Mengejutkan ! Terungkap, Ternyata Ini Alasannya Mengapa Orang Suka Membeli Mobil

Mengejutkan ! Terungkap, Ternyata Ini Alasannya Mengapa Orang Suka Membeli Mobil

Ada 1001 alasan mengapa seseorang memutuskan untuk membeli mobil. 
Ada yang beralasan karena untuk kebutuhan keluarga, ada yang beralasan untuk keperluan bisnis, hingga alasan untuk memudahkan mobilisasi. Itu merupakan alasan-alasan yang logis. 
Sebab ternyata tidak sedikit pula orang yang membeli mobil dengan alasan yang kurang logis, untuk sekedar gagah-gagahan dan pamer kekuatan belaka. 
Tentu saja semua alasan tersebut sah-sah saja. 
Lha wong itu uang-uangnya sendiri kok. Terlebih lagi di saat ini ada begitu banyak jenis dan model mobil yang memang sangat menggoda. 
Mulai dari yang sangat ekonomis hingga mobil yang bikin kantung menangis. 
Itu mungkin alasan-alasan yang dikemukakan orang Indonesia saat memutuskan membeli sebuah atau bahkan beberapa buah mobil. 
Namun ternyata, untuk kebanyakan orang Amerika, sudah lain lagi alasannya. 

Menurut sebuah laporan survei terbaru di tahun 2016 ini yang dilakukan oleh Neilsen AutoTECHCAST disimpulkan bahwa alasan tingkat pertama kebanyakan orang Amerika membeli mobil adalah fitur keselamatan yang terdapat pada sebuah mobil. 

Menurut hasil survei yang dilakukan, menyebutkan dengan begitu banyaknya variabel dan fitur teknologi otomotif yang semakin semakin beragam, konsumen mobil Amerika Serikat lebih terkait dengan teknologi yang mencerminkan masa depan. 

Menurut laporan Neilsen AutoTECHCAST itu pula menyebutkan bahwa alasan utama mengapa orang suka membeli mobil adalah :
- Karena fitur keselamatan dari sebuah mobil 
- Konektivitas yang tersedia pada mobil 
- Kenyamanan dan keamanan mobil 
- Fitur asisten mengemudi 
- dan yang terakhir barulah alasan efesiensi bahan bakar yang digunakan 

Survey menyebutkan bahwa fitur teknologi keselamatan yang paling mendapat perhatian konsumen mobil Amerika adalah : 
- sistem kamera belakang 
- sistem kecepatan rendah untuk menghindari tabrakan 
- sistem deteksi blind-spot 
- serta sistem pencegahan lainnya yang dapat menunjang dan memperkuat sistem keamanan secara umum. 


Dari beberapa fitur teknologi keselamatan di atas, sistem deteksi blind-spot dan sistem preventif ternyata menjadi alasan utama bagi konsumen Amerika untuk dalam melakukan pembelian sebuah mobil. 
Sebab hasil survey mendapatkan fakta bahwa hingga sebanyak 73 persen konsumen menyukai atau bahkan sangat suka untuk membeli sebuah mobil yang memiliki sistem deteksi blind-spot. 

Sekedar informasi, Sistem deteksi Blind spot atau blind spot monitor adalah sebuah perangkat sensor pada kendaraan (mobil) yang mampu mendeteksi keberadaan kendaraan lainnya, yang terletak pada sisi pengemudi dan belakang. 

Peringatan yang dikeluarkan bisa berupa visual, suara, getaran atau taktil. 
Dalam hal ini, pilihan blind spot monitor dapat mencakup lebih dari pemantauan sisi kendaraan, termasuk "Lintas Traffic Alert," "yang memberitahukan pengemudi mundur dari tempat parkir ketika lalu lintas mendekati dari samping." 

Selain alasan-alasan di atas, satu alasan lainnya yang tidak bisa diabaikan adalah alasan reputasi dari pabrikan pembuat mobil. 

Pada kenyataannya alasan siapa manufaktur mobil masih menjadi salah satu alasan penting mengapa orang “harus” membeli mobil. 

Survey tersebut menunjukkan bahwa ada sekitar 53 persen dari konsumen yang percaya bahwa pabrikan mobil telah melakukan apa yang seharusnya dilakukan untuk menjamin sebuah kendaraan memiliki tingkat keselamatan dari berbagai ancaman di jalanan atau dimanapun. 
Itu artinya, lebih dari setengah responden mengatakan bahwa sebuah kendaraan atau mobil, selain harus aman, juga “harus” berasal dari sebuah industri yang memiliki reputasi yang baik secara umum. 

Karena itulah, hasil survei tersebut dapat memberikan saran, apabila pabrikan mobil terus melakukan edukasi terkait teknologi terbaru guna menyesuaikan karakter mobil dengan setiap personal konsumen, maka diyakini akan dapat memberikan pilihan kompetitif dan membangun loyalitas merek dengan teknologi keselamatan terbaik. 
Sebagaimana dilansir dari laman autonews, Mike VanNieuwkuyk yang menjabat sebagai Wakil Presiden Nielsen Automotive menyatakan : 
"Konsumen mulai melirik soal teknologi mobil tidak seperti yang dibayangkan sebelumnya dan menjadi alasan mereka membeli mobil atau tidak,". 

Nah itulah ternyata alasan orang-orang Amerika saat membeli Mobil. 

Alasan konsumen Amerika tersebut mungkin bisa menjadi hal yang “mengejutkan” jika dibandingkan dengan alasan orang Indonesia di saat mereka membeli sebuah mobil. 

Karena hingga saat ini sepertinya faktor keamanan mobil masih belum merupakan prioritas utama. 
Lihat juga : 

Share this:

Disqus Comments