-->

Trik Ampuh Menggunakan Google Search Untuk Melakukan Pencarian Secara Efektif Dan Super Cepat

Dengan beberapa trik tertentu anda bisa menggunakan Google untuk melakukan pencarian terhadap apa yang anda kehendaki secara efektif dan super cepat. 

Anda mungkin menyangkal dengan mengatakan, “apa sih sulitnya menggunakan Google? ketikkan saja sebuah atau beberapa kata, maka dalam sekejab akan tampil ribuan informasi. 
Tinggal mencari dan memilih informasi yang dikehendaki” 

Memang benar, tidak bisa dibantah menggunakan mesin pencari Google memang mudah, bahkan sangat mudah, semudah membalikkan telapak tangan. 
Bahkan lebih mudah, tingggal ngomong saja, semua data dan informasi telah tersedia. 

Namun pertanyaannya adalah, apakah cara pencarian yang selama ini anda gunakan telah tepat guna dan tepat sasaran ? 
Apakah semua informasi yang telah tersaji memang telah benar-benar sesuai dengan yang anda kehendaki ? Ataukah anda harus memilah dan memilihnya lagi ? 
Lalu pikirkan, berapa lama waktu yang anda habiskan untuk melakukan ini, dan berapa besar paket data yang itu berarti pulsa ( jika pakai pulsa ) yang anda sedot setiap hari ? 

Sedangkan jika anda tahu bagaimana cara menggunakan mesin pencari Google secara “tepat” maka anda bisa menghemat dan memangkas semua hal yang disebut di atas tadi. 
Dengan melakukan cara pencarian yang efektif maka anda dapat memanfaatkan mbah Google untuk memenuhi kebutuhan anda – entah itu berupa artikel, referensi ilmiah, karya tulis, hingga buku - secara tepat guna dan tepat sasasaran. 
Dengan teknik yang efektif maka anda tidak harus berganti-ganti keyword untuk mencari-cari. 

Karena itu, mestinya tidak ada ruginya jika anda mengetahui bagaimana cara yang paling ampuh untuk menggunakan Google untuk melakukan pencarian yang dikehendaki secara ampuh dan super cepat seperti yang akan diurai di bawah ini : 

1. Mencari definisi kata secara efektif 

Suatu saat anda mungkin menginginkan untuk mengetahui definisi sebuah kata tertentu. 
Untuk mencari definisi sebuah kata tertentu secara cepat dan efektif cobalah gunakan awalan “define” di depan definisi kata yang dimaksud. 
Misalnya untuk mencari definisi dari kata “asuransi” maka ketikkan saja : define asuransi. 

2. Mendapatkan hasil pencarian yang benar-benar sesuai dengan meggunakan dua kata kunci dan tanda kutip 

Seperti diketahui, Google akan melacak dan menampilkan semua hal yang terkait dengan satu, sebagian atau keseluruhan kata kunci yang diketiikan dalam kotak pencarian. Sehingga hasil pencarian bisa menjadi sangat luas atau bias. 
Namun dengan menggunakan dua buah kata kunci di dalam tanda kutip maka anda bisa mendapatkan hasil yang benar-benar spesifik, sesuai dengan apa yang anda inginkan. 
Sebagai contoh jika anda berniat mencari kata “asuransi kesehatan”, maka Google akan benar-benar menampilkan hasil pencarian yang mengandung kedua kata tersebut. 
Bukannya menampilkan hasil yang mengandung kata “asuransi ” dan kata “kesehatan”. 

3. Melakukan pengecualian pencarian dengan menggunakan Tanda Dashed (-) 

Sebagai contoh, ketika ingin melakukan pencarian di Google untuk semua asuransi kesehatan, kecuali Manulife ( misalnya ), maka untuk bisa mendapatkan hasil pencarian tanpa harus melakukan seleksi ulang, maka anda bisa menggunakan tanda dashed ( - ) 
Anda bisa mengetikkan keyword pencarian seperti ini : asuransi kesehatan - Manulife 
Maka hasil pencarian Google akan menampilkan tentang asuransi kesehatan yang tidak mengandung kata Manulife di dalamnya. 

4. Mendapatkan hasil pencarian yang relevan dengan kata kunci yang diketikkan dengan menggunakan Tanda Tilde (~) 

Tanda Tilde atau Tanda bergelombang dapat anda gunakan untuk mencari kata kunci atau keyword lain yang masih berhubungan dengan kata kunci yang diketikkan pada kotak pencarian. 
Misalnya, jika anda mengetikkan kata ~asuransi “kesehatan”, maka hasil pencarian Google akan menampilkan semua kata yang relevan dengan kata asuransi, yang kemudian diikuti dengan hasil pencarian kata kunci “kesehatan”. 

5. Mencari informasi pada rentang waktu tertentu dengan menggunakan Tanda Dua Titik (..) 

Misalnya jika ingin mendapatkan hasil informasi tentang asuransi kesehatan terbaik pada rentang waktu tertentu, maka anda dapat mengetikkan sebagai berikut “asuransi kesehatan terbaik” 2014..2016. Google akan menampilkan hasil pencarian kata kunci “asuransi kesehatan terbaik ” yang berada pada tahun 2014 sampai 2016. 

6. Mendapatkan hasil pencarian yang lebih luas dan lebih populer dengan menggunakan Tanda Star (*) 

Ketika anda mengetikkan tanda star (*) pada kata kunci, misalnya *asuransi kesehatan, maka Google akan menampilkan hasil lain yang lebih luas dan lebih populer yang masih terkait dengan kata kunci yang dimaksud. 
Hasilnya bisa menjadi asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kecelakaan dan sejenisnya. 

7. Mencari beberapa kata kunci sekaligus 

Untuk dapat mencari beberapa kata kunci sekaligus, maka dapat digunakan tanda pipe (|) yang memisahkan maisng-masing kata kunci yang dicari. 
Misal dengan mengetikkan kata kunci : asuransi|jaminan|bank maka Google akan menampilkan hasil pencariannya yang mengandung kata-kata asuransi, jaminan, bank atau pun yang mengandung ketiga kata tersebut. 

8. Memasukkan tipe File untuk bisa mendapatkan informasi yang langsung diunduh 

Misalnya anda ingin suatu informasi berformat pdf yang bisa langsung diunduh. 
Maka agar hasil pencarian efektif ketikkan saja kata kunci beserta tipenya, misal “Asuransi pdf” maka Google akan menampilkan hasil yang berbentuk file PDF yang dapat langsung diunduh. 

9. Menggunakan nama pengarang ( Author) untuk mencari buku 

Sedangkan cara yang paling efektif untuk mencari buku, terutama di Google Book adalah dengan mengetikkan nama pengarang ( author ) nya. 
Misalnya dengan mengetikkan Mirina Siani asuransi, maka hasil pencarian akan menampilkan buku yang dikarang oleh Mirina Siani dengan tema asuransi. 

Nah itu lah cara-cara yang paling ampuh dalam menggunakan mesin pencari Google untuk melakukan pencarian yang dikehendaki secara efektif dan cepat. 

Coba saja salah satu cara di atas, lalu bandingkan hasilnya dengan cara yang biasa anda gunakan selama ini. Jauh lebih efektif bukan ? 
Trik lain untuk menggunakan Google :

You may like these posts