Contoh Soal Tes Kemampuan Dasar / Tes Potensi Akademik - Seleksi Penerimaan CAPRA IPDN 2016

Contoh Soal Tes Kemampuan Dasar / Tes Potensi Akademik - Seleksi Penerimaan CAPRA IPDN 2016

Proses pendaftaran SPCP IPDN untuk tahun 2016 baru saja selesai dan ditutup. 
Dan pada tanggal ini telah dikeluarkan pengumuman tentang hasil seleksi administrasi yang dapat dilihat di website resmi Seleksi Penerimaan Calon Praja (SPCP) IPDN Tahun 2016. 

Bagi pendaftar yang telah dinyatakan lulus dalam tahap seleksi administrasi tahap selanjutnya yang harus dilakukan adalah segera mencetak Kartu Tes untuk Tes Kemampuan dasar dan seterusnya.. 

Cara mencetak Kartu Tanda Peserta Tes SPCP IPDN dilakukan dengan membuka situs resmi IPDN.

Kemudian masuk ( login ) dengan menggunakan akun yang telah terdaftar ( username / NIK dan password ). Sesuai himbauan dari pihak berwenang IPDN. 
Kartu Tanda Peserta Tes ini tidak boleh dilaminasi terlebih dulu sebab nantinya akan diverifikasi dan dibubuhi cap/stempel oleh panitia. 
Setelah itu peserta dianjurkan untuk segera mengecek lokasi yang akan digunakan untuk Tes Potensi Akademik / Tes Kemampuan Dasar ( TKD ) yang dilaksanakan di masing-masing ibu kota propinsi asal pendaftar. 

● Apa itu Tes Potensi Akademik atau Tes Kemampuan Dasar ? 

Pada tes seleksi penerimaan Calon Praja IPDN Tes Potensi Akademik ( TPA ) biasanya diselaraskan dengan Tes Kemampuan Dasar ( TKD ). Yang umumnya pula terdiri dari Soal Tes Wawasan Kebangsaan, Soal Tes Intelengsia Umum, dan Soal Tes Karateristek Pribadi. Dimana tes-tes ini dilakukan dengan sistem Computer Assisted Test atau CAT.

Pada tes-tes ini peserta diwajibkan untuk menyelesaikan soal-soal yang diberikan, dengan sistem penilaian yang berbeda untuk masing-masing tes-nya. Tes Potensi Akademik pada dasarnya adalah sebuah tes yang bertujuan untuk mengukur kemampuan seseorang di bidang akademik umum. Sehingga tes ini terkadang diidentikkan dengan tes kecerdasan. 

Tes Potensi Akademik yang dilakukan di Indonesia pada umumnya identik dengan tes GRE dan GMAT yang memang sudah menjadi standar tes internasional. Test Potensi Akademik juga disebut sebagai Tes Stokastik atau Tes Bakat atau Apttitude Test. 

 ● Kelebihan Tes Potensi Akademik ( TPA ) 

Kelebihan TPA dibandingkan alat ukur lain dalam program seleksi penerimaan ( baik seleksi penerimaan tenaga kerja ataupun seleksi masuk pendidikan tinggi multidisiplin ) adalah kemampuannya dalam mengukur potensi atau bakat akademis seseorang tanpa membedakan latar belakang disiplin ilmu dan bersifat netral terhadap persepsi keliru masyarakat tentang kualitas Sumber daya manusia ( SDM ) yang diukur dari asal perguruan tinggi, asal Fakultas eksakta atau non eksakta, dan sebagainya. 

TPA dapat menghilangkan sekat-sekat/ perbedaan-perbedaan tersebut. 
Sebagai contoh : umumnya masyarakat yang beranggapan bahwa seseorang menempuh pendidikan di Universitas ternama pastinya akan lebih pinter dan berbakat dibandingkan dengan orang yang menempuh pendidikan di Universitas yang memiliki peringkat di bawahnya, dan seterusnya. 
Atau, orang yang berasal dari jurusan eksak pasti lebih pinter dari orang yang memiliki latar pendidikan sosial, dan sebagainya. 

Persepsi atau anggapan yang salah seperti ini dapat ditepis dengan melakukan Tes Potensi Akademik. 
Sebab TPA ini memang tidak memandang latar belakang pendidikannya. Sehingga seseorang yang memiliki skore yang tinggi dalam Tes Potensi Akademik dapat disimpulkan memiliki Potensi Akademis yang tinggi pula, dan sebaliknya. 
Dengan melakukan Tes Potensi Akademik akan dapat memberikan nilai/ angka/ skor yang significan dengan kemampuan seseorang. 

Ciri khas dari soal pada Tes Potensi Akademik adalah soal multiple choice
Dan seandainya ada gambar yang mirip dengan tes psikotes, maka peserta hanya diwajibkan untuk memilih gambar yang dianggap merupakan jawaban yang tepat (irama gambar) dan bukan aktif menggambar seperti halnya psikotes. 

● Ketentuan Tes kemampuan Dasar IPDN 2016 

Misalnya, pada seleksi penerimaan CAPRA IPDN 2016, ketentuan Tes Potensi Akademik pada Tes Kemampuan Dasar ditentukan sebagai berikut : 

Materi dan Penilaian TKD meliputi: 

a. Jumlah soal 100 dengan waktu tes 90 menit; 
b. Cara penilaian, dengan Persentase: 
Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) : 40% x 175 = 70*) 
Tes Intelegensi Umum (TIU) : 50% x 150 = 75*) 
Tes Karakteristik Pribadi (TKP) : 72% x 175 = 126*) 

Keterangan : 
- Setiap soal (TWK dan TIU) yang jawabannya benar mendapat nilai 5 
- Setiap soal (TWK dan TIU) yang jawabannya salah mendapat nilai 0 
- Setiap Soal TKP tidak ada jawaban benar ataupun salah, nilai terkecil mendapat nilai 1 dan nilai terbesar mendapat nilai 5 (Skala 1-2-3-4-5) 
- Total nilai tertinggi (TWK, TIU dan TKP) adalah 500 (semua jawaban benar) dan nilai terendah 35. 

*) Nilai ambang batas TKD dengan sistem CAT SPCP IPDN sebagaimana diatur dalam Permenpan dan RB Nomor 29 Tahun 2014 tentang Nilai Ambang Batas Tes Kompetensi Dasar Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2014. 

Penetapan jumlah kelulusan TKD dengan sistem CAT SPCP IPDN paling banyak 3.0 (tiga koma nol) kali jumlah kuota masing-masing provinsi dan berhak mengikuti tes kesehatan 

● Contoh soal Tes Kemampuan Dasar 

Contoh soal Tes Potensi Akademik, misalnya adalah seperti yang di bawah ini : 

1. Data klasemen akhir sebuah kejuaraan adalah sbb: Tim Poin K 6 L 5 M 4 N 1 Ket: tiap tim bertanding 3 kali. Menang mendapat 3 poin, seri 1 poin, kalah 0 poin. 
Pada data di atas, tim manakah yang mampu mengalahkan M? 
a. K 
c. N 
b. L 
d. tidak dapat ditentukan 

2. Dalam sebuah perusahaan, 50% pekerjanya tidak lulus SMA dan 70% berasal dari desa, serta 25% yang tidak lulus SMA dan dari desa. 
Berapa jumlah pekerja yang lulus SMA dan tidak berasal dari desa? 
a. 5% 
c. 15% 
b. 10% 
d. 20% 

Untuk nomor 3 - 8, pilihlah pasangan kata yang bersesuaian atau mempunyai analogi dengan pasangan kata yang dicetak dengan huruf kapital! 

3. PULPEN : MENULIS 
a.cangkul : menebang pohon 
b.buku : sampul 
c. kaki : berjalan 
d. jendela : rumah 

4. PINTU : KAYU 
a. kaca : pasir 
c. bensin : bumi 
b. sawah : padi 
d. air : hujan 

5. RAK : ALMARI 
a. meja : kursi 
c. buku : tas 
b. tembok : lantai 
d. saku : baju 

6. PIPA : AIR 
a. kabel : listrik 
c. mobil : roda 
b. hujan : air 
d. matahari : cahaya 

7. LARI : LELAH 
a. banjir : hujan 
c. dingin : AC 
b. hidup : mati 
d. belajar : pandai 

8. GENERATOR : LISTRIK 
a. panas : solder 
c. monitor : tulisan 
b. mesin : kain 
d. buku : catatan 

Untuk soal nomor 9-10, pilihlah kata yang bermakna sama atau paling dekat artinya dengan huruf yang dicetak dengan huruf besar kapital! 

9. KONVENSI 
a. sepakat 
c. gerak air 
b. hukum 
d. Perlawanan 

10. REGULASI 
a. teratur 
c. pengatur pengaturan 
d. Himbauan 

Karena itu cara paling ampuh untuk lolos Tes Potensi Akademik adalah dengan memperbanyak latihan. 

Karena itu, selamat berlatih. SEMOGA SUKSES. 
Jangan lupa Simak seperti apa kisi-kisi soal tes CPNS seperti berikut:

Share this:

Disqus Comments