Jangan Salah ! Meski Terlihat Bagus Pompa Air Ini Tidak Bisa Menaikkan Air Sumur

Jangan Salah ! Meski Terlihat Bagus Pompa Air Ini Tidak Bisa Menaikkan Air Sumur

Mungkin ada pernah kejadian yang cukup konyol, tetapi sebenarnya agak memprihatinkan seperti ini. 
Ada seseorang yang marah-marah campur bingung. 

Pasalnya, pompa air yang baru saja dibelinya ternyata tidak mau mengisap atau menaikkan air sumur sama sekali. 

Padahal menurutnya semua instalasi sudah dikerjakan dengan baik dan benar, dan dijamin tidak ada kebocoran sedikitpun. 
Tetapi pompa air barunya tetap saja tidak mau menghisap air sumur. 
Setelah usut punya usut, hal tersebut ternyata salah orang itu sendiri. Sebab pompa air yang baru dibelinya ternyata bukan pompa hisap, melainkan pompa air Booster. 

Mungkin karena kepincut dengan bentuk dan desainnya yang memang terlihat mungil dan manis, ia tanpa banyak cingcong langsung membeli pompa ini. 

Apa itu Pompa air Booster 

Pompa booster memang bisa merupakan salah satu alternatif dari penggunaan produk pompa sumur dangkal otomatis yang biasanya dikenal selama ini. 
Namun Pompa air Booster adalah satu jenis pompa air yang fungsinya hanya untuk menambah tekanan air, bukannya digunakan untuk menghisap atau menaikkan air dari dalam sumur atau posisi sumber air di bawah pompa. 

Contoh cara pemasangan pompa air Booster


Karena sifatnya hanya menambah tekanan maka pompa Booster ini rata-rata relatif lebih hemat listrik sebab daya listrik yang dibutuhkan memang lebih kecil. 
Jika pada pompa hisap ( pompa air sumur biasa ) untuk sistem otomatis pompa biasanya menggunakan pressure switch, maka pada pompa Booster sistem otomatisnya adalah dengan menggunakan sejenis bola magnet yang berfungsi ketika ada aliran air. 
Sehingga dengan sistem otomatis ini, pompa Booster memiliki kelebihan dan keuntungan, yaitu bila tidak ada air ( yang mengalir ) maka secara otomatis pompa tidak akan bekerja. 
Dengan demikian resiko terjadinya kerusakan atau pompa terbakar dapat dihindari. 

Jadi meski terlihat bagus dan sebenarnya memiliki beberapa kelebihan, jangan sembarangan membeli Pompa Air Booster ini jika tujuannya untuk menaikkan air sumur, sebab pompa ini memang tidak bisa digunakan untuk mengisap air sumur. 

Belilah pompa air yang sesuai. 
Dimana istilah “sesuai” dalam hal ini bisa dipengaruhi oleh banyak hal dan beberapa faktor, yang antara lain : - Sumber air yang akan dipompa 
- Tinggi permukaan air dengan pompa, dalam hal ini termasuk jarak tempuh dari pompa menuju penampungan 
- Spesifikasi daya hisap dan daya dorong Pompa 
- Daya listrik yang diperlukan dan yang tersedia 
- Kualitas secara keseluruhan dan harganya, serta 
- Bagaimana sistem garansinya 
Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di bawah ini : 

Jadi ketika membeli pompa air ( termasuk membeli barang lainnya ), jangan asal membeli ( mentang-mentang banyak uang ). Sebaiknya cermati dan teliti dulu barang yang akan dibeli, sehingga tidak terjadi sesal di kemudian hari.

Share this:

Disqus Comments