AYO BERHEMAT ! Buat Lampu Sepeda Motor Yang Redup Jadi Lebih Terang Dengan Booster Lampu Buatan Sendiri

AYO BERHEMAT ! Buat Lampu Sepeda Motor Yang Redup Jadi Lebih Terang Dengan Booster Lampu Buatan Sendiri

Sekarang ini, lampu sepeda motor merupakan peralatan yang paling vital bagi sebuah sepeda motor. Yang dimaksud dalam hal ini adalah lampu utama atau lampu depan. 

Saat malam hari, lampu harus ada dan dinyalakan, agar dapat berkendara secara aman dan nyaman. Jika sampai nekat bersepeda motor di malam hari tanpa lampu, pastinya akan nabrak-nabrak dan sangat rawan terjadi kecelakaan. 
Sebaliknya pada siang hari, lampu utama tetap harus dinyalakan. Sebab peraturan lalu lintas memang mengharuskan demikian. Dan jika nekat tidak menyalakan lampu utama di siang hari, pastinya akan ketahuan jika sampai ketahuan pak polisi. 

Dengan waktu pemakaian yang non stop, terus menerus seperti ini, tentu akan memberi dampak tidak baik pada lampu. 
Masa pakai lampu akan berkurang. Karena lampu relatif lebih cepat rusak disebabkan panas yang terus menerus dan berlebihan. 
Dampak yang paling ringan, cahaya lampu akan jauh berkurang. 
Lampu akan terlihat redup saat dinyalakan. 
Kondisi lampu yang “kriyip-kriyip” redup seperti tentu saja sangat tidak mengenakkan dan juga membahayakan untuk berkendara di malam hari. 

Cara yang paling mudah dan cepat untuk mengatasi masalah ini tentu saja dengan langsung membeli dan menggantinya dengan lampu yang baru. Terlebih lagi, di pasaran sudah ada begitu banyak jenis lampu yang memiliki kekuatan cahaya yang sangat tinggi dan sangat terang. Lampu jenis HD misalnya. 
Hanya saja, sesuai pepatah “jer basuki mawa bea”. 
Jika mau mendapatkan sesuatu yang baik tentu harus mengeluarkan biaya. 

Bagi yang sudah bekerja – apalagi kerjanya kantoran dengan gaji yang tinggi – membeli sebuah lampu HD untuk sepeda motor sih bukan merupakan masalah besar. 
Tinggal coret tanda tangan dan rogoh kantong saat gajian. 
Tapi bagi yang masih pelajar dan mahasiswa tentu lain lagi ceritanya. Karena segala sesuatunya masih ditanggung orang tua, maka harus pintar-pintar berhemat. 
Lihat juga :

Termasuk dalam urusan lampu sepeda motor yang redup dan tidak bisa terang ini. 

Sebab pada dasarnya untuk menjadikan lampu sepeda motor yang telah redup untuk kembali terang sebenarnya tidak susah dan murah. 



Biaya yang dibutuhkan paling pada kisaran puluhan ribu rupiah saja. Karena itu jika suatu saat kebetulan mengalami masalah seperti ini, cobalah berhemat. 
Caranya bukan hanya dengan memperbaiki lampu motor yang redup tersebut. 
Tetapi gunakan cara menjadikan lampu sepeda motor yang redup menjadi lebih terang seperti yang di bawah ini : 

● Prinsip dasar dari metode ini adalah dengan cara memperkuat cahaya lampu menggunakan booster lampu atau alat penguat cahaya lampu.

Tapi jangan khawatir, meski dinamakan “alat penguat” yang dimaksud dalam cara ini tidak lebih dari rangkaian beberapa komponen belaka, yang harganya sangat murah. 

● Jadi langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat booster lampu sendiri. 

Dan jangan khawatir lagi, siapapun bisa membuat sendiri alat penguat cahaya lampu ( atau lamp booster ) ini meskipun tidak memiliki basic atau punya keahlian apapun dalam bidang elektronika. Karena itu segera persiapkan bahan-bahannya. 

● Dan berikut bahan-bahan untuk membuat alat penguat cahaya lampu atau booster lampu yang diperlukan. 

- Kabel secukupnya, panjangnya paling tidak lebih dari 1 meter
- Dioda 6 ampere 3 bh. 
- Dioda 1 ampere 1 bh. 
- Saklar 1 buah, untuk saklar eksternal baru 
Sudah itu saja bahannya. 
Itu dengan catatan Fitting lampu atau dudukan lampu yang lama kondisinya masih baik. Jika memang sudah rusak atau terlihat kurang meyakinkan – meleleh misalnya – disarankan diganti yang baru.
Semua bahan di atas dapat dibeli di toko-toko elektronik. Murah harganya. 
Lalu apa alatnya ? 
Paling yang dibutuhkan adalah tang dan gunting kecil. Tang untuk menguatkan / mengeraskan ikatan. Sedangkan gunting untuk memotong dan mengupas kabel. 

● Jika sudah siap semua, selanjutnya buat rangkaiannya. 

Dan berikut rangkaian booster lampu yang paling sederhana. 

( Lihat gambar ) 

Cara membuat rangkaian booster lampu sepeda motor : 

- Dengan menggunakan tang, hubungkan dan kencangkan ketiga dioda 6 Ampere menjadi sebuah rangkaian paralel, seperti gambar. 

Perhatikan jangan sampai terbalik : tanda lingkaran berwarna putih menunjukkan kutub positif. 
- Setelah jadi, sambung kutub positif mendapat kabel kontak sepeda motor. Kutub negatif mendapat kabel minus dari fitting / dudukan lampu. 
- Sedangkan untuk dioda 1 Ampere, sambung kutub positipnya mendapat bagian fitting lampu jauh ( dim ), untuk kutub negatif disambung mendapat saklar eksternal baru. 
Fungsinya : agar sensor lampu jauh di motor bisa mati, sehingga bisa dirubah, apakah mau menggunakan lampu jauh atau lampu dekat. 

Nah, alat penguat cahaya lampu sepeda motor atau booster lampu buatan sendiri telah selesai dan siap digunakan. 

Namun sebagai catatan, alat penguat cahaya lampu sepeda motor atau Booster lampu ini di gunakan pada sepeda yang menggunakan sistem kelistrikan AC. 
Trik lain tentang sepeda motor :

Share this:

Disqus Comments