Bahaya, Kalau Sampai Tidak Tahu Kunci T Yang Sering Digunakan Pencuri Sepeda Motor

Bahaya, Kalau Sampai Tidak Tahu Kunci T Yang Sering Digunakan Pencuri Sepeda Motor

Bagi anda yang bergelut di bidang teknik – khususnya teknik Mesin, atau yang sekedar hobi otak-atik kendaraan bermotor atau mobil – pastinya tidak akan pernah lepas dari yang namanya “kunci”.
Meski dinamakan kunci, namun disini bentuknya tidak sama seperti kunci-kunci yang digunakan pada pintu atau almari.
Di bidang teknik, yang disebut kunci adalah seperangkat peralatan yang digunakan untuk mempermudah dan mempercepat dalam melakukan pekerjaan.
Dimana nama dan bentuknya beraneka macam.
Ada kunci pas, kunci kombinasi, kunci ring, kunci Inggris, dan sebagainya. Dan yang tidak ketinggalan tentu saja adalah kunci T.
Kunci T pada dasarnya sama dengan kunci-kunci ( teknik ) lainnya. Berfungsi untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan.

Kunci T menjadi sangat terkenal dikarenakan kunci jenis inilah yang paling sering digunakan ( disalah gunakan ) oleh para pencuri kendaraan – sepeda motor terutama.

● Apa iu kunci T ?

Sesuai namanya, kunci T adalah kunci yang berbentuk seperti huruf “T”.
Kunci T atau disebut juga dengan shock T handle, merupakan salah satu jenis peralatan yang dipergunakan untuk memudahkan dalam membongkar-pasang baut.
Kunci T kadang juga disebut kunci shock T karena mata kuncinya yang mampu masuk dan menutup seluruh area baut.
Sehingga baut seolah “tersambung” dengan mata kunci.
Bagian kunci yang horizontal dipergunakan sebagai pegangan. Sedangkan pada bagian vertical, persis pada ujungnya terdapat “mata kunci” tergantung ukurannya.

● Fungsi dan kegunaan kunci T

Kunci T sangat berguna untuk membuka dan atau mengendurkan baut dengan arah vertical, terutama pada lokasi yang sangat sempit.
Dengan menggunakan kunci T maka dapat menekan risiko terjadinya baut slek atau rusak, karena bentuk dan konfigurasinya lebih mampu menutup seluruh kepala baut.
Karena aspek ergonomis inilah yang menjadikan kunci T sebagai “hand tools” atau peralatan tangan yang begitu penting – bahkan termasuk salah satu peralatan standar di jaringan bengkel-bengkel resmi.
Kunci T bahkan merupakan salah satu special tools pada bengkel-bengkel resmi dan juga sejumlah pabrikan mobil.

● Jenis-jenis kunci T

Meski secara mendasar memiliki bentuk yang sama ( huruf T ) namun sebenarnya masing-masing kunci T memiliki fungsi yang agak berbeda. Hal ini terkadang yang kurang diperhatikan oleh para penggunanya.
Secara sepintas dapat dilihat, ada kunci T yang ( gagangnya ) panjang, namun juga ada yang pendek.
Karena itu Kunci T yang digunakan untuk keperluan pada mobil bisa berbeda dengan kunci T yang digunakan untuk keperluan sepeda motor.
Umumnya, Kunci T yang digunakan untuk mobil, memiliki penampang atau join yang dapat diputar dan memiliki ujung yang dapat disambung sehingga menjadi lebih panjang.
Dengan demikian dapat lebih mudah untuk menjangkau area-area pada bagian mobil yang memang sempit.


Lihat juga :

● Beberapa ukuran kunci T

Berapa saja ukuran dari kunci T ?
Ukuran kunci T tentu saja sangat tergantung dari kebutuhan. Namun secara umum, ukuran kunci T yang paling banyak beredar dan paling umum digunakan adalah kunci T ukuran mulai dari 8 mm, 9 mm, 10 mm, 11 mm, 12 mm, 13 mm, 14 mm, 17 mm dan 19 mm.
Dan dari ukuran tersebut ukuran yang paling-paling sering digunakan adalah kunci T ukuran 8 mm, 10 mm, 12 mm dan 14 mm.

● Bahan dan harga kunci T

Namun yang juga perlu diketahui, di pasaran saat ini ada berbagai macam bahan yang digunakan dalam pembuatan kunci T. Terutama sekali yang membedakan adalah material pelapis finishingnya.
Material inilah yang kemudian menentukan kualitas dan harga dari sebuah kunci T.
Saat ini di pasaran ( umum ) setidaknya ada 5 jenis bahan lapisan yang digunakan sebagai finishing pada sebuah kunci T , yaitu :
1. Kunci T chrome plated
2. Kunci T Satin finish
3. Kunci T Nickel satin finish
4. Kunci T polish finish with black side
5. Dan kunci T black finish.

Dari kelima bahan tersebut, yang dianggap memiliki kualitas paling terbaik adalah kunci T chrome plated dan satin finish. Namun tentu saja harganya juga lebih mahal.
Tergantung dari bahan dan ukurannya, sebuah kunci T memiliki harga berkisar antara Rp 35.000 hingga Rp 60.000.

● Kunci T yang digunakan oleh para pencuri kendaraan bermotor

Lalu bagaimana dengan kunci T yang sering digunakan oleh para pencuri kendaraan ?
Dilihat dari bentuknya, kunci T yang digunakan oleh para pencuri kendaraan bermotor pada dasarnya sama. Yang mereka butuhkan adalah sebuah peralatan ( mencuri ) yang ringkas, mudah digunakan namun kuat.
Dan kunci T menjadi pilihannya, karena memenuhi kriteria tersebut.

Hanya saja kunci T yang digunakan oleh para pencuri kendaraan telah dilakukan sedikit modifikasi pada ujung mata kuncinya.
Mata kunci terkadang dipotong lalu diganti dengan logam lain yang memiliki bentuk seperti kunci kontak kendaraan.
Terkadang pula, kunci T dibiarkan apa adanya, namun di-shock ( disambung ) dengan logam lainnya yang telah dibentuk sesuai bentuk kunci kontak.
Karena dengan kepraktisan, kemudahan dan kekuatannya kunci T ini oleh para pencuri kendaraan dapat dengan mudah digunakan untuk membobol kunci sepeda motor.

Itulah beberapa informasi penting terkait kunci T – kunci favorit para pencuri kendaraan bermotor – yang “wajib” anda ketahui.

Dan mengingat maraknya Curanmor ( pencurian kendaraan bermotor ) dengan menyalah gunakan kunci T ini, maka alangkah baiknya jika berhati-hati ketika meninggalkan sepeda motor anda. Terutama jika tempatnya tidak terawasi dengan baik dan dalam waktu yang cukup lama.
Karena itu penggunaan kunci pengaman tambahan sangat disarankan.
Yang wajib juga diketahui tentang kunci :

Share this:

Disqus Comments