-->

Ingin Agar Baterai Android Tidak Cepat Habis ? Simak Aplikasi Yang Menguras Baterai Android Ini

Sejak kali pertama dilincurkan, makin hari Android makin banyak penggemarnya. Hal ini dikarenakan Android boleh dikata “serba bisa”, sehingga memanjakan para penggunanya. 
Meski begitu ada satu keluhan yang paling umum dialami oleh para pengguna Android, yaitu kondisi baterainya yang cepat habis. Sehingga sedikit sedikit harus ngecas ( ...ngecas kok sedikit ...). 

● Mengapa baterai Android cepat habis ?  

Masalah baterai yang cepat habis sebenarnya tidak hanya dialami oleh para pengguna yang memakai platform Android. Sebenarnya para pengguna iPhone dan Blackberry juga mengalami hal yang serupa. Hal ini disebabkan karena pada perangkat pintar tersebut pada umumnya memang membutuhkan banyak konsumsi daya. 
Mengapa kebanyakan ponsel pintar mengkonsumsi lebih banyak daya ? 
Salah satu penyebab yang paling umum dan utama adalah karena pada ponsel pintar ( smartphone ) lebih banyak aplikasi yang berjalan di belakang layar begitu layar Android dinyalakan. 
Dan sialnya, tanpa disadari oleh penggunanya, aplikasi yang sedang berjalan dan terus berjalan tersebut pada akhirnya akan menguras baterai Android. 

● Aplikasi apa saja yang menguras baterai Android ? 

Menurut satu riset yang dilakukan oleh sebuah lembaga, memang ada banyak aplikasi yang bisa mengkonsumsi dan menguras daya baterai sebuah Android. 
Dari sekian banyak aplikasi tersebut, dapat dideteksi setidaknya ada 10 buah aplikasi yang paling menguras baterai Android, yaitu :  
1. BBM 
2. Facebook 
3. Antivirus (Security Police Update) 
4. Waze Social GPS & Maps 
5. Path 
6. Candy Camera 
7. Al-Moazin Lite (Prayer Times) 
8. Twitter 
9. Whatsapp Messenger 
10. Instagram 

 Para pengguna sering kali tidak menyadari bahwa meski mereka merasa telah menutup aplikasi, namun sebenarnya aplikasi tersebut di atas tetap berjalan di belakang layar. 
Disamping itu aplikasi-aplikasi tersebut secara terus menerus melakukan koneksi internet. 
Karena itulah baterai Android akan cepat habis. 

● Bagaimana caranya agar baterai Android dapat lebih tahan lama ? 

Saat ini memang ada cukup banyak aplikasi yang dirancang khusus untuk dapat membantu menghemat konsumsi daya baterai Android. 
Namun hal ini sebenarnya tidak cukup. Karena resolusi layar tinggi pada perangkat, adanya koneksi internet yang terus menerus serta banyaknya program yang berjalan. 


Cara yang paling mudah sebenarnya adalah dengan menonaktifkan aplikasi tersebut. Hal ini dapat dilakukan salah satunya dengan masuk ke task manager atau menekan tombol home beberapa detik, kemudian tutup aplikasi dengan swipe. 
Cara lainnya adalah dengan membuang aplikasi-aplikasi yang sebenarnya tidak dibutuhkan. 

Jadi jika ingin baterai Android tahan lama, maka “cermati” aplikasi-aplikasi yang menyebabkan baterai Android cepat habis. 

Dan jika memang tidak dibutuhkan akan lebih baik jika dihilangkan. 
Dan berikut cara agar baterai android bisa tahan lama :

You may like these posts