baik. 
Padahal bagi seorang blogger, artikel adalah “senjata” utamanya. 
Sebab apapun dan bagaimanapun hebatnya sebuah blog, tetap saja “content is the real king”. 

Lalu apa yang bisa menarik pengunjung untuk mau membuka dan membaca sebuah artikel blog ? 

Tentu saja judulnya ! 
Dan ini lebih pelik lagi. 
Sebab terkadang seorang penulis ( konten ) artikel yang baik sekalipun belum tentu bisa menulis sebuah judul artikel yang baik, apalagi mampu menarik minat membaca. 
Dan bisa dengan mudah ditebak, meski sebuah artikel sebenarnya memiliki konten yang sangat menarik dan berkualitas, namun ketika judulnya biasa-biasa saja, akan cukup sulit untuk mengundang pengunjung untuk membukanya. 

Artikel ini akan membahas secara ringkas namun padat, 10 Rahasia bagaimana cara membuat sebuah judul artikel blog yang dijamin mampu menyedot minat pembaca. 

1. Selalu bedakan antara topik dan judul artikel 

Sebenarnya perbedaan antara topik dan judul sudah sangatlah jelas. 
Sejak sekolah dasar kita telah diajari dengan hal ini. 
Namun faktanya masih cukup banyak yang salah kaprah dan keliru dengan hal ini. 
Menggunakan topik sebagai judul artikel, tidak selamanya salah memang.


Pada kasus tertentu memang bisa menjadi menarik. 
Namun pada banyak kasus penerapan cara seperti ini akan menyebabkan tampilan judul yang “kaku” dan biasa-biasa saja. 
Coba saja bandingkan antara : 
Topik ini ( yang digunakan sebagai judul ) :
Tips wawancara kerja” 
Dengan judul yang ini : 
5 Tips rahasia wawancara kerja untuk mendapatkan pekerjaan bergaji besar”
Agar diingat kembali, topik bersifat umum, sedangkan judul lebih spesifik dan lebih dalam. 

2. Iming-imingi ( calon) pembaca dengan manfaat 

Apa yang membuat pengunjung harus rela untuk membuka dan membaca artikel anda ? 
Padahal untuk membaca artikel sebuah blog yang singkat setidaknya menghabiskan waktu sekitar 3 - 5 menit. Atau lebih lama lagi jika artikelnya cukup panjang. 
Pada dasarnya pengunjung rela menghabiskan sedemikian banyak waktunya karena ingin memperoleh sebuah manfaat, apapun itu sesuai yang diinginkannya. 
Karena itu, jika artikel anda dibuka dan dibaca oleh pengunjung, maka harus tidak boleh tidak, buatlah judul yang berisi “iming-iming”, manfaat apa yang bisa didapat apabila mereka rela membuka dan membaca isi artikel anda. Namun tentu saja jangan menipu.
Misalnya, jika anda membaca judul artikel yang seperti ini :
Cara memasak mie instant yang sehat namun tetap lezat rasanya”, 
tentu akan lebih menarik bagi pembaca bila dibandingkan dengan artikel yang judulnya hanya seperti ini “ Cara memasak mie instant”. 
Mengapa ? Sebab pembaca diiming-imingi dengan 2 manfaat yang bisa didapat pada judl artikel yang pertama.

3. Cobalah menggunakan angka-angka 

Coba lihat cover majalah yang telah terkenal. 
Mereka selalu menggunakan angka-angka dalam pembuatan judul artikelnya. 
Itulah sebabnya calon pembaca menjadi tertarik. 
Sebab bagaimanapun juga, penggunaan angka-angka menjadikan sebuah judul artikel lebih meyakinkan, menonjol, spesifik dan terkesan “spesial”. 
Coba, dari 2 judul artikel di bawah ini, mana yang lebih mungkin anda buka : 
1. Trik Merias Wajah 
Atau 
2. Trik Terbaru : 10 Cara Merias Wajah Yang Bisa Menjadikan Anda Tampil Lebih Menawan 

4. Manfaatkan psikologi pembaca, bangkitkan perasaannya 

Apa maksudnya ? 
Singkatnya, judul artikel seharusnya bisa “menyentuh” kondisi psikologis seseorang dan membangkitkan perasaannya. 
Sehingga pembaca ( seolah ) merasakan sendiri apa yang tertulis dalam judul, sekurangnya mengerti. Dalam hal ini perasaan yang bisa dibangkitkan antara lain :
- Rasa terkejut atau heran atau tidak percaya 
- Rasa ingin tahu atau penasaran atau bertanya-tanya
- Rasa khawatir atau galau 
- Perasaan yakin atau pasti
- Atau juga empati 
Misalnya pada judul di bawah ini :
Dengan diet ini, ibu yang semula kegemukan berhasil menurunkan berat badan hingga 20 kg hanya dalam 50 hari!” 

5. Buatlah pembaca merasa terlibat dalam tulisan anda ? 

Cara termudah dalam hal ini adalah dengan mengajukan pertanyaan. 
Dimana pertanyaan yang anda tulis sekurangnya mengandung unsur membangun rasa penasaran dan memberikan rasa kepastian bahwa permasalahan yang sedang dihadapi akan mendapatkan jawaban. Dengan cara seperti ini, maka secara tidak sadar, pembaca akan membayangkan situasinya. 
Dan ketika sampai disini secara otomatis mereka telah “terlibat” dalam tulisan anda. 
Jika masih agak bingung, coba simak judul di bawah ini : 
Mengapa penghasilan adsense anda mulai turun drastis ? Bisa jadi ini 5 penyebabnya” 
Namun, meski pertanyaan cukup efektif digunakan untuk sebuah judul, jangan gunakan pertanyaan yang jawabannya pasti – iya atau tidak. 
Dan tentu saja jangan gunakan pertanyaan pada semua judul artikel anda. 

6. Sekali waktu gunakan judul yang sudah sangat populer 

Memang benar, menggunakan judul yang sangat populer, umumnya sangat “berat”. 
Sebab biasanya anda harus bersaing dengan web-web besar. 
Namun pada beberapa kasus cara ini terbukti sangat berhasil. Terutama sekali ketika anda jeli dalam “mengolahnya”.
Dalam artian mencari celahnya, lalu memodifikasinya. 

7. Memilih posisi yang strategis 

Jangan salah, posisi strategis tidak hanya berlaku untuk penempatan iklan saja. Sebuah judul demikian juga halnya. 
Kata-kata yang “kuat” dalam artian mampu menarik perhatian pembaca, sebaiknya jangan diposisikan di bagian tengah judul. 
Mengapa ? 
Sebab perhatian pembaca umumnya lebih terfokus pada bagian awal ( depan ) atau bagian akhir ( belakang ) dari sebuah judul.
Coba perhatikan judul ini : 
10 Kecelakaan paling mengerikan yang terjadi saat berkendara gara-gara menggunakan HP 
Membaca judul ini, pembaca biasanya lebih fokus kepada kata “kecelakaan paling mengerikan” dan kata “gara-gara menggunakan HP” serta mengabaikan bagian tengahnya. 

8. Berikan pembaca : kemudahan, rasa nyaman, dan jika perlu perjanjian 

Seperti disinggung di atas, pembaca rela menghabiskan waktunya untuk membuka dan membaca sebuah artikel karena mereka ingin mendapatkan jawaban ( entah sekedar rasa penasaran atau permasalahan ). 
Karena itu berikan mereka kemudahan, rasa nyaman dan jika perlu sebuah “perjanjian”.
Ketika seorang mencari dan membaca artikel tentang “cara meningkatkan penghasilan adsense” berarti mereka merasa dengan meningkatkan penghasilannya maka hidupnya akan sedikit lebih baik. 
Dan itulah yang harus diberikan. 
Dan hal ini akan terasa lebih mantap lagi jika ditambah dengan hal yang menjanjikan. 
Misalnya dengan membuat judul : 
Cara paling mudah meningkatkan CTR Google Adsense hingga 120 % dalam 2 minggu” 

9. Ada kalanya anda harus memilih 1 target pembaca yang spesifik 

Idealnya, judul artikel harus bisa mencakup keseluruhan target pembaca. 
Namun harus diakui hal seperti ini adalah sangat sulit. 
Karena judul yang seperti ini umumnya adalah judul atau topik yang baru ngetrend dn sangat populer,sehingga mau tidak mau harus bersaing dengan situs-situs raksasa.
Karena itu adakalanya anda harus menyasar 1 target pembaca yang spesifik. Hal seperti ini memang seolah akan miskin pembaca. 
Tetapi sekarang coba bayangkan. 
Anda misalnya membuat sebuah artikel yang memiliki judul tentang kumpulan soal tes penerimaan CPNS. Anda mungkin berfikir, topik / judul ini akan sepi pembaca. 
Namun ketika tiba saatnya penerimaan CPNS baru, maka tanpa anda sadari akan begitu banyak pembaca ( yang ingin diterima sebagai PNS ) yang akan membuka dan membaca artikel anda.
Dan sebagainya. 

 10. Selalu keluarkan dan asah kreativitas anda dalam membuat judul 

Dan terakhir, the last but not least, adalah sebagaimana petuah orang tua, selalu keluarkan dan asah “pisau” kreativitas anda. 
Bagaimana caranya ? 
Amat sangat jarang seorang penulis yang hebat sekalipun yang bisa membuat judul “sekali jadi”. 
Mereka biasanya akan tetap mengotak-atik judul yang telah “keluar” dan ditulis. 
Karena itu dalam pembuatan sebuah judul artikel, coba keluarkan dan tulis apa saja yang terlintas di pikiran anda. 
Semakin banyak semakin bagus. 
Setelah itu pilih salah satunya, dan atau kombinasikan diantaranya. 
Dengan cara tersebut, anda telah mengasah kemampuan anda, sehingga akhirnya bisa didapatkan sebuah judul yang dirasa paling baik. 

Nah itulah 10 Rahasianya, bagaimana caranya anda bisa membuat sebuah judul artikel yang dijamin mampu menyedot minat pengunjung blog anda. 

Tidak percaya ? 
Coba praktekkan, dalam tahap awal hanya satu judul artikel saja. Dan lihat hasilnya. 
Sedangkan yang ini adalah judul yang aneh :

You may like these posts