Apa Itu Aplikasi PRIMA IDAI Menuju Anak Indonesia Sehat Untuk Android ?

Apa Itu Aplikasi PRIMA IDAI Menuju Anak Indonesia Sehat Untuk Android ?

Kemajuan dan kecanggihan teknologi informasi digital memberikan manusia banyak pilihan dan kemudahan. Hal-hal yang dulunya dianggap mustahil sekurangnya sulit diwujudkan, kini bisa dilakukan dan dinikmati oleh siapa saja. 
Contoh mudahnya, seperti kondisi saat ini dimana orang-orang sedang kesengsem dengan aplikasi Pokemon GO. Yaitu sebuah aplikasi game atau permainan yang memadukan realitas dunia nyata dengan dunia maya, berkat adanya teknologi yang dinamakan Augmented Reality atau Realitas Tertambah.
Contoh lainnya adalah sebuah aplikasi yang dinamakan aplikasi PRIMA. 

● Apa itu Aplikasi PRIMA ? 

 Dari segi penamaan, boleh dikata aplikasi PRIMA punya kemiripan dengan penamaan Pokemon. 
Jika nama Pokemon merupakan singkatan dari POcKEt MOsNter, maka penamaan PRIMA merupakan kependekan dari PRogram Idai Menuju Anak indonesia sehat. 

Jika aplikasi Pokemon GO merupakan sebuah game atau permainan, maka Aplikasi PRIMA adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh IDAI ( Ikatan Dokter Anak Indonesia ) yang dapat mempermudah baik orang tua atau dokter spesialis anak di Indonesia dalam memantau tumbuh kembang anak sejak usia dini secara berkala dan berkelanjutan. 

Yang mana, berkat kemajuan teknologi maka Aplikasi PRIMA, PRogram IDAI Menuju Anak Indonesia Sehat dibuat untuk membantu menegakkan diagnosis secara sederhana dan praktis ini dapat dengan mudah digunakan – terutama oleh para orang tua - hanya dengan satu sentuhan saja pada layar smartphone-nya. 

Dengan menggunakan Aplikasi PRIMA yang menggunakan teknologi mobile application , baik dokter spesialis anak maupun para orangtua dapat memperoleh informasi yang dibutuhkan dalam hal kesehatan anak dengan cepat dan akurat. 
Dimana dengan teknologi mobile application, maka akses informasi pediatrik yang akurat dan cepat dapat diberikan tanpa perlu menggunakan kertas (paperless). Sebab aplikasi digital pertama resmi yang merupakan hasil pemikiran dari IDAI ini pada dasarnya memiliki tujuan untuk mencetak kualitas sumber daya manusia Indonesia yang cemerlang, dimana prosesnya dilakukan sejak usia dini bahkan sejak bayi masih berada dalam kandungan. 

Untuk itulah, agar bisa memperoleh moment yang tepat dan bisa mendapatkan “GONG”-nya maka Aplikasi PRIMA, PRogram IDAI Menuju Anak Indonesia Sehat yang berbasis smartphone ini diluncurkan oleh IDAI tepat dalam peringatan Hari Anak Nasional 2016. 

● Beberapa Latar Belakang Diluncurkannya Aplikasi PRIMA 

Sudah disadari bahwa maju mundurnya sebuah bangsa sangat ditentukan oleh generasi mudanya. 
Hanya saja untuk dapat mencetak generasi muda sebagai sumber daya manusia yang tangguh dan berkualitas tidak bisa dicetak secara instant, melainkan membutuhkan waktu dan proses yang panjang dan berkelanjutan. 
Dimana proses ini semestinya bahkan sudah dimulai sejak bayi masih berada dalam kandungan. Sebab masa pertumbuhan dan perkembangan yang paling pesat dari seorang anak terjadi selama seribu hari pertama sejak kehidupan, yaitu sejak terjadinya pembuahan dalam kandungan hingga anak berusia sekitar 2 tahun. Apabila anak mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangan terutama pada seribu hari pertama, maka dapat berakibat terjadinya risiko jangka panjang saat dewasa. 
Sedangkan dari hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013 didapatkan data yang mengkhawatirkan. 

Dilaporkan adanya stunting yang tinggi hingga sebesar 37,2%, lalu adanya kasus gizi kurang dan buruk sebesar 19,6% serta adanya sekitar 10-15% anak yang mengalami keterlambatan perkembangan. 
Repotnya masih cukup banyak orang tua yang keliru atau malah tidak tahu, dimana mereka masih beranggapan bahwa perawakan yang pendek atau kurus pada anak sebagai suatu hal yang normal dan wajar. 
Padahal untuk memantau tumbuh kembang anak sebenarnya dapat dilakukan dengan cara yang cukup sederhana, yaitu dengan memperhatikan, mengamati dan terus memantau perkembangan anaknya. 

Sebagai contoh : 
Untuk memantau pertumbuhan anak bisa dilakukan dengan mengukur berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala secara berkala. 
Sedangkan untuk memantau perkembangan anak dilakukan dengan memerhatikan kemampuan motorik kasar dari anak, seperti pada aktivitas duduk, berdiri, jalan serta berlari. 
Juga pada kemampuan motorik halus anak seperti menggambar dan menulis, berbicara, bahasa, kognitif dan sosial. 

Karena itulah demi memudahkan para orang tua untuk dapat memantau tumbuh kembang anak maka Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) meluncurkan aplikasi PRIMA ini. 

Dengan PRIMA mobile application yang mudah digunakan ini, pertumbuhan anak bahkan dapat dipantau dengan kurva pertumbuhan World Health Organization (WHO) serta kurva Center for Disease Control and Prevention (CDC, 2000). 

Sehingga para orangtua dapat dengan mudah menemukan seandainya ada hal yang mencurigakan yang berkaitan dengan kesehatan anak kemudian dapat dengan cepat ditangani oleh dokter. 

● Panduan dan Fitur aplikasi PRIMA IDAI 

Ada banyak panduan yang bisa diperoleh dari aplikasi PRIMA ini seperti bentuk stimulasi anak, jadwal imunisasi, juga beberapa panduan lain yang bisa menjadi acuan orangtua. 


Aplikasi PRIMA IDAI sendiri memiliki fitur utama, yaitu : 
1. Fitur Generasi PRIMA, yang dapat diakses oleh dokter spesialis anak dan orangtua 
2. Fitur Skor Pediatri, yang diakses oleh dokter spesialis anak sebagai alat bantu medis untuk memantau kesehatan anak : 

1. Grafik Pertumbuhan WHO dan CDC, untuk memonitor laju pertumbuhan pasien secara praktis tanpa perlu menggunakan banyak dokumen dan prosedur manual. 

2. Tahap Perkembangan Anak 
2.1 Milestones and Redflags, untuk mendeteksi perkembangan pasien sesuai usianya secara ringkas dan terpadu. 
2.2 Stimulasi Perkembangan, informasi cara menstimulasi kemampuan dasar anak. 

3. Kuesioner 
3.1 Kuesioner Sebelum ke Dokter, kuesioner yang perlu dilengkapi oleh orang tua sebelum melakukan pemeriksaan. 
3.2 Kuesioner Kunjungan ke Dokter 
3.2.1 Kunjungan Anak Sehat, kuesioner seputar informasi sejarah medis pasien secara general. 
3.2.2 Kunjungan Anak Sakit, kuesioner seputar sejarah medis pasien yang memiliki penyakit. 

4. Materi Edukasi Orang Tua, informasi untuk orang tua, seputar kesehatan anak sesuai usia. 

5. Skrining Medis 
5.1 Skrining Utama, mendeteksi gangguan kesehatan pada anak secara umum. 
5.2 Skrining Lainnya, untuk mendeteksi keterlambatan pada pertumbuhan pasien Anda melalui kuesioner-kuesioner berikut: 
5.2.1 Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP) 
5.2.2 Kuesioner Masalah Mental Emosional (KMME) 
5.2.3 Kuesiner Deteksi Dini Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktif (GPPH) 
5.2.4 Modified Checklist for Autism in Toddlers (M-CHAT) 
5.3 Penjelasan Kondisi Medis, penjelasan rujukan seputar gangguan kesehatan pada Skrining Utama. 

Skor Pediatri, perangkat pediatrik umum penunjang praktik sehari-hari dokter spesialis anak. 
1. Pediatric Glasgow Coma Scale (PGCS), skala yang digunakan untuk mengetahui tingkat kesadaran anak. 
2. Pediatric Logistic Organ Dysfunction Score (PELOD Score), panduan untuk menilai derajat disfungsi organ pada anak sakit kritis. 
3. New Ballard Score, panduan pengukuran untuk menghitung usia gestasi bayi baru lahir. 
4. Kalkulator Laju Filtrasi Glomerulus (LFG), perangkat untuk menghitung nilai laju filtrasi glomerulus pada anak. 
5. Tahap Perkembangan Pubertas Anak, panduan untuk mengetahui status pubertas anak sesuai dengan usia dan jenis kelamin. 

● Download Apliksi PRIMA 

Aplikasi PRIMA IDAI ini dapat diunduh / didwonload secara gratis. 

Untuk mendownload aplikasi PRIMA IDAI ini buka : 

http://prima963649.android.informer.com/download/ 
atau 
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.prima&hl=in

Setelah didownload, dapat dijalankan pada perangkat sekurangnya Android 4.0.3 atau di atasnya. 
Untuk informasi lebih lengkap, atau saran atau pertanyaan seputar aplikasi PRIMA dapat mengirimkan e-mail ke: prima.idai@idai.or.id atau : komitewebsite@idai.or.id 
Sedangkan untuk pertanyaan seputar masalah kesehatan dan tumbuh kembang anak, dapat mengajukan pertanyaan di Klinik Konsultasi IDAI dengan membuka situs resmi IDAI di: http://www.idai.or.id/ Pertanyaan akan dijawab oleh dokter spesialis anak dalam waktu 2x24 jam pada hari kerja. 
Sedangkan untuk mengunduh aplikasi Pokemon, ini caranya :

Share this:

Disqus Comments