Samsung Smart Winshield, Cara Aman Mengendarai Motor Sambil Menggunakan Smartphone

Samsung Smart Winshield, Cara Aman Mengendarai Motor Sambil Menggunakan Smartphone

Konon, kesempatan bisa muncul dari kesempitan. Maksudnya, sebuah peluang usaha yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya terkadang malah muncul ketika menghadapi sebuah masalah yang pelik.

Hal serupa mungkin yang sedang terjadi pada Samsung Smart Winshield, sebuah produk untuk penggunaan ponsel pintar alias smartphone yang wa-bil khusus diperuntukkan bagi para pengendara sepeda motor. 


Sebagaimana diketahui, salah satu penyebab meningkatnya angka kecelakaan lalu lintas diantaranya adalah gara-gara adanya Hape atau perangkat ponsel. 
Sebab dengan adanya perangkat komunikasi yang pintar tersebut, banyak orang yang kemudian mengendarai kendaraannya secara tidak aman. 
Mereka berkendara sambil ber-ponsel ria, dan mengabaikan apa yang disebut dengan safety riding atau berkendara secara aman. 

Menimbang hal tersebut itulah di beberapa negara, berkendara sambil menggunakan perangkat ponsel sudah menjadi suatu hal yang “harom”, dilarang. 
Namun yang namanya orang, ketika sudah “keenakan” seringkali enggan untuk meninggalkannya. 
Sebagian dari mereka masih tetap saja berkendara sambil berha-ha hi-hi melalui perangkat ponselnya. 
Pasti pernah lihat kan, anak-anak muda – terutama gadis-gadis ABG – yang ngoceh dan ngakak sendirian di atas sepeda motornya sambil mendekapkan satu tangan ke telinganya ? 
Sudah gitu cara berkendaranya ndak karuan. 
Ngalor ngidul, minggir ndak, nengah juga ndak, tidak karuan juntrungnya. 

Hal inilah yang kemudian dibaca dengan cerdas sebagai peluang bisnis yang menggiurkan oleh produsen alat telekomunikasi raksasa, Samsung. 
Bekerja sama dengan produsen otomotif yang juga raksasa, Yamaha, mereka berdua dikabarkan akan segera meluncurkan sebuah produk baru yang dinamakan dengan Samsung Smart Winshield

Apa itu Samsung Smart Winshield ? 

Samsung Smart Winshield pada dasarnya adalah sebuah perangkat komunikasi cerdas ( smart ) yang memungkinkan seseorang dapat tetap melakukan komunikasi secara aman melalui perangkat meski tengah berkendara, tanpa mengabaikan safety riding. 

Lalu mengapa ada embel-embel “winshield” nya ? 
Sebab “winshield” yang biasa ada pada sebuah sepeda motor yang fungsi dasarnya untuk penahan angin saat berkendara, diubah menjadi sebuah proyektor kecil di kaca depan yang dapat dihubungkan dengan perangkat smartphone. 
( Kalau ndak tahu “winshield” ya..kebangetan. Itu lho..., orang sini menyebutnya sebagai “tebeng angin” ). 

Nah, dengan perangkat smart winshield yang dipasang pada “setang” kendaraan inilah, pengendara akan langsung “terhubung” dan melihat tampilan pesan teks, panggilan telepon, informasi kecepatan, navigasi dari GPS, dan notifikasi lain langsung di depan mata. 
Pengguna juga dapat memberitahukan pada penerima pesan apabila sedang dalam perjalanan. 
Mudahnya, pengguna tetap dapat menggunakan perangkat ponsel pintarnya tanpa perlu menempel-nempelkannya ke telinga. 
Selain tetap dapat melakukan komunikasi dan navigasi secara efektif, pengguna dapat juga memutar musik, lho. 
Yang perlu dilakukan oleh pengguna hanyalah mengkoneksikan smartphone kesayangannya dengan dashboard. Selesai. 

Perangkat ini tentu saja bukan dimaksudkan untuk memanjakan anak dan gadis ABG yang suka “cengengesan” di jalan raya. 
Sebaliknya, perangkat pintar ini dibuat untuk menunjang safety riding sehingga diharapkan angka kecelakaan lalu lintas bisa sedikit diturunkan. 

Mau tahu seperti apa “penampakan” dari Samsung Smart Winshield ini ? 
Dalam rilis video resminya, teknologi perangkat ini telah diuji coba pada Yamaha Tricity. 

Hanya saja untuk saat ini, alat cangih ini , masih dalam tahap prototype dan belum diproduksi secara massal. 

Namun yang jelas Samsung Smart Winshield ini diharapkan bisa menjadi salah satu solusi bagai para pengendara yang ingin tetap melakukan komunikasi secara aman di atas tunggangannya.

Lihat juga : 

Share this:

Disqus Comments