-->

Meski Ekonomi Sulit, 5 Mobil SUV Ini Tetap Laris Manis

Tahun 2015 hingga saat ini sering dikatakan sebagai tahun perekonomian yang sulit bagi dunia, termasuk perekonomian Indonesia. Masyarakat umum – terutama kalangan menengah ke bawah banyak yang mengeluhkan hal ini. Apa-apa susah, apa-apa mahal. 
Namun seolah-oleh terjadi hal yang kontradiktif. 

Sebab jika merujuk data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada kenyataannya penjualan mobil – yang nota bene merupakan barang mewah bagi “rakyat kecil” - ternyata tetap saja laris manis. 


Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengatakan bahwa penjualan mobil sejak bulan Januari hingga bulan Oktober di tahun lalu saja tercatat sebanyak 109. 194 unit. 
Sebuah angka yang cukup fantastis di tengah kondisi ekonomi yang terpuruk dan ketatnya persaingan produsen mobil. 
Dimana angka penjualan yang sebesar itu termasuk penjualan mobil untuk kelas low SUV, yang menyumbang segmen cukup besar. 
Mobil-mobil SUV yang telah cukup dikenal ternyata tetap “merajai” penjualan mobil di di segmen ini.

Lalu, mobil SUV apa saja yang paling laris? 
Jika pada tahun-tahun sebelumnya angka penjualan mobil lebih sering didominasi oleh salah satu merk dari pabrikan, kini penjualan mobil di segmen ini sepertinya terbagi rata. Bahkan Honda dan Toyota sama-sama menempatkan 2 produknya dalam daftar 5 teratas mobil SUV terlaris. 

Dan ini dia daftar 5 teratas mobil SUV yang laris manis : 


1. Honda HR-V 

Honda HR-V tercatat sebagai mobil SUV yang meraih tingkat pertama dalam hal angka penjualan. Menurut data Gaikindo, angka penjualan Honda HR-V tercatat sebanyak 24. 732 unit.
Itupun hanya selama 10 bulan. 
Dengan penjualan sebesar ini menjadikan Honda menguasai penjualan di kelas LSUV. 

2. Toyota Rush 

Produk kedua terlaris setelah keluaran Honda adalah mobil produk Toyota. Sebab data menunjukkan, penjualan dari Toyota Rush mencapai angka 21. 254 unit pada kurun waktu yang sama. 
Salah satu faktor yang menjadikan Toyota Rush semakin digemari adalah, karena Toyota Rush telah menyabet penghargaan pada angka tingkat keselamatan yang hampir sempurna dari ASEAN Global New Car Assesment Program (ASEAN NCAP). Toyota Rush berhasil meraih bintang 4 dari maksimal 5. 

3. Daihatsu Terios 

Daihatsu menempatkan salah satu produknya di perangkat ketiga sebagai mobil SUV terlaris. Sebab data mencatat angka penjualan Terios pada kurun waktu yang sama mencapai jumlah 11. 374 unit. 
Meskipun Terios yang di produksi pertama kali pada 2006, di Indonesia tidak seluruh variannya menyertakan feature ABS, airbag, dan system menggerak 4WD.

4. Toyota Fortuner 


Di peringkat 4, kembali Toyota menempatkan salah produk unggulannya, Toyota Fortuner.
Mobil "gagah” ini awalnya dirakit di Thailand, lalu dimasukkan ke Indonesia secara utuh dan dipasarkan mulai sejak 2005. Baru pada tahun 2007, Fortuner mulai dirakit dalam bentuk terurai (CKD) oleh pabrik Toyota di Karawang. 
Dan di tahun lalu, catatan yang ada menunjukkan penjualan Toyota Fortuner telah mneyentuh angka 9. 570 unit. 

5. Honda CR-V 

Nah, pada peringkat ke-5 ditempati oleh “kakak” dari HR-V, yaitu Honda CR-V. 
Sejak mulai diluncurkan pada tahun 1996, dan kini telah memasuki generasi ke empat, SUV ini tetap saja laris manis di pasar otomotif tanah air. 
Tercatat sebanyak 8. 912 unit Honda CR-V telah terjual pada kurun waktu yang sama. 

Nah itulah 5 mobil SUV yang digemari oleh pecinta otomitif tanah air dan laris manis. 

Jadi jika ada niat mau membeli, produk-produk tersebut bisa menjadi salah satu pertimbangan. 
Lali, apa yang harus diperhatikan ketika hendak membeli mobil baru ? Simak ini :

You may like these posts