Ini Lho, Manfaat Dari Tikus Yang Tidak Pernah Anda Bayangkan !

Ini Lho, Manfaat Dari Tikus Yang Tidak Pernah Anda Bayangkan !

Pastinya, hampir semua orang akan protes atau menyangkal pernyataan di atas. 
 “Mana ada manfaat dari tikus ?” 
“Di sawah, binatang pengerat yang sangat menjengkelkan ini akan menyikat habis tanaman petani. Di rumah apalagi, semua yang kelihatan akan diacak-acak dan dilahapnya”. 
...Paling-paling....dagingnya digunakan untuk memalsu dagng mie ayam, hingga jadilah mie ayam daging tikus yang pernah marak beberapa waktu lalu. 
Atau, bagi para “pecinta binatang” kadang dipelihara sebagai binatang peliharaan, utamanya tikus putih. Itupun ...amat sangat terbatas jumlah penggemarnya. 
Atau, yang agak sedikit bermanfaat, tikus ini ( tikus putih juga ) digunakan sebagai hewan percobaan di Laboratorium, yang nota bene pada akhirnya dimusnahkan. 

Pada kenyataannya memang hampir tidak ada kemanfaatan yang biasa diketahui yang dianggap benar-benar berguna dari binatang pengerat ini. 
Namun tidak biasa diketahui manfaatnya, tidak berarti tidak ada manfaatnya. 
Sebab pada dasarnya, tidak ada satupun yang diciptakan oleh Yang Maha Kuasa yang sia-sia. 
Dan manfaat dari tikus ini bahkan mungkin tidak pernah anda bayangkan sebelumnya. 

Sebab angan-angan tergila anda pasti tidak membayangkan, tidak hanya anjing sebagaimana yang lazim diketahui selama ini, ternyata binatang tikus ini juga dianggap sangat efektif dalam mengendus bahan peledak. Karena itulah binatang tikus sangat bermanfaat untuk digunakan sebagai pendeteksi ranjau di ladang-ladang ranjau yang sengaja dibuat saat terjadi perang. 

Hal itulah yang dilakukan oleh sebuah organisasi yang bernama Apopo. 
Organisasi ini mengkhususkan diri untuk melatih dan memanfaatkan binatang pengerat tikus untuk mendeteksi adanya bahan peledak. 

Bagaimana bisa tikus-tikus ini menjadi mahir untuk mendeteksi bahan peledak? 


Sebagaimana keterangan yang dibeberkan oleh Apopo, untuk melatih tikus-tikus ini hingga mahir mendeteksi bahan peledak, dimulai ketika tikus masih berumur 4 minggu. 
Saat mencapai usia ini, binatang pengerat yang biasanya sangat menjengkelkan ini sengaja dikondisikan untuk mengenali sebuah hubungan antara suara “klik” dengan adanya bahan makanan. Setelah tikus-tikus ini terbiasa dan sangat mengenali hubungan ini, pada langkah selanjutnya, barulah tikus-tikus ini dilatih untuk mengenali bau yang ada pada TNT ( TNT adalah salah satu jenis bahan peledak yang paling umum digunakan ). 

Jika dalam sebuah tes si tikus telah berhasil mengenali ( bau ) bahan peledak, maka suara “ klik” akan dibunyikan dan si tikus cerdik ini akan diberi hadiah makanan berupa pisang. 
Demikian, latihan dalam pengenalan bau- suara klik- dan hadiah makanan - ini dilakukan secara terus menerus. Sehingga tikus ini benar-benar “menguasai”. 
Dan setelah melakukan pelatihan selama 9 bulan secara terus menerus, pada umumnya tikus-tikus ini telah siap diterjunkan lapangan untuk mendeteksi adanya bahan peledak.. 


Yang lebih unik lagi, tidak hanya dilatih untuk bisa mendeteksi adanya bahan peledak, organisasi Apopo juga melatih tikus-tikus ini untuk bisa memiliki “keahlian” yang lainnya. 
Seperti latihan untuk mengenali sampel TBC, mengenali adanya zat-zat narkotika, dan bahkan nantinya, latihan dari Apopo untuk tikus ini akan terus berlanjut guna dimanfaatkan untuk mencari korban pasca bencana. 

Dalam aplikasi lapangan lainnya, untuk mendeteksi barang bawaan calon penumpang di bandara, tikus dilatih dengan diletakkan di dalam kotak. 
Apabiaa si tikus mendeteksi adanya bahan peledak atau obat-obatan terlarang dalam barang bawaan calon penumpang, maka tikus cerdik ini akan menyalakan alarm dengan memencet tombol. 
Dan menurut catatan data, setiap tikus bisa melakukan pekerjaannya selama empat jam. 
Hebatnya lagi, hasil “pekerjaan” si tikus ini ternyata lebih akurat bila dibandingkan dengan pelacakan anjing atau bahkan dengan mesin x-ray sekalipun dalam hal menemukan bahan peledak dan obat-obatan terlarang tersebut. 

Nah baru “ngeh” kan tentang manfaat dari tikus yang pastinya tidak pernah anda bayangkan sebelumnya! Yang unik adalah apa yang dikatakan oleh produsen obat tikus. Seperti ini :

Share this:

Disqus Comments