Contoh Desain dan Cara Membuat Mesin Pencacah Gelas Plastik Bekas

Contoh Desain dan Cara Membuat Mesin Pencacah Gelas Plastik Bekas

Dengan segala kemudahan, fleksibilitasnya dan harganya, plastik dan atau bahan-bahan yang terbuat dari turunan plastik menjadi material yang paling disukai dan paling banyak digunakan. Hampir semua aspek kehidupan, mulai dari industri hingga kebutuhan rumah tangga, saat ini telah menggunakan material berbahan plastik. 
Lihat juga : 
Namun masalah utama dari penggunaan material berbahan plastik adalah dalam hal peruraian alamiahnya. Plastik merupakan bahan non degradable yang tidak dapat diurai dengan mudah sebagaimana bahan organik lainnya. 
Untuk menguraikan material berbahan plastik dibutuhkan waktu yang amat sangat lama. Hal ini yang kemudian menjadikan plastik dianggap sebagai bahan yang mengotori – yang tidak ramah bahkan mencemari – lingkungan. 

Karena itu tindakan pengelolaan yang sangat disarankan untuk mengatasi masalah plastik, salah satunya adalah dengan melakukan proses daur ulang plastik. 

Plastik-plastik bekas yang telah tidak digunakan dan seharusnya dibuang ke lingkungan, diolah kembali sedemikian rupa dan dicampur dengan biji plastik murni dijadikan material plastik yang baru. 
Tindakan ini tentu saja tidak sepenuhnya dapat mengatasi masalah “pencemaran plastik”. 
Namun sekurangnya dapat menekan dan mengurangi plastik bekas yang tidak digunakan yang seharusnya dibuang dan bisa mencemari lingkungan. 

Di sisi ekonomi, daur ulang limbah plastik bekas ternyata bisa membuka dan memberi lapangan kerja yang sangat menjanjikan. 
Limbah plastik bekas yang telah diolah secara baik dan benar kini memiliki harga jual yang cukup tinggi, sesuai jenisnya. 
Hal ini pulalah yang kemudian memacu munculnya begitu banyak usaha untuk mendaur ulang limbah plastik bekas, mulai dari proses pemulungan, pengepulan, pencacahan hingga pemprosesan kembali di berbagai tempat. 

Salah satu jenis limbah plastik yang cukup banyak disukai karena harga jualnya yang cukup tinggi adalah limbah gelas plastik bekas. 

Gelas plastik bekas biasanya merupakan limbah sisa minuman dalam kemasan berukuran kecil atau sekali minum. Dan karena saat ini ada begitu banyak produsen yang membuat produk minuman dalam kemasan dalam ukuran ini, maka limbah gelas plastik bekas bisa dapat dengan mudah ditemukan. 

Masalah yang dihaadapi oleh para pengepul dan atau pengolah awal limbah gelas plastik bekas adalah ketentuan akan dimensi atau ukuran. 
Para pelaku industri besar atau pabrikan biasanya lebih menyukai gelas plastik bekas dalam ukuran kecil tertentu. Meski ada juga industri atau pabrikan yang mau menerima limbah gelas plastik utuhan. 
Karena itulah pengepul atau pengolah awal harus menghancurkan – tepatnya mencacah - gelas plastik bekas menjadi ukuran-ukuran yang ditentukan. Yang mana hal ini tentu saja akan menjadi sangat merepotkan jika dilakukan secara manual. 
Solusinya adalah dengan mencacah gelas plastik menggunakan alat atau mesin pencacah plastik. 

Masalah yang sering dihadapi oleh pelaku industri skala rumah tangga atau industri kecil adalah, harga dari mesin pencacah plastik masih relatif mahal. 

Untuk mengatasi mahalnya harga mesin pencacah plastik, salah satunya adalah dengan membuat mesin pencacah plastik sendiri. 

Dan berikut adalah salah satu contoh desain konstruksi Alat Pencacah Limbah gelas plastik kemasan yang dapat dibuat sendiri . 



- Desain alat pencacah plastik ini didesain dengan cukup sederhana, namun tetap mempertimbangkan segi efisiensi baik dari segi fungsi, penempatan, dan biaya. 

- Motor yang digunakan adalah motor listrik dengan daya 0,15 Hp dan putaran 400 rpm 

- Lebar pulley penggerak dan pulley yang digerakkan 20 mm, - Diameter luar pulley yang penggerak 75 mm dan diameter yang digerakkan 50 mm 

- Belt yang dipakai adalah Type A seri 80734. Dengan panjang belt 710 mm dan umur belt diperkirakan sekitar 56 jam kerja 

- Diameter poros 10 mm dan panjang 366 mm - Dari hasil pengujian didapatkan kapasitas sebesar 0,0029 kg/menit 

- Pada mesin pemotong gelas plastik ini digunakan 1 motor DC 20 v dengan kecepatan 400 rpm yang dihubungkan pada V-belt dan pulley agar menghasilkan putaran 600 rpm untuk menggerakan pisau. 

- Gelas plastik yang di masukkan kedalam corong akan terpotong karena adanya gerak potong pisau. 

- Plastik yang telah terpotong akan jatuh kedalam wadah yang berada dibawah pisau 

- Pada mesin pemotong gelas plastik kemasan ini, gaya potong yang dihasilkan kurang lebih sebesar 2,2 kgf 

- Daya yang diperoleh 0,15 HP - Poros memiliki diameter 8,9 mm terbuat dari bahan AISI 1040. Dalam aplikasinya untuk memudahkan mendapatkan barang bisa digunakan diameter 10 mm. 

- Jenis bantalan atau bearing yang dipergunakan adalah ball bearing yang diperkirakan akan memiliki masa pakai selama 2878397,5 jam kerja 

- Kapasitas olah rata-rata yang dihasilkan sebesar 0,0029 kg/menit atau 0,174 kg/jam 

Mesin pencacah gelas plastik bekas di atas merupakan salah satu jenis mesin pencacah gelas plastik bekas dari sekian banyak tipe mesin yang bisa digunakan. 

Untuk penggunaan di lapangan, desain mesin pencacah gelas plastik diatas bisa disesuaikan atau dikembangkan sesuai kebutuhan. 
Namun yang jelas bahan-bahan yang dibutuhkan cukup mudah ditemukan, selain cukup murah. 
Untuk harga mesin penghancur plastik, silahkan lihat yang ini :

Share this:

Disqus Comments