-->

Dengan Penempatan Iklan Seperti Ini Bisa Meningkatkan Jumlah Klik Iklan Adsense Secara Berlipat

● Kondisi Google Adsense Saat ini 

Akhir-akhir ini banyak publisher adsense – terutama publisher kecil menengah – yang mengandalkan penghasilannya pada Google Adsense, kondisinya seperti kerakap, Hidup segan mati tak mau. 
Mau ngeblog dan posting gila-gilaan seperti dulu-dulu rasanya “aras-arasen” , sebab penghasilan Google Adsense saat ini – baik dari jumlah klik ( CTR ) maupun nilai per klik ( CPC / HPK ) – sangat memprihatinkan, membuat mengurut dada. 
Tidak hanya melorot namun terjun bebas dan hancur-hancuran. 
Tetapi mau berhenti ngeblog dan nge-publisher rasanya juga sayang. Sebab sudah dibela-belain “lek-lekan” selama ini. 

Jika dulu nilai CTR yang berkisar 2 – 5 % dianggap sebagai normal, bahkan konon ada publisher yang bisa mendapatkan CTR lebih dari 5 %, hingga 10 %. Maka kini bisa mendapatkan CTR sebesar 1 koma persen saja sudah sangat ruarrrr biasa. 
Demikian pula dalam hal nilai per klik iklannya ( HPH / CPC ). 
Jika dulu banyak publisher yang jor-joran mendapatkan nilai per klik iklan sebesar sekian koma dollar, maka kini bisa mendapatkan nilai klik iklan sebesar nol koma saja sudah bejo. 
Sebab mayoritas nilai klik per iklan saat ini malah mencapai nol koma nol sekian dollar belaka alias ratusan perak saja. 
Apa ndak “ngenes” coba. 
Rasa-rasanya usaha publihser kok tidak dihargai sama sekali.
( Lha wong, pengemis saja, kalau diberi 200 perak saja dibuang... ) 

● Penyebab penghasilan Google Adsense turun drastis 

Dari pengamatan ada beberapa hal yang menyebabkan baik CTR maupun CPC terjun bebas, sehingga penghasilan para publisher adsense turun drastis. Penyebab penghasilan Google Adsense turun drastis antara lain :

- Kondisi perekonomian dunia saat ini sedang sangat lesu. 
Tidak hanya terjadi di dunia nyata, kondisi perekonomian yang lesu ini berimbas juga di dunia maya. 
Para advertiser sepertinya lebih membatasi diri dalam beriklan. Sehingga salah satu dampaknya, bid iklan mereka juga rendah. Akhirnya CPC juga rendah. 
- Semakin banyak pesaing dalam program periklanan 
Meski Google Adsense masih merupakan program periklanan PPC primadona, namun saat ini sudah begitu banyak bermunculan program sejenis, baik yang lokal maupun yang interlokal. 
Akibatnya, sesuai hukum ekonomi, penawaran akan turun. 

- Semakin banyak blogger yang menjadi publisher adsense
Data terakhir tahun lalu menyebutkan bahwa blogger ( atau web master ) yang terdaftar sebagai publisher sudah mencapai angka 2 jutaan ( saat ini pastinya jauh lebih besar ). 
Akibatnya, sepiring roti yang dulunya hanya dibagai untuk 2 -3 orang kini harus diperebutkan oleh 10 orang. Hasilnya, masing-masing publisher hanya akan mendapatkan secuil saja. 

- Semakin banyak pengguna internet yang tahu bahwa yang diklik adalah iklan 
Dulu saat program Google adsense kali pertama muncul, jumlah klik iklan ( CTR ) bisa menjadi sangat tinggi. Karena para pengguna internet ( awam ) kebanyakan belum tahu, bahwa “sesuatu” yang terpajang pada blog atau situs adalah sebuah iklan. Sehingga karena merasa tertarik, mereka klak-klik sekenanya. 
( Seorang master Adsense pun mengakui pernah melakukan hal ini ). 
Namun ketika mereka tahu bahwa yang mereka klik tersebut sebenarnya merupakan sebuah iklan, mereka menjadi ogah. 
Sedangkan diakui atau tidak, para pengguna internet tidak mencari iklan. Melainkan informasi yang mereka butuhkan. 
Kalaupun ada yang “mencari iklan” – mungkin karena ingin membeli sesuatu – jumlahnya sangat kecil sekali. Jadi mereka mengklik iklan karena “kesasar”, tidak tahu. 
Jika tahu, mereka pasti tidakmau mengklik iklan yang terpajang. 

Contoh gampangnya, sangat jarang publisher adsense yang berkunjung ke blog orang lain yang mau mengklik iklan. Masak, jeruk makan jeruk. Kecuali jika publisher tersebut “ada main”.
Disamping itu, meski pengguna internet baru makin tahun bertambah, namun jumlahnya tidak berimbang dengan pengguna internet yang tahu tentang iklan. 
Akibatnya CTR akan turun. 

- Adanya browser atau aplikasi pemblokir iklan 
Adanya browser atau aplikasi yang bisa memblokir iklan juga menjadikan penghasilan publisher adsense turun drastis. Dengan adanya fasltas seperti ini, mau didandani seperti apapun dan dipasang sebanyak apapun , iklan tetap tidak akan ada yang mengklik. 
Siapa yang mau mengklik, lha wong iklannya di blok dan tidak muncul. 

● Cara meningkatkan penghasilan Google adsense 

Dengan kondisi seperti di atas, maka kini pertanyaan yang paling sering dilontarkan oleh para publisher adsense adalah : 
Bagaimana Cara meningkatkan penghasilan Google adsense saat ini ? 
Jawabannya : tentu ada banyak trik dan cara. 
Dan masing-masing publisher punya kecenderungan tersendiri untuk menggunakan masing-masing cara. Namun dari pengalaman, salah satu cara yang ampuh untuk meningkatkan penghasilan google adsense yang lesu saat ini adalah dengan mengatur penempatan iklan pada posisi yang tepat. 
Pertanyaannya lagi adalah : 

● Seperti apa posisi penempatan iklan google adsense yang paling tepat sehingga mampu meningkatkan penghasilan ? 

Dari sekian banyak uji coba yang pernah dilakukan, posisi iklan google adsense yang paling banyak menghasilkan klik adalah dengan meletakkan iklan pada posisi melekat. 
Cara ini sering disebut dengan sticky widget
Dari hasil uji coba, cara penempatan iklan yang seperti ini ternyata dapat meningkatkan jumlah klik iklan secara berlipat-lipat. Tidak hanya 100 %, 200 % melainkan hingga 700 % atau 7 kali lipat ! 
Luar biasa bukan. 
Untuk penempatan iklan yang terbaik dengan posisi melekat ( sticky widget ) adalah : 
- Pada posisi sidebar Jika bog menggunakan sidebar kanan, maka posisi iklan pada sticky widget diletakkan di sebelah kiri. Dan sebaliknya. 
- Menggunakan iklan vertikal dengan ukuran besar 
Ukuran iklan yang terbaik pada posisi ini adalah responsive vertikal, atau iklan ukuran 300 x 600, setelah itu iklan ukuran 160 x 600 
- Gunakan hanya 1 buah iklan saja 
Mengapa ? 
Dengan menggunakan 1 buah iklan saja tujuannya adalah untuk menaikkan nilai HPK atau CPC-nya. 

● Mengapa penempatan iklan melekat seperti ini mampu meningkatkan jumlah klik secara drastis ? 

Dengan penempatan iklan seperti ini , meski konten masih terlihat jelas, namun ada sebagian yang tertutupi. Sehingga ketika pengunjung benar-benar membutuhkan konten tersebut, maka pengunjung akan “dipaksa” untuk menyingkirkan iklan. Yang jika tidak tahu, yang diklik adalah iklannya. 
Sehingga jumlah klik iklan akan meningkat drastis. 
Masalah dan pertanyaannya adalah : 

● Apakah menempatkan iklan secara melekat ( sticky widget ) diperbolehkan oleh Google Adsense ? 

Jika membaca kebijakan / TOS Google Adsense maka penempatan iklan secara melekat / sticky widget adalah dilarang. 
Artinya ketika anda menempatkan iklan pada posisi seperti ini, siap-siap menanggung resikonya sendiri. 
Dari pengalaman, pada beberapa blog yang saya pasangi iklan dengan posisi seperti ini, satu blog ketahuan dan diperingatkan oleh Google Adsense, sehingga penempatan iklan kemudian saya rubah.
Namun satu blog lainnya berhasil lolos dan aman-aman saja hingga beberapa bulan. 
Sekali lagi : cara ini dilarang oleh TOS Google Adsense. 
Resiko harus anda tanggung sendiri. 
Tetapi bagaimana caranya hingga salah satu blog bisa lolos ? 
Adakah trik untuk pemasangan iklan secara melekat ? 

● Cara mengakali penempatan iklan melekat ( iklan sticky widget ). 

Trik yang saya lakukan pada pemasangan iklan melekat hingga ada blog yang berhasil lolos adalah : 
- Sticky widget dilengkapi dengan tombol close 
Cara ini meniru seperti apa yang dilakukan pada pemasangan iklan di Youtube. Sehingga pengunjung seolah diberikan pilihan. 
- Mencampur iklan dengan widget lainnya. 
Dalam hal ini, iklan google adsense saya letakkan setelah widget lainnya.
Misal dengan widget random post atau recent post. Sehingga seolah iklan tersebut menyatu dan bukan melulu iklan.
- Iklan knock down alias membongkar pasang iklan 
Untuk mengakali pantauan Google, secara berkala iklan melekat saya knock down, dibongkar pasang. 3 hari dipasang, 1 hari dilepas ( diganti penempatannya secara normal ) dan seterusnya. 
Cara ini memang agak sedikit merepotkan. Namun hasilnya terbukti. Blog bisa lolos dari pantaun. 

Nah dari pengalamam yang pernah saya lakukan Dengan Penempatan Iklan Seperti Ini Bisa Meningkatkan Jumlah Klik Iklan Secara Berlipat. 

Namun sekali lagi – SEBAGAI WARNING – cara penempatan iklan seperti ini memang melanggar kebijakan adsense. Jadi ketika ada resiko, ya silahkan ditanggung sendiri. 
Bisa hanya sekedar diperingatkan. Tetapi tidak menutup kemungkinan, akun adsense di banned.
( Kalau saya untungnya hanya mendapat peringatan untuk merubah atau melepas iklan ). 
Artikel ini hanya sekedar berbagi pengalaman, tentang bagaimana cara meningkatkan penghasilan Google adsense di tengah kelesuan di tahun ini.
Salam adsense, tetap semangat. 
Untuk melihat lebih lengkap tentang sticky widget, sebaiknya simak juga yang di bawah ini : 

You may like these posts