Tahukah, Jika Smartphonemu Bisa Berfungsi Sebagai Alat Penyadap Untuk Mematai-Mataimu ? Giroskop Adalah Biang Keladinya !

Tahukah, Jika Smartphonemu Bisa Berfungsi Sebagai Alat Penyadap Untuk Mematai-Mataimu ? Giroskop Adalah Biang Keladinya !

● Smartphone bisa digunakan untuk alat penyadap 

Smartphone atau ponsel pintar bukan lagi merupakan sebuah perangkat atau teknologi canggih yang bersifat eksklusif atau terbatas. Sebab saat ini hampir semua orang telah memiliki dan menggunakanya. 
Bahkan anak kecil yang baru duduk di bangku Sekolah Dasar sekalipun. 
Mereka sudah sangat “melek” dengan teknologi canggih yang tertanam dalam sebuah smartphone ( dan dengan bangga mengunakannya ). 

Hebatnya lagi smartphone ini sudah seperti pisang goreng jualannya. 
Boleh dikata hampir setiap minggunya selalu ada saja produk smartphone terbaru. 
Dan setiap ada produk smartphone baru, biasanya ada pula fitur terbaru yang lebih canggih yang ditambahkan. Dan semuanya laku ! 

Meski smartphone saat ini sudah hampir seperti menjadi kebutuhan pokok, namun ternyata ada juga orang-orang tertentu yang justru tidak memiliki dan menggunakan smartphone atau produk sejenisnya. Bukannya tidak mampu, tetapi memang tidak mau. 

Umum pasti menganggap bahwa orang-orang tertentu semacam ini sebagai seorang yang jadul, kuper, gaptek, atau bodoh dan sejenisnya. 
Sebaliknya ! Orang-orang yang seperti ini justru orang yang pintar. Bahkan sangat pintar. 
Sebab mereka tahu, jika menggunakan ponsel, smartphone dan sejenisnya, maka hidup mereka akan menjadi tidak nyaman dan aman. 

Mereka tahu, dengan menggunakan piranti komunikasi canggih ini berarti akan “bisa terampas” kemerdekaan dan privasinya. Sebab mereka tahu jika smartphone bisa digunakan untuk memonitor, membuntuti, mendengarkan, menyadap dan memata-matai dimana mereka berada. 
Bahkan dalam waktu yang real time, nyata ! 
Hebatnya, kegiatan sadap menyadap dan mata-mematai tersebut bisa dilakukan oleh sebuah smartphone tanpa memerlukan perangkat atau aplikasi tambahan lainnya. 
( Yang mungkin kamu justru belum tahu, meski kamu “ngelonin” smartphonemu di setiap waktu ). 

Sebagai sekedar pengingat saja, beberapa waktu lalu dunia sempat heboh akibat “ulah” sadap menyadap ponsel ( termasuk ponselnya para kepala negara ) yang dilakukan oleh Amerika dan sekutunya. 
Simak juga : 

Tahukah, bagian smartphone yang mana yang bisa digunakan untuk menyadap dan mematai-mataimu ? Jawabannya, gyroscope atau giroskop adalah biang keladinya. 

●Apa itu Gyroscope / giroskop ? 

Untuk kamu ketahui, di dalam sebuah smartphone atau ponsel pintar yang modern dan canggih, salah satu perangkat atau perkakas yang wajib ada adalah apa yang disebut sebagai gyroscope atau giroskop. 

Gyroscope atau giroskop adalah satu perangkat yang berfungsi untuk mengukur atau mempertahankan orientasi, yang berlandaskan pada prinsip-prinsip momentum sudut. 

Pada penggunaannya dalam sebuah smartphone, Gyroscope / giroskop merupakan satu perangkat sejenis sensor gerak yang bisa mengubah tampilan layar smartphone dari posisi vertikal ke posisi horizontal, atau sebaliknya. 
Dalam penjelasan mekanis yang lebih sederhana, giroskop berbentuk seperti sebuah roda berputar atau cakram di mana poros bebas untuk mengambil setiap orientasi. 


Meskipun orientasi ini tidak tetap, perubahannya dalam menanggapi torsi eksternal jauh lebih sedikit dan berlangsung dalam arah yang berbeda jika dibandingkan dengan tanpa momentum sudut, yang berkaitan dengan tingginya tingkat putaran dan inersia momen. 
Karenanya, Orientasi perangkat akan tetap sama, terlepas dari gerak platform pemasangan, karena pemasangan perangkat pada sebuah gimbal akan meminimalkan torsi eksternal. 
Beberapa alat yang dalam operasinya juga menggunakan prinsip kerja giroskop, misalnya giroskop MEMS yang bisa ditemukan pada beberapa perangkat elektronik, cincin laser, giroskop optik serat, serta giroskop kuantum yang sangat sensitif. 


● Cara merubah sensor gerak gyroscope menjadi alat penyadap atau mata-mata 

Ada tim Peneliti dari Amerika dan juga Israel yang justru “membuka rahasia dan membocorkan” tentang potensi pemanfaatan sensor gyroscope sebagai alat perekam pembicaraan dalam sebuah presentasi pada acara konferensi teknologi keamanan, Usenix 
Dengan kemampuannya yang sensitif dan bisa menangkap getaran, maka sebuah giroskop bisa diubah menjadi sebuah mikrofon tersembunyi yang sulit terdeteksi dan dapat dengan mudah digunakan tanpa menginstal aplikasi tambahan lainnya. Sehingga mampu “menangkap” suara percakapan meskipun hanya dalam bentuk potongan kata. 

Hebatnya, kemampuan giroskop sebagai alat penyadap ini malah melebihi kemampuan sebuah mikrofon mata-mata asli, sebab tingkat keberhasilan penyadapan suara dengan gyroscope diklaim dapat mencapai lebih dari 65 persen. 
Kemampuan giroskop untuk mengidentifikasi jenis kelamin pembicara bahkan lebih hebat lagi, tingkat keberhasilannya hingga 84 persen ! 
Lebih lanjut, para peneliti mengungkapkan bahwa pihaknya akan membutuhkan waktu 1 tahun lagi untuk menyempurnakan piranti lunak pengenal suara yang digunakan untuk menganalisis hasil sadapan dari sensor gyroscope tersebut. 

● OS Smartphone yang paling rawan diretas 

Sebagaimana telah diungkap oleh beberapa ahli dan pengamat sebelumnya, ponsel pintar yang menggunakan sistem operasi Android lebih mudah diretas, dibandingkan misalnya dengan gadget yang menggunakan OS yang lainnya. 
Pasalnya, pada smartphone dengan sistem operasi Android memiliki “kelonggaran “ yang memungkinkan sensor gyroscope untuk menangkap getaran pada frekuensi sebesar 200 Hertz atau 200 kali getaran per detiknya 
Karenanya suara manusia akan lebih mudah tersadap karena suara manusia yang memiliki frekuensi mulai dari 80 sampai 250 Hz, dapat lebih diterima getarannya oleh sensor tersebut. 

Dibandingkan dengan iOS misalnya, yang hanya mengijinkan sensor gyroscope yang ditanam pada gadget Apple untuk mendeteksi getaran pada frekuensi 100 Hertz saja, yang akan jauh lebih sulit untuk diubah menjadi alat penyadap. 

Kelemahan Android mungkin bisa dimaklumi, sebab sistem operasi ini pada dasarnya memang merupakan sebuah aplikasi bebas terbuka yang tidak memiliki hak paten. 
Sehingga dari sini bisa muncul pertanyaan-pertanyaan yang menarik. 
Misalnya : 
Apakah kelemahan ini memag tidak bisa diperbaiki ? 
Atau memang semua ini sudah direncanakan sebelumnya hanya untuk kepentingan tertentu semata? 
Karena itu hati-hati dengan smrtphone kesayanganmu, sebab bisa jadi itu adalah harimau-mu. 

Smartphonemu Bisa Berfungsi Sebagai Alat Penyadap Untuk Mematai-Mataimu

Share this:

Disqus Comments