Ingin Jadi Orang Sukes ? Pelajari Apa Yang Dilakukan Pengusaha Tersukses Di Dunia Sebelum Tidur

Ingin Jadi Orang Sukes ? Pelajari Apa Yang Dilakukan Pengusaha Tersukses Di Dunia Sebelum Tidur

Arti dan definisi “sukses” bisa jadi berbeda-beda bagi setiap orang. Namun di dunia saat ini yang lebih mengutamakan kebendaan, yang dikatakan sebagai “orang sukses” secara umum adalah orang yang berhasil mendapatkan pencapaian yang tinggi dalam hal materi dan keduniawian. 
Harta yang berlimpah, penghormatan, jabatan tinggi, dan sejenisnya. 
Dan orang yang masih “mengaku waras”, sepertinya hampir semuanya ingin menjadi “orang sukses” seperti ini. 

Lalu bagaimana kunci dan cara menjadi orang sukses ? 

Semua orang sepertinya sepakat, untuk bisa menjadi orang yang sukses harus bekerja dengan keras ( work hard ) dan disiplin. 
Dan kini ketika orang-orang semakin pintar, kedua “bekal” di atas dianggap tidak lagi mencukupi. Sehingga kemudian muncullah istilah work smart, bekerja dengan cerdas. 
Namun kunci untuk menjadi orang sukses sebenarnya tidak hanya melulu hal itu saja. 

Berkaca kepada orang-orang yang dikenal sebagai pengusaha paling sukses di dunia, disamping bekerja keras dan bekerja cerdas, mereka juga mengimbangi dan menyeimbangkannya dengan hal-hal yang secara umum terkadang dianggap sebagai hal yang kurang berguna. 
Para pengusaha sukses kelas dunia bahkan malah berupaya untuk meluangkan waktu untuk “menyantaikan diri” ( kalau bahasa Jawa mungkin “leyeh-leyeh” ) di sela-sela kegiatan super sibuknya. 
Bahkan di saat mereka hendak berangkat tidur. 

Lalu, apa saja yang dilakukan oleh para pengusaha tersukses di dunia – macam Bill Gates atau Ariana Huffington – sesaat menjelang tidur ? 

1. Bill Gates : Membaca buku 


Dikenal sebagai pengusaha dan miliarder kelas dunia Bill Gates ternyata kecanduan. 
Namun jangan salah dan berasumsi yang tidak-tidak, sebab yang membuat Bill Gates kecanduan adalah membaca buku. 
Karena itu hampir setiap malam menjelang tidur, Bill Gates selalu meluangkan waktu setidaknya selama satu jam untuk membaca buku. Dan yang dibaca buku apa saja. 
Selain bermanfaaat untuk menambah pengetahuan dan kemampuan ingatan, berdasarkan Studi University Essex, membaca selama 6 menit per hari ternyata malah dapat mengurangi tingkat stres sampai 68 persen. Dengan membaca buku di malam hari dapat meningkatkan kesehatan otak dalam jangka panjang. 

2. Kenneth Chenault : Menyusun rencana kegiatan esok hari 

Kenneth Chenault adalah CEO American Express. Jika Bill Gates membaca, maka Kenneth Chenault menjelang tidur selalu membuat agenda kegiatan dengan menuliskan 3 hal yang ingin dilakukannya di keesekon harinya. 
Dari hasil penelitian, kebiasaan menyusun agenda di malam hari sangat membantu untuk membangun karir dalam jangka panjang. 
Sebab kemampuan dalam tata kelola waktu merupakan salah satu kunci untuk menjadi sukses. 

3. Arianna Huffington : Mematikan semua gadget 

Beda dengan kebiasaan orang-orang saat ini yang suka “ngeloni” gadget saat tidur, Arianna Huffington justru mematikan semua gadgetnya sesaat menjelang tidur. 
Arianna Huffington selalu meletakkan gadetnya di ruangan lain, agar tidurnya tidak terganggu. 
Hal ini menjadi penting sebab berdasar hasil Penelitian Charles Czeisler dari Harvard University, adanya gangguan ritme tidur ( karena gadget salah satunya ) menjadikan tubuh lelah dan merasa tidak sehat. 

4. Oprah Winfrey : Melakukan Meditasi 

Untuk membebaskan diri dari ketertekanan jadwal yang begitu padat, sebelum beranjak tidur Oprah Winfrey memilih melakukan meditasi. 
Dengan meditasi dapat menemukan keheningan yang dapat membantunya melepas kelelahan, mengurangi stres, perasaan cemas berlebihan, dan depresi. 

5. Joel Gascoigne : berjalan-jalan 

Sedangkan apa yang dilakukan Joel Gascoigne yang merupakan CEO Buffer Joel Gascoigne mungkin terlihat aneh bagi sebagian orang. Sebab pengusaha sukses ini malah selalu berjalan-jalan sebentar menjelang tidur. Dengan berjalan-jalan Gascoine ternyata bisa menenangkan pikirannya dari pekerjaan. 
Memang ada sebuah studi yang menyatakan, berjalan dapat meningkatkan kreativitas Anda. 

Nah itulah kebiasaan-kebiasan yang dilakukan beberapa pengusaha tersukses di dunia ini saat menjelang tidur. 

Lalu kebiasaan apa yang anda lakukan menjelang tidur ? 
Kerja keras, kerja cerdas dan disiplin memang seringkali disebut-sebut sebagai kunci sukses yang utama. Namun beberapa kebiasaan sederhana ternyata juga bisa berperan membantu mencapai kesuksesan besar. 
Yang ini tentang kiat sukses yang "aneh" :

Share this:

Disqus Comments