Kata Bos Google : Beberapa Tahun Lagi Internet Akan Lenyap, Ini Penggantinya

Kata Bos Google : Beberapa Tahun Lagi Internet Akan Lenyap, Ini Penggantinya

Dengan perkembangan teknologi dan perkembangan gaya hidup masyarakat dunia, saat ini boleh dikatakan bahwa internet sudah menjadi sebuah kebutuhan hidup. 
Hampir di seluruh penjuru dunia dan hampir setiap orang telah menggunakan teknologi pintar ini. Meski memang masih ada sebagian kecil wilayah yang belum terjangkau. 
Ke depan, penggunaan internet diprediksi bahkan akan lebih “dahsyat” lagi.

Para ahli memperkirakan bahwa Internet akan mendominasi aspek kehidupan. 

Sebab tanda dan gejala untuk hal tersebut memang sudah mulai terlihat saat ini. 

Namun dalam sebuah ajang World Economic Forum di Davos, Switzerland baru-baru, Eric Schmidt yang saat ini merupakan Executive Chairman dari Google justru memberikan sebuah pernyataan yang sangat mengejutkan. 
Sebagai “bos” dari perusahaan internet terbesar di dunia, Eric Schmidt malah menyatakan bahwa dalam beberapa tahun ke depan, internet akan lenyap. 
Sebagaimana dikutip dari IT Pro Portal, saat ditanya tentang masa depan internet, Schmidt menjawab singkat : "Jawabannya sederhana. Internet akan lenyap" 

Benarkah internet akan benar-benar lenyap dalam beberapa tahun ke depan sebagaimana pernyataan dari bos Google tersebut ? 


Yang sebenarnya teknologi internet tidak akan benar-benar lenyap sebagaimana pernyataan bos Google tersebut. Pernyataan dari Schmidt hanya merupakan sebuah ungkapan. 
Yang hilang sebenarnya hanyalah istilah “internet”-nya saja. Sedangkan teknologinya masih akan tetap digunakan, bahkan akan berkembang lebih dahsyat lagi. 

Sebagaimana penjelasan Schmidt selanjutnya, ke depan, melalui teknologi yang dinamakan “Augmented Reality” dan perangkat pintar yang saling terkoneksi, maka integrasi antara rumah dengan tempat kerja bisa dilakukan di mana saja. 
Dengan penerapan teknologi seperti ini maka istilah 'internet' yang selama ini biasa digunakan melalui laptop dan atau perangkat mobile secara otomatis akan lenyap. 
Schmidt menambahkan : "Membuat internet lebih personal bagi pengguna spesifik juga akan turut mengubah terminologi internet". 

Lebih lanjut dijelaskannya, interaktivitas di antara pengguna dengan internet juga akan berubah dalam 10 tahun ke depan. 
Misalnya, pengguna internet mungkin akan memesan makanan secara online melalui lemari es mereka, bukan dari komputer. 
Schmidt juga menyatakan bahwa semua ini akan dikontrol oleh end user. Dikabarkan pula, untuk pengembangan ide dunia yang saling terhubung, baik Schmidt, maupun CEO Google Larry Page telah menanamkan investasi yang besar. 

Dikabarkan Google telah mengakuisisi Nest Labs senilai USD 3,2 miliar demi misinya untuk menciptakan smart home. Google juga diketahui telah berinvestasi di Dropcam dan perusahaan pembuat perlengkapan smart home lainnya pada 2014. 

Namun satu hal yang menjadi sedikit kontroversi dalam ajang diskusi tersebut adalah tentang kemungkinan adanya penghapusan tenaga kerja untuk bidang tertentu. 
Sebab di tahun-tahun mendatang, diperkirakan tenaga robot akan banyak menggantikan manusia.
Namun Schmidt sendiri tidak percaya bahwa teknologi baru akan membuat dunia dipenuhi dengan pengangguran, meski tenaga robot akan menggantikan manusia. 

Schmidt menjelaskan bahwa kondisi semacam itu justru akan membuat orang menemukan keahlian dan layanan baru. Jadi, meski ada banyak asumsi bahwa zamannya berbeda, tetap saja Schmidt yakin bahwa teknologi baru tidak akan membuat orang jadi menganggur. 
 "Apa yang terjadi dengan jenis pekerjaan tertentu yang menghilang? Ini sama saja dengan yang terjadi ketika para petani mulai berhenti bertani dan menggunakan traktor," kata Schmidt memberikan contoh. 
Yang ini tentang teknologi internet di masa depan :

Share this:

Disqus Comments