Cara Mudah Memastikan Keaslian microSD : Perhatikan 4 Ciri microSD Yang Asli Ini

Cara Mudah Memastikan Keaslian microSD : Perhatikan 4 Ciri microSD Yang Asli Ini

Saat ini ibaratnya tidak ada barang atau produk yang tidak bisa dipalsukan. 
Hampir setiap produk orisinil ada produk palsunya, yang bahasa kerennya disebut barang KaWe. Demikian pula dengan microSD.
Media penyimpan data yang bentuknya sangat mungil dan biasa digunakan pada perangkat ponsel ini, sekarang sudah bejibun barang KW-nya. Sehingga jika tidak teliti dan hati-hati saat membeli micro SD ini bisa-bisa mendapat barang aspal, kelihatannya asli tapi palsu alias microSD produk KW. 
Mungkin jika dilihat sepintas, barangnya mungkin seperti sama. 
Namun jika diperhatikan benar-benar, barangnya ternyata berbeda, hanya serupa dengan aslinya. Dan setelah digunakan, akan lebih terasa bedanya dengan yang asli. 
Misalnya microSD tersebut memiliki kinerja yang buruk, kapasitas penyimpanannya ternyata tidak sesuai dengan yang tertera, bahkan hingga dapat merusak data yang tersimpan di dalamnya. 
Karena itu agar jangan sampai “keblondrok” – mendapatkan baran palsu atau produkKW – saat membeli microSD, maka wajib hati-hati dan teliti saat membeli. 

Untuk cara mudahnya dalam memastikan keaslian microSD, setidaknya perhatikan 4 ciri utama microSD yang asli berikut ini : 

1. Dari segi harga microSD

Jika mau berfikir logis, ciri utama dari microSD yang asli dan palsu sebenarnya sudah bisa terlihat dari harganya. 
Produk yang orisinil, barang yang asli, bagaimanapun juga harganya pasti lebih mahal bila dibandingkan dengan produk KW. Bahkan harga microSD asli dengan microSD KW selisih harganya bisa sangat besar. 
Karena itu mestinya patut curiga bila mendapatkan sebuah microSD yang katanya asli tapi harganya sangat murah. 
Sebagai perbandingan saja misalnya. Sebuah microSD palsu alias KW yang memiliki kapasitas 512GB dijual dipasaran hanya seharga Rp 140.000. 
Padahal microSD yang berkapasitas 200GB dari SanDisk harganya bisa mencapai sekitar Rp 1.500.000. Jauh banget kan selisihnya. 

2. Dari segi kemasan microSD

Kemudian ciri yang mudah terlihat tentu saja adalah dari kemasannya. 
Kemasan sebuah produk merupakan yang paling mudah dipalsukan, termasuk pula kemasan untuk microSD. Namun meski mudah dipalsukan, dari kemasan pula, ciri yang membedakan antara produk yang asli dengan produk palsu dapat terlihat.
Kemasan produk KW ( termasuk kemasan microSD palsu ) meski terlihat mirip dengan aslinya, namun perbedaan yang menonjol misalnya terdapat pada informasi produk yang tidak lengkap.
Juga dapat dilihat dari warna cetakan kemasan yang biasanya lebih pudar kurang fokus, kurang rapi dan sebagainya. 
Contohnya seperti di bawah ini : 


Kiri palsu kanan asli 

3. Dari segi tampilan microSD

Ciri utama selanjutnya yang mudah dilihat adalah dari tampilan barang. 
Ciri dan perbedaan utama antara microSD yang asli dan palsu biasanya terletak pada cetakan tulisannya. Pada microSD ( juga pada produk lainnya ) tulisan yang tertera pada barang biasanya tidak rapih terkesan yang penting terlihat sama, besar kecil dan bentuk huruf atau tulisan juga berbeda, dan tercetak secara tidak bagus. 
Contohnya : 


Kiri Asli – Kanan Palsu

4. Dengan mengecek kapasitas yang sebenarnya 

Untuk yang terakhir ini memang tidak bisa dilihat secara langsung. 
Namun jika ini dilakukan bisa diperoleh hasil yang lebih akurat untuk membedakan keasliannya.
Saat ini para pemalsu microSD sudah mampu membuat firmware khusus sehingga sebuah smartphone akan membaca besaran kapasitas sesuai dengan keinginan penjual. 
Singkatnya pemalsu bisa memanipulasi kapasitas microSD. 
Tetapi dengan mengecek kapasitas microSD dengan menggunakan aplikasi tertentu, maka kapasitas yang sebenarnya dapat diketahui dengan pasti.Misalnya dengan aplikasi SD Insight di Play Store. 

Nah, itulah cara mudah untuk memastikan keaslian microSD dengan memperhatikan 4 ciri microSD yang asli yang dapat terlihat. 

Dan jangan lupa menyimak gandengannya yang ini :

Share this:

Disqus Comments