-->

Mengenal Beberapa Sensor Canggih Pada Smartphone Yang Tidak Pernah Anda Bayangkan

Dengan kemajuan teknologi, sebuah ponsel tidak hanya digunakan untuk bertelepon dan sms belaka. 
Kini sebuah ponsel, terutama ponsel pintar atau smartphone, boleh dikatakan bisa digunakan “untuk apa saja”. 
Untuk menunjang fungsinya, sebuah smartphone masa kini dilengkapi dengan sensor-sensor canggih. Beberapa sensor utamanya digunakan untuk sistem keamanan smartphone itu sendiri. 
Namun beberapa diantaranya, sensor tersebut teramat canggih, yang bahkan tidak pernah anda bayangkan. 

Berikut beberapa sensor canggih pada Smartphone yang tidak pernah anda bayangkan. 

● Akselerometer 

Akselerometer merupakan sensor yang berfungsi untuk mendeteksi orientasi perangkat. Berguna saat pengguna mengubah modus layar, misalnya dari posisi tegak (portrait) ke posisi mendatar (landscape). Sensor ini paling umum terdapat dalam sebuah perangkat smartphone 

● Termometer 

Beberapa smartphone, misal Samsung Galaxy S4 telah dilengkapi dengan termometer, yang berfungsi untuk mengetahui tinggi rendahnya temperatur. 
Ada yang untuk mengetahui temperatur lingkungan. Dan ada juga yang berfungsi untuk memantau temperatur pada perangkat dan baterai. Dimana sensor ini akan mematikan perangkat secara otomatis ketika “membaca” temperatur yang terlalu panas (overheat). 

● Sensor kelembapan udara 

 Masih juga pada Samsung Galaxy S4. Smartphone ini telah dilengkapi dengan sensor kelembapan udara yang berfungsi untuk memberi informasi tentang kelembapan udara , optimal atau tidak. 

● Barometer 

Sensor ini berfungsi untuk mengukur tekanan udara atmosfer, “membaca” ketinggian di atas permukaan laut guna meningkatkan akurasi GPS. 
Beberapa smartphone yang telah menggunakan sensor ini misalnya Motorola XOOM dan Samsung Galaxy Nexus. 

● Magnetometer 

Magnetometer merupakan sebuah sensor yang berfungsi untuk mendeteksi keberadaan medan magnet. Contoh aplikasinya misalnya untuk kompas atau juga untuk mendeteksi logam. 

● Pedometer 

Jumlah langkah kaki yang dilakukan pengguna dapat diketahui oleh sebuah sensor yang dinamakan Pedometer. Smartphone yang menggunakan sensor ini misalnya Google Nexus 5. 
Fungsi yang sama sebenarnya dapat dilakukan dengan sensor Akselerometer. 

● Giroskop 

Sensor ini sebenarnya mirip dengan fungsi Akselerometer, yaitu untuk memberi informasi tentang orientasi dari sebuah perangkat. Namun Giroskop lebih presisi karena bekerja berdasarkan prinsip momentum sudut. Akselerometer dipengaruhi gravitasi, sedangkan giroskop tidak. 
Giroskop juga memberikan informasi dimensi tambahan dengan melacak rotasi atau perputaran perangkat. 

 ● Proximity 

Dengan sensor yang biasanya ditempatkan di dekat lubang suara sebuah smartphone ini memungkinkan sistem untuk mengetahui pengguna sedang bertelepon, sehingga layar harus dimatikan. 
Sensor ini bekerja dengan cara memancarkan cahaya inframerah ( yang tidak terlihat oleh manusia), yang dipantulkan dari objek terdekat dan dijemput oleh detektor inframerah. 

● Sensor cahaya 

Dengan sensor cahaya sebuah smartphone dapat secara otomatis menyesuaikan kecerahan layar berdasarkan cahaya di sekitarnya. 
Saat ada banyak cahaya, maka kecerahan layar ditambah, dan sebaliknya. Dengan sensor ini maka daya tahan baterai dapat lebih diperpanjang. 

● Sensor sidik jari 

 Sensor sidik jari biasanya difungsikan untuk sistem keamanan tambahan pada sebuah smartphone. Beberapa smartphone yang telah menggunakan sistem keamanan sidik jari misalnya iPhone 5s, Samsung Galaxy S5, HTC One Max, dan Sony Xperia Z5. 

● Sensor denyut jantung 

Sensor ini berfungsi untuk mengukur denyut nadi , dengan cara mendeteksi denyutan per menit dari pembuluh darah di dalam jari seseorang. Ponsel pintar yang telah menggunakan sensor ini misalnya Samsung Galaxy S5. 

 ● Sensor radiasi berbahaya 

Smartphone Sharp Pantone 5 - yang hanya dirilis di Jepang – dilengkapi dengan sensor yang lebih hebat, yaitu Sensor untuk radiasi berbahaya. 
Dengan sensor ini pengguna mampu mendeteksi adanya radiasi berbahaya di sekitarnya. 

Itulah beberapa sensor canggih pada Smartphone yang tidak pernah anda bayangkan. 

Ke depan, sebuah smartphone mungkin saja akan dilengkapi dengan sensor-sensor lainnya yang lebih canggih lagi. 
Smartphone ini juga tak kalah menariknya

You may like these posts