Mengapa 7 Mobil Konsep Ini Dianggap Keterlaluan Oleh Pengamat Otomotif ? Simak Saja Tampilannya

Mengapa 7 Mobil Konsep Ini Dianggap Keterlaluan Oleh Pengamat Otomotif ? Simak Saja Tampilannya

Industri mobil, meski merupakan segmen industri yang membutuhkan dana yang tidak main-main - hingga trilliunan - namun uniknya para pelaku industri ini terkadang malah terkesan main-main.
Maksudnya, mereka terkadang – bahkan sering kali – menelurkan ide-ide gila yang bahkan tidak pernah terlitas di dalam pikiran yang terliar sekalipun.

Dimana hal ini dapat tercermin dari mobil-mobil konsep hasil kreasi mereka. Para pengamat otomotif bahkan hingga menyebutnya sebagai “keterlaluan”. 

( Padahal istilah “keterlaluan” merupakan trade mark-nya Naruto.
Kalau trade mark Rhoma Irama sih “Terlalu “ )

Yang dinamakan mobil konsep sebenarnya bukan merupakan mobil yang hanya sebatas di angan-angan. Sebaliknya, Kendaran konsep ini adalah konsep 'layak produksi'. 


Pada jaman dulu ketika dunia otomotif belum berkembang “segila” saat ini, mobil konsep sering “hanya” digunakan sebagai upaya untuk memprediksi dan “mengukur” masa depan.
Sedangkan saat ini, para produsen justru suka bermain mobil konsep, entah untuk membuktikan teknik teori yang mereka memiliki, untuk menunggu reaksi dari ide yang diberikan, atau bahkan “hanya sekedar bermain-main” dan bereksperimen pada arah desain kreasi yang bagaikan zat addiktif.
Singkat kata, mobil konsep dapat diibaratkan sebagai satu kesenangan internal dan pemecahan permainan yang diperlihatkan kepada mata publik, untuk memberikan sebuah kebanggaan produk atau menginspirasi desainer muda.

Karena itulah yang dinamakan mobil konsep saat ini, tidak melulu mengacu dan memprediksikan masa depan, tetapi terkadang juga beralih “melongok” ke masa silam.
Maka tak heran, kini muncul mobil-mobil konsep yang – itu tadi – bahkan dianggap oleh pengamat otomotif sebagai keterlaluan.
Seperti apa tampilan mobil-mobil konsep yang dianggap keterlaluan tersebut ? 

Inilah tampilan dari 7 Mobil konsep yang dianggap “keterlaluan” oleh para pengamat otomotif: 


1. BMW Hommage 

BMW Hommage dianggap keterlaluan karena mobil konsep keluaran pabrikan Jerman ini mengusung konsep 'future-past', perpaduan antara masa lalu dan masa depan.
Dimulai dari kreasi paling yang spektakuler M1 Hommage, lalu disusul 328 Hommage, 3.0 CLS Hommage dan paling baru 2002 Hommage.
Gilanya, tidak ada satupun mobil konsep yang keterlaluan ini yang akan diproduksi. Sebab varian ini hanya sebatas untuk bentuk kebanggaan BMW.
Seperti ini tampilannya :

2. BMW GINA 

Yang kedua masih dari BMW, dengan mobil konsep keterlaluan yang disebut BMW GINA. 
Tidak hanya benar-benar “keterlaluan”, BMW GINA juga sangat spektakuler , karena menggunakan bodi cangkang kain membentang yang dikencangkan di bingkai. 
Konon desain ini dimaksudkan untuk memangkas bobot kendaraan dan biaya produksi. 
Namun lagi-lagi, sejauh ini BMW GINA tidak diproduksi, hanya sebatas percobaan.

3. Renault Nepta 

Mobil konsep selanjutnya yang keterlaluan anehnya adalah sebagaimana yang diluncurkan pabrikan Perancis dengan produknya Renault Nepta. 
Betapa tidak keterlaluan jika jika interior kabin mobil ini diperlakukan seperti sebuah rumah fashion mahal yang ada di Paris. 
Renault Nepta memang benar-benar “mobil Perancis” yang mencerminkan kebebasan desainer dalam mengkonsep berbagai tipe kendaraan. ( Sehingga malah sulit untuk dijual di pasaran regular ). 
Tetapi lagi-lagi Renault Nepta tidak pernah masuk di show room alias tidak diproduksi secara masaal. 
Seperti ini tongkrongan aneh dari Renault Nepta : 

4. Toyota Setsuna 

Pabrikan asal Jepang juga tidak mau kalah. Mereka ternyata juga memiliki mobil konsep yang radikalnya keterlaluan, dinamakan Toyota Setsuna. 
Bagaimana tidak keterlaluan radikal, jika keseluruhan body Toyota Setsuna ini terbuat dari kayu. Toyota Setsuna mendapat sorotan penuh terkait dengan ekspos mekanikalnya. 
Dan begini radikalnya Toyota Setsuna 

5. Toyota Kikai 

Selanjutnya masih juga dari Toyota dengan Toyota Kikai-nya. 
 Jepang memang terkenal karena keberaniannya melakukan eksperimen teknologi, yang bahkan tidak takut untuk “mengacaukan” sejarah. 
Sehingga tidak perlu banyak komentar lagi, bisa dilihat sendiri betapa keterlaluan “kacaunya” Toyota Kikai ini. 

6. Lexus “Ice Tyres” 

Merk mobil premium Jepang ini juga tidak kalah keterlaluannya. 
Coba bayangkan saja, jika sebuah mobil – sesuai namanya – menggunakan “ empat ban es”. 
Setelah melewati 3 bulan penelitian dan perencanaan struktur es, maka mobil Lexus NX Crossovers yang ditopang oleh “ empat ban es” yang dikenakan proses pembekuan tinggi akhirnya meluncur di jalanan London. 


Lihat juga : 
Coba simak betapa keterlaluannya 4 ban es dari mobil Lexus NX Crossovers ini. 

7. Mobil-mobil konsep keterlaluan lainnya 


Selain yang disebut di atas sebenarnya masih ada lagi mobil-mobil konsep terkenal di dunia yang memiliki desain dan tampilan yang begitu keterlaluan. 
Audi melakukannya pada mobil konsep Quattro Road Car, lalu ada Peugeot Exalt demikian halnya pabrikan Citroen juga pernah melakukannya pada produk denan desain avant-garde yang berjaya di tahun 60-an. 

Nah itulah tampilan dari mobil-mobil konsep yang bahkan oleh para pengamat Otomotif dianggap memiliki desain yang sangat “Keterlaluan”. 

Lihat juga mobil yang dahsyat ini :

Share this:

Disqus Comments