Cara Terbaik Dan Paling Tepat Untuk Menolong Orang Yang Terkena Racun Sianida

Cara Terbaik Dan Paling Tepat Untuk Menolong Orang Yang Terkena Racun Sianida

Senyawa Sianida terutama Natrium Sianida, merupakan bahan kimia yang telah lama dikenal sebagai sangat beracun. Senyawa ini dapat berakibat fatal bila sampai masuk ke dalam tubuh, baik karena terhirup atau tertelan. Tidak sedikit yang berujung pada kematian. 
Natrium Sianida sendiri merupakan bahan kimia yang berbentuk kristal kubus, atau serbuk, granular, tidak berwarna, tidak berbau. 

Ketika sampai masuk ke dalam tubuh, senyawa ini akan menyerang semua jaringan dan memblokir aliran Oksigen, sehingga jaringan tubuh akhirnya kekurangan Oksigen. 
Akibatnya bisa fatal dan merenggut nyawa, terutama ketika tidak segera mendapat pertolongan. 
Namun ketika penderita dapat segera diberi pertolongan ( pertolongan pertama ) selalu ada harapan untuk bisa segera disembuhkan. 

Apa yang harus dilakukan terhadap seseorang yang terkena oleh racun sianida ? 

Cara terbaik untuk menolong orang yang terkena ( racun ) Sianida, antara lain : 

● Jika tertelan racun Sianida 

Bila sampai tertelan, racun Sianida bereaksi sangat cepat. Karena itu cara terbaik dan paling tepat untuk memberi pertolongan kepada orang yang tertelan Sianida adalah sesegera mungkin menghubungi dokter. 
Dan selama itu, jangan berusaha untuk merangsang terjadinya muntah atau meminumkan cairan kepada penderita yang tidak sadarkan diri. 
Apabila penderita telah mengalami muntah, agar dijaga supaya posisi kepala penderita lebih rendah dari pinggul. Gunanya untuk mencegah aspirasi. 
Dan ketika terjadi muntah, palingkan kepala penderita ke samping. 
Dan sekali, secepat mungkin dibawa ke dokter, untuk mendapatkan penanganan yang diperlukan. 
Dokter biasanya akan melakukan “pembilasan” lambung dan pemberian oksigen. 

● Jika terhirup racun Sianida 

Menghirup Sianida bahayanya tidak kalah dibandingkan dengan menelannya. 
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan menjauhkan korban dari area paparan menuju wilayah yang aman. 
Bila diperlukan bisa diberikan bantuan pernafasan buatan atau pernafasan keselamatan. 
Namun ketika melakukan hal ini, harus digunakan masker berkatup atau peralatan sejenis. 
Istirahatkan korban dan pertahankan suhu tubuhnya. Dan secepat mungkin dibawa ke dokter untuk mendapat penanganan yang diperlukan. 
Pada kasus tertelan Sianida dokter biasanya akan memberikan Amil Nitrit melalui dihirup, 1 ampul (0,2 mL) setiap 5 menit dan pemberian oksigen. 

● Jika Sianida terkena mata 

Resikonya memang tidak sefatal jika racun ini tertelan atau terhirup. 
Untuk memberi pertolongan terhadap penderita ini, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan membasuh mata penderita dengan segera menggunakan air yang banyak. 
Sesekali kelopak mata pada bagian atas dan bagian bawah dibuka dan dibilas hingga tidak ada lagi bahan yang tertinggal. Setelah itu dilanjutkan dengan menggunakan larutan garam fisiologis sampai korban siap untuk dibawa ke rumah sakit. 
Selama itu usahakan menutup mata korban dengan menggunakan kain perban yang steril. 
Dan segera dibawa ke dokter. 

● Jika kulit terkena racun Sianida 

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melepaskan segera pakaian, perhiasan dan sepatu yang terkontaminasi. Kemudian bagian yang terkontaminasi atau diduga terkontaminasi dicuci dengan air dalam jumlah banyak dan dibarengi dengan menggunakan sabun atau deterjen lunak. 
Cuci benar-benar bersih, kurang lebih selama 15-20 menit hingga tidak ada lagi bahan yang tertinggal. Langkah selanjutnya adalah dengan segera membawa korban ke dokter, untuk mendapatkan penanganan lanjut. 

Itulah cara-cara terbaik dan paling tepat untuk menolong orang yang terkena Racun Sianida. 

Dengan memberikan pertolongan pertama seperti di atas, harapan agar penderita tidak mendapat akibat yang lebih fatal akan menjadi lebih besar kemungkinannya. 
Dan sebaiknya kenali racun yang mematikan ini :

Share this:

Disqus Comments