-->

Cara Paling Tepat Membersihkan Mobil Yang Menggunakan Cat Doff

Kebanyakan orang memang lebih menyukai mobil-mobil yang menggunakan cat mobil yang mengkilap atau gloss. Baik berupa cat solid gloss ataupun cat metalic gloss. Sebab mobil dengan warna gloss – mengkilap memang memberikan nuansa bersih, mewah dan eksklusif. 
Namun beberapa orang yang menyukai tampilan “kereng dan sangar” sehingga mobil atau motor yang menggunakan cat jenis Doff adalah pilihan utamanya. 

Cat jenis Doff memang sepintas terlihat kurang menarik dan kusam karena memang tidak bersifat memantulkan sinar. Namun cat jenis ini bisa memberikan nuansa garang, terutama pada warna hitam doff. Karena itu warna Doff sering digunakan oleh “anak-anak metal” dengan mobil gaulnya atau moge-nya. 

Karena sifat dan karakter yang memang berbeda dengan cat jenis gloss, mobil ( atau motor ) yang menggunakan warna jenis Doff juga harus mendapatkan perawatan cat yang berbeda. 
Ketika salah dalam melakukan perawatan pada cat berjenis doff, maka warna akan menjadi cepat pudar, kusam dan sangat tidak menarik, seperti rongsokan. 

Artikel ini akan membahas cara paling tepat untuk membersihkan mobil atau motor yang menggunakan cat berjenis Doff. 


• Cat Doff memiliki permukaan yang relatif lebih kasar bila dibandingkan dengan cat jenis Gloss. Karena itu mobil atau motor yang menggunakan cat Doff umumnya lebih rawan terhadap terjadinya goresan, baik oleh debu atau partikel kecil lainnya.

• Karena sifatnya itu saat melakukan ritual membersihkan mobil bercat doff langkah yang pertama adalah dengan menghilangkan partikel debu yang menempel dengan menggunakan kemoceng atau kain halus. 

• Jangan langsung disiram, sebab karena permukaannya, partikel debu agak sulit hilang oleh air. 

• Setelah dibersihkan dengan kemoceng barulah disiram dengan air. Atau bisa juga disemprot, namun harus menggunakan air bertekanan kecil. 

• Sementara itu siapkan sebuah ember, isi dengan air secukupnya. 
Tambahkan shampoo mobil yang lunak dan memiliki busa banyak. Ingat gunakan shampoo mobil yang lunak. Permukaan cat Doff relatif lebih rawan untuk menahan sisa-sisa bahan kimia dari shampoo yang mungkin bisa merusak permukaan cat. Siapkan pula sepotong busa. 

• Setelah disiram air secara merata, baru dicuci dengan menggunakan busa yang dicelup ke dalam air shampoo. Gosokkan busa secara lembut saja tidak perlu terlalu ditekan. 

• Setelah semua permukaan tercuci oleh shampoo dan terlihat bersih, siram atau semprot kembali dengan air hingga tidak ada bekas busa shampoo mobil yang tertinggal. 

• Lap dengan menggunakan kanebo untuk menyerap air dan mengeringkannya. 

• Terakhir lap dengan menggunakan kain halus dan bersih. 
Setelah semuanya selesai, anda mungkin tidak perlu menggunakan produk pengkilap. Sebab cat doff memang tidak membutuhkan tampilan yang glossy. 

Seperti itulah Cara Paling Tepat Membersihkan Mobil yang menggunakan Cat Doff. 

Sedangkan untuk membersihkan mobil saat musim hujan, ini caranya :

You may like these posts