Suronggotho dan Misteri Mbah Gotho, Orang Tertua Di Dunia Dari Indonesia

Suronggotho dan Misteri Mbah Gotho, Orang Tertua Di Dunia Dari Indonesia

Bagi yang bermukim di daerah Jepara dan sekitarnya –terutama di daerah Bangsri dan Mlonggo - tentu pernah mendengar tentang nama Suronggotho
Menurut legenda yang berkembang di daerah tersebut Suronggotho adalah murid dari Sunan Muria. 
Alih-alih memberikan contoh dan suri tauladan yang baik kepada masyarakat sebagaimana murid-murid Sunan Muria lainnya, Suronggotho malah bersifat menurutkan hawa nafsu angkara dan durhaka. 

Karena kepincut dan ingin mempersunting Dewi Wiji yang nota bene adalah anak dari Ki Ageng Bangsri, kakak seperguruannya sendiri, Suronggotho sampai mata gelap membunuhi orang-orang yang tidak bersalah yang mencoba mencegahnya, termasuk saudara seperguruannya sendiri. 
Bermodalkan senjata sakti bernama Guling Muria yang berbentuk gada kuningan yang dicuri dari gurunya sendiri, Sunan Muria, Suronggoto malang melintang menyikat habis orang yang dinggap menghalanginya secara licik dan kejam. 

Untunglah, pada akhirnya Suronggotho berhasil dikalahkan oleh Ki Ageng Bangsri dengan bantuan Sam Poo Kong ( atau Laksamana Cheng Ho ) yang kala itu sedang bertamu ke Sunan Muria. 
Namun Suronggotho tidak mati, melainkan berubah menjadi “Yuyu Nggotho” yang berbulu tebal berwarna hitam kelam. 


Dan hingga kini masyarakat masih mempercayai jika Yuyu Nggotho ini masih hidup dan terdapat di perairan di kawasan Jepara. 

Hanya saja sialnya – mungkin karena bawaan semasa masih jadi manusia – yang namanya Yuyu Nggotho ini merupakan Yuyu ( Yuyu adalah sejenis kepiting ) yang sangat beracun, yang bahkan jika bubuk racun Yuyu Nggotho ini diletakkan dibawah gelas saja sudah dapat meracuni air di dalam gelasnya. 
Menurut kepercayaan, tidak ada satupun penawar racun yang bisa mengobati seseorang yang digigit oleh Yuyu Nggotho ini, terkecuali dengan “Ulo Lempe” yang dipercaya merupakan jelmaan dari Dewi Wiji. 

Nah, jika dihitung-hitung, ( kalau memang masih hidup sesuai legenda ) usia dari Yuyu Nggotho alias Suronggoto ini mestinya sudah ratusan tahun saat ini.

Meski cerita di atas hanya merupakan sebuah legenda, namun pada kenyataannya memang ada seorang yang bernama “Nggotho” yang telah berumur ratusan tahun. 

Adalah seorang pria bernama Sodimejo yang lebih akrab dipanggil dengan Mbah Gotho, yang lahir di Sragen pada 31 Desember 1870 lampau. 

Nah, jika dihitung-hitung, hingga saat ini artinya Mbah Nggotho telah berumur 145 tahun ! Dan itu artinya pula, Mbah Nggotho ini mestinya merupakan orang tertua di dunia. 

Sebab Rekor orang tertua di dunia tercatat atas nama Jeanne Calment, wanita berasal dari Prancis yang hidup dari tahun 1875 dan meninggal pada 1997 lalu. 
Dan jika dihitung-hitung, wanita yang dinobatkan sebagai orang tertua di dunia ini “hanya” berusia 122 tahun dan 164 hari. 
Bandingkan jauh selisihnya dengan usia Mbah Nggotho ini. 

Sebagai orang tertua di dunia Mbah Nggotho ini termasuk “hebat”, sebab ia memiliki 4 orang istri. Hanya saja kini Mbah Nggotho seorang diri, sudah tidak ada lagi orang sepantarannya. 
Kesepuluh saudaranya telah lama meninggal, demikian juga dengan keempat istrinya. 
Bahkan anak-anaknya juga sudah pada meninggal dunia. 
Keluarga Mbah Gotho yang kini masih tersisa adalah cucu, cicit, dan canggah ( canggah adalah keturunan ke-4 ).

Anehnya, keinginan Mbah Nggotho ini tidak seperti orang-orang ada umumnya, yang rata-rata ingin panjang umurnya. 
Saat ditanya, Mbah nggotho ini mengatakan bahwa dirinya sudah tak menginginkan apa-apa. 
Keinginannya hanya ada satu saja. 
Coba tebak, apa itu keinginan dari Mbah Nggotho. 


Satu-satunya keinginan Mbah Nggotho saat ini hanyalah ingin meninggal dunia. 
Anehnya lagi, Mbah Nggotho ini bahkan telah mempersiapkan nisan termasuk lokasi kuburannya yang terletak di dekat makam anak-anaknya untuk kematiannya sendiri sejak tahun 1992 saat ia masih berusia 122 tahun. 
Artinya hingga 24 tahun belum keturutan juga keinginan dari Mbah Nggotho ini. 

Sebagai manusia tertua di dunia, Mbah Gotho kini sudah tidak bisa lagi leluasa dalam bergerak. Baik untuk sekedar makan ataupun mandi sendiri. Demikian pula penglihatannya sudah kurang berfungsi. 
Acara keseharian dari pria sepuh ini hanyalah duduk dan mendengarkan radio. 

Resep panjang umur Mbah Nggotho 

Nah yang ini mungkin sering jadi bahan pertanyaan banyak orang, apa resepnya bisa panjang usia.
Lalu apa jawaban dari Mbah Nggotho ? 
Saat ditanya apa rahasia panjang umurnya, Mbah Gotho hanya menjawab dengan singkat. "Resepnya hanya kesabaran." 

Nah itulah rahasia dari Mbah Gotho, orang tertua di dunia dari Indonesia. 

( Namun jangan tanya ya, dimana misterinya. Soalnya kata “misteri” pada judul di atas sih cuma untuk memberikan efek dramatis dan kesan serem saja ). 
Tapi jangan lupa simak yang benar-benar serem ini : 

Share this:

Disqus Comments