5 Macam Bahaya Ini Bisa Terjadi Jika Menggunakan Ponsel Yang Sedang Dicas

5 Macam Bahaya Ini Bisa Terjadi Jika Menggunakan Ponsel Yang Sedang Dicas

Saat ini HP atau ponsel sepertinya bukan lagi sebagai sarana, melainkan sudah seperti sebuah kewajiban. Sedikit-sedikit bertelepon. Sedikit-sedikit bertelepon. ( Bertelepon kok sedikit ). 
Jika jaman dulu bertelepon sering kali diirit dan disingkat-singkat – itu seperti iklan, HL...ADBBQ...GDST....krktk..rketk...- maka saat ini orang bertelepon justru malah jadi kebalikannya, berlama-lama. Seakan tidak pernah bertemu dan tidak bisa berbicara lagi sesudahnya. 
Bahkan saking lamanya menggunakan telepon, menjadikan baterainya sampai habis. 
Itupun belum cukup. 
Baterai lalu dicas ( dicharge ), dan tetap menggunakan ponsel meskipun sedang dicas. 
Sekilas cara bertelepon seperti ini biasa-biasa saja dan aman-aman saja. 
Tetapi tahukah, apa yang bisa terjadi ketika kamu tetap “nekat” menggunakan ponsel untuk bertelepon yang sedang dicharge ? 

Sekurangnya 5 macam bahaya ini bisa terjadi jika menggunakan ponsel yang sedang dicas.  Dan “bahaya” yang bisa terjadi tersebut secara garis besar dapat terbagi menjadi 2 : 


● Bahaya pada kesehatan tubuh, antara lain : 

1. Menganggu syaraf pendengaran, merusak telinga 

Kamu pasti sudah tahu kan jika sinyal dari ponsel itu “mengandung” radiasi ? 
Yang menurut penelitian para ahli kesehatan, radiasi dari ponsel ini lama-lama bisa menjadi pemicu dan penyebab kanker. 
Dan kamu juga pasti tahu, jika ponsel yang digunakan untuk bertelepon secara terus menerus akan menjadi panas. Sebab saat digunakan untuk bertelepon, ponsel akan secara terus menerus mencari dan menyambungkan sinyal, yang akan menyebabkan komponen elektronik di dalam ponsel bekerja lebih keras, sehingga menjadi panas. 
Dan panas ini akan menjadi lebih besar lagi ketika ponsel di cas. Sebab dengan dicharge akan ada arus listrik yang masuk ke dalam komponen ponsel, yang juga secara terus menerus. 
Nah, panas yang lebih tinggi dari ponsel yang sedang di cas inilah yang dapat mengganggu kesehatan. 
Dan karena cara menggunakan telepon adalah dengan menempelkannya pada telinga, maka telinga pulalah yang akan “diserang”. Panas dari ponsel ini akan menyerang syaraf pendengaran. 
Ketika hal seperti ini terjadi secara terus menerus dan dalam waktu yang lama, maka syaraf pendengaran bisa jadi rusak, sehingga indera pendengaran juga terganggu. 
Sekurangnya daun telinga akan merasa panas, sakit dan berdengung, yang pada beberapa orang bahkan bisa menjalar menimbulkan pusing kepala. 

2. Bisa tersengat aliran listrik alias kesetrum 

Saat dicharge, akan terjadi aliran listrik dari sumber listrik ( stop kontak ) ke perangkat ponsel. 
Meski cukup jarang terjadi, pada kondisi tertentu alian listrik dari stop kontak ini dapat meloncat ke tubuh orang yang sedang menggunakan ponsel. Terutama sekali ketika sedang ada kerusakan pada komponen dan atau ketika tangan orang yang bertelepon dalam keadaan basah ( bisa karena keringat ). 
Dan tahu kan, apa akibatnya jika sampai kesetrum listrik ? 
Sekurangnya UGD ! 
Lihat juga : 

3. Bisa Meledak 

Ponsel yang digunakan untuk bertelepon akan menghasilkan panas. Ponsel yang dicas juga akan menjadi lebih panas. Ketika panas yang timbul menjadi dobel, maka komponen di dalam ponsel tidak hanya bisa meleleh, melainkan juga bisa meledak. Terutama ketika umur ponsel memang telah cukup tua. 
Kamu mungkin tidak percaya dengan hal ini. Namun fakta telah berbicara. 
Sudah cukup banyak orang yang terkena ledakan dari ponsel. 
Resiko terkena ledakan dari ponsel akan jauh lebih besar pada penggunaan ponsel di saat sedang turun hujan yang disertai kilat dan petir. 
Kilat dan petir dari udara yang bermuatan arus listrik jutaan volt, bisa “meloncat” mengikuti sinyal ponsel dan juga arus listrik. 

● Bahaya pada perangkat ponsel 


4. Menjadikan baterai lemah dan cepat drop 

Mengapa ? 
Coba baca saja buku panduan ponsel yang disertakan saat membelinya. 
Disitu dengan jelas diterangkan, dilarang menggunakan ponsel di saat sedang dicas. Sebab hal ini akan menjadikan baterai lemah dan cepat drop saat digunakan secara normal. 

5. Menjadi penyebab rusaknya ponsel 

Meski merupakan sebuah “mesin” namun ponsel juga punya batasnya. 
Dengan menggunakan ponsel sembari dicas, itu berarti memaksa ponsel untuk bekerja diluar batas kemampuan dan ketahanannya. Dan ketika hal ini dilakukan berulangkali, akibatnya mudah ditebak. 
Tidak hanya baterai yang cepat ngedrop, ponsel juga akan menjadi cepat rusak. 
Disarankan untuk melihat juga : 

Share this:

Disqus Comments