Ingin Lulus Kuliah Langsung Dapat Kerja ? Ini Daftar Perguruan Tinggi Yang Begitu Lulus Langsung Bekerja Menjadi Pegawai Negeri

Ingin Lulus Kuliah Langsung Dapat Kerja ? Ini Daftar Perguruan Tinggi Yang Begitu Lulus Langsung Bekerja Menjadi Pegawai Negeri

Ketika jumlah tenaga bekerja bertambah secara pesat, yang di satu sisi tidak diimbangi dengan ketersediaan lapangan tenaga kerja yang memadai maka untuk mencari dan mendapatkan sebuah pekerjaan bukanlah merupakan satu “pekerjaan” yang mudah 

( Nah lho..baru cari kerja saja sudah merupakan pekerjaan ). 
Bahkan bagi seorang lulusan universitas sekalipun. 

Jika jaman dulu lulusan Universitas sangat dihargai, sehingga cukup mudah untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus, tetapi tidak untuk sekarang ini. 
Catatan data menunjukkan bahwa cukup banyak sarjana ( S1 ) yang malah menganggur setelah lulus kuliah. Apalagi yang setingkat D3, atau setingkat SLTA. Malah jauh lebih banyak lagi. 
Karena itulah, perguruan tinggi – baik itu sekolah tinggi, akademi atau institut – yang siswanya bisa langsung bekerja begitu lulus kuliah, biasanya menjadi favorit dan buruan para siswa. 

Hanya saja, harus berhati-hati dalam hal ini. Sebab saat ini cukup banyak perguruan tinggi yang mengklaim bahwa “ lulus langsung kerja”, namun faktanya siswa (lulusan) itu sendirilah yang mencari-cari kerja sendiri. Bukan “disalurkan secara langsung” dari perguruan tinggi tersebut alias benar-benar “dijamin” pasti dapat kerja begitu lulus. 
Karena itu jika mendapati ada perguruan tinggi atau universitas yang berani mengklaim “lulus kuliah langsung dapat kerja”dalam promosinya, jangan buru-buru termakan dan kepincut dengan hal ini. 

Pada dasarnya, perguruan tinggi yang benar-benar bisa menjamin lulusannya bisa langsung mendapatkan pekerjaan begitu lulus kuliah adalah perguruan tinggi- perguruan tinggi yang operasionalnya dilakukan oleh pemerintah atau perguruan tinggi ikatan dinas. 
Khususnya yang bernaung di bawah Kementerian Republik Indonesia. 

Nah bagi para siswa yang ingin begitu lulus Kuliah langsung dapat kerja, berikut ini adalah daftar Perguruan Tinggi – baik itu Sekolah Tinggi, Akademi dan Institut - yang begitu lulus dapat langsung bekerja. 

Dan tidak hanya bekerja ala kadarnya, melainkan langsung bekerja sebagai Pegawai Negeri alias PNS. Enak bukan….? 


Dan sebagaimana disebut di atas, kesemua Sekolah Tinggi, Akademi dan Institut berikut ini bernaung di bawah Kementerian Republik Indonesia. 

 1. Institut Pemerintahan Dalam Negeri ( IPDN ) 

Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau IPDN yang sering juga disebut sebagai “Sekolah Camat” ini di bawah Kementerian Dalam Negeri RI. Pendaftaran secara online dapat dilakukan dengan langsung membuka situs resmi IPDN. Lokasi kuliah utama di Jatinangor Jawa Barat. 

2. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS ) 

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS ) bernaung di bawah Badan Pusat Statistik. Lokasi kuliah utama di Jakarta. Situs resminyawww.stis.ac.id 

3. Akademi Ilmu Permasyarakatan (AKIP ) 

Akademi Ilmu Permasyarakatan (AKIP ) berada di bawah naungan Kementerian Hukum dan HAM. Lokasi kuliah utama di Depok. Situs resminya www.depkumham.go.id atau www.ecpns-kemenkumham.go.id 

4. Akademi Minyak dan Gas Bumi ( AKAMIGAS-STEM ) 

Akademi Minyak dan Gas Bumi atau AKAMIGAS-STEM berada di bawah naungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI. Lokasi kuliah utama di Cepu, Jawa Tengah ( yang berupa kawasan Rig dan pengeboran minyak). Situs resminya di www.akamigas-stem.esdm.go.id 

5. Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional ( STPN ) 

Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional atua STPN berada di bawah naungan Badan Pertanahan Nasional RI. Lokasi kuliah utama di Yogyakarta. Situs resminya di www.stpn.ac.id 

6. Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial ( STKS ) 

Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial atau STKS berada di bawah naungan Kementerian Sosial RI. Situs resminya di www.stks.ac.id 

7. Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil ( STTT ) 

Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil ( STTT ) di bawah naungan Kementerian Perindustrian RI bekerja sama dengan Pemerintah Jerman. Lokasi kuliah utama di Bandung. Situs resminya di www.stttekstil.ac.id 

8. Sekolah Tinggi Multi Media Training Center ( MMTC ) 

Sekolah Tinggi Multi Media Training Center atau MMTC berada di bawah naungan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kominfo). Lokasi kuliah utama di Yogyakarta. Situs resminya di www.mmtc.ac.id ). 

9. Sekolah Tinggi Sandi Negara ( STSN ) 

Sekolah Tinggi Sandi Negara atau STSN ini berada di bawah naungan Lembaga Sandi Negara. Lokasi kuliah utama di Bogor. Situs resminya di www.stsn-nci.ac.id 

Nah dari sekian banyak sekolah tinggi ikatan dinas yang diselenggarakan oleh pemerintah, sekurangnya itulah daftar Perguruan Tinggi yang begitu lulus langsung bekerja menjadi Pegawai Negeri ( PNS ). 

Bagi siswa / lulusan SLTA sederajat yang ingin langsung mendapatkan pekerjaan begitu lulus kuliah, cobalah mendaftar di perguruan tinggi tersebut. 
Namun untuk bisa diterima sebagai siswa di perguruan tinggi yang bisa menjamin lulusannya langsung mendapat pekerjaan tersebut tentu saja bukan merupakan perkara yang mudah. 
Harus bersaing ketat dengan siswa / lulusan dari seluruh Indonesia. 

Karena itu dari sekarang mulai persiapkan diri anda. Tidak hanya dalam hal nilai pelajaran sekolah atau bidang akademik namun juga dalam hal fisik atau kesehatan. 
Namun jika berhasil lolos dan diterima, maka segala jerih payah yang telah dilakukan akan langsung terbayar dengan lunas. 

Sebab karena merupakan program pendidikan ikatan dinas dari pemerintah, maka selain kuliahnya gratis – malah mendapatkan uang saku – dan begitu lulus akan langsung diangkat menjadi PNS atau pegawai negeri. 

Sedikit tips : 
Agar dapat bersaing dengan para pendaftar lainnya sangat disarankan untuk banyak-banyak berlatih dalam soal-soal ujian penerimaan masuknya. 
Salah satunya seperti soal-soal di bawah ini : 

Share this:

Disqus Comments