-->

Cara Mudah Menghemat Daya Baterai Ponsel Saat Mengakses Facebook

Sebagaimana pernah diuraikan pada posting sebelumnya, dari aplikasi baik yang menggunakan platform Android maupun iOS yang paling populer digunakan, banyak diantaranya yang ternyata sangat boros atau menguras daya baterai ponsel.
Daftar lengkapnya bisa dilihat di bawah ini : 

Salah satu aplikasi yang paling boros atau menguras daya baterai ponsel tersebut adalah Facebook. 

Padahal tahu sendiri, kan, jika Facebook ini paling banyak diunduh dan paling banyak digunakan. 

Pihak Facebook sendiri memang mengakui bahwa aplikasi miliknya dalam versi mobile terdapat bug dan telah berupaya untuk memperbaikinya dengan merilis versi yang terbaru. 

Masalah yang pertama adalah pada "CPU spin" di kode jaringan Facebook. 
Menurut penjelasan salah satu teknisi Facebook, Ari Grant, CPU spin bisa diibaratkan seperti seorang anak kecil yang sedang berada di dalam sebuah mobil yang tak sabar untuk segera sampai di tujuan dan terus-menurut bertanya, "apakah kita sudah sampai?" namun tanpa menghasilkan proses apapun. 
Proses ini berulang terus hingga pada akhirnya menyebabkan aplikasi mobile Facebook mengkonsumsi banyak daya dan menguras baterai ponsel. Jauh lebih boros dari yang diperkirakan. 

Kemudian masalah yang kedua adalah pada sistem playback suara dari video. 
Tentang masalah kedua ini Grant mengungkapkan : 
 "Jika Anda ke luar dari aplikasi Facebook setelah menonton video, sesi audio terkadang tetap aktif seakan-akan Anda masih membukanya," . 
Untuk masalah yang kedua Grant mengibaratkan : bahwa sama seperti pengguna ingin mendengarkan lagu dari aplikasi musik sambil melakukan hal lain, sehingga pengguna memang harus ke luar dari aplikasi musik tersebut, tanpa memberhentikan lagu yang sedang dimainkan. 
Namun Grant menyatakan bahwa masalah penggunaan daya baterai yang boros ini tidak ada kaitannya dengan fitur lokasi atau history lokasi di dalam Facebook. 

Beberapa pakar menyarankan, agar baterai ponsel dapat lebih hemat dan tahan lama, langkah yang paling mudah dilakukan adalah dengan menyingkirkan aplikasi facebook ini dari perangkat. 
Data yang didapat, dengan menghilangkan aplikasi ini dari ponsel, konsumsi daya baterai dapat dihemat hingga 15 % pada ponsel dengan platform iOS. 
Bahkan pada ponsel dengan platform Android, konsumsi baterai dapat dihemat hingga 20 %. 

Tetapi siapa yang rela harus “berpisah” dari aplikasi Facebook ini. 
Karena itu jika tetap ingin menggunakan aplikasi facebook pada ponsel , namun tidak menguras daya baterai coba gunakan cara berikut ini. 
Caranya sebenarnya sangat mudah, namun hanya bisa digunakan pada ponsel iPhone atua platform iOS.
Jika anda menginginkan tetap bisa aktif menggunakan aplikasi Facebook di ponsel namun sekaligus bisa menghemat baterai hingga 15 persen, maka caranya adalah dengan menggunakan browser Safari. 

Dari beberapa ujicoba yang dilakukan, berselancar di Facebook pada ponsel iPhone dengan menggunakan browser Safari , maka baterai iPhone rata-rata bisa tersisa 15 persen hingga malam hari, sekitar pukul 10.30 malam setiap harinya. 
Penggunaan browser ini pada iOS, selain bisa menghemat konsumsi baterai hingga 15 persen, secara tidak langsung juga akan menghemat ruang memori dari data yang tersimpan di dalam aplikasi Facebook itu. 
Dan biasanya bisa mencapai ratusan megabyte. 
Sedangkan bagi pengguna ponsel dengan platform berbasis Android, agar ponsel hemat baterai saat menggunakan aplikasi facebook disarankan untuk mengakses Facebook melalui Google Chrome. 
Jadi silahkan dicoba. 
Sedangkan untuk mengecek apakah baterai ponsel rusak atau tidak, berikut caranya :

You may like these posts