Trik Agar Tetap Fokus Ala Pilot Solar Impulse

Trik Agar Tetap Fokus Ala Pilot Solar Impulse

Pada beberapa orang terkadang memiliki masalah untuk bisa tetap fokus pada suatu hal. 
Bahkan pada beberapa orang yang secara alami dianugerahi kemampuan yang tinggi untuk tetap fokus, karena keterbatasan daya tahan tubuh, adakalanya pada waktu tertentu fokusnya berkurang atau hilang. Padahal kemampuan untuk fokus sangat dibutuhkan untuk dapat melakukan dan menyelesaikan berbagai macam hal , terutama pada hal-hal yang berbahaya atau beresiko tinggi. 
Karena itu jika memiliki masalah seperti ini – susah untuk tetap fokus – ada baiknya untuk mencoba trik pilot solar impulse ini. 

Apa itu trik fokus ala pilot solar impulse ? 


Sebagaimana diketahui, beberapa waktu lalu 2 orang pilot pesawat terbang, Andre Borschberg dan Bertrand Piccard, ditugaskan untuk menjalankan misi yang gila-gilaan, luar biasa. 
Kedua pilot ini harus mengendarai pesawat terbang berkeliling dunia tanpa bahan bakar fosil setetes-pun. Mereka berkeliling dunia dengan pesawat terbang bertenaga surya. 
Dan gilanya lagi, mereka harus mempiloti pesawat terbang bertenaga surya yang diberi nama Solar Impulse 2 ini selama 5 hari 5 malam, non stop. 

Bisa dibayangkan, betapa daya tahan tubuh dan kemampuan untuk tetap fokus yang dibutuhkan oleh mereka agar tetap bisa mengudara dengan selamat dan menuntaskan misinya. 
Berada di ketinggian dengan tanpa bahan bakar fosil setetes-pun, itu artinya, lengah sedikit, nyawa taruhannya. 
Namun nyatanya, mereka berdua telah berhasil menyelesaikan “misi mustahil” tersebut. 

Lalu apa rahasia dan caranya kedua pilot Solar Impulse 2 ini tetap bisa fokus dalam mempiloti pesawat terbang bertenaga surya tersebut ? 

Ternyata kedua pilot ini - Andre Borschberg dan Bertrand Piccard – memiliki trik tersendiri agar tetap bisa selalu fit dan selalu fokus. 

Kedua pilot Solar Impulse 2 ini menggunakan trik seperti meditasi dalam yoga. 
Agar supaya dapat tetap terjaga selama mempiloti pesawat Solar Impulse, Borschberg tidur selama 20 menit sebanyak 10 sampai 12 kali sehari ketika pesawat dalam keadaan autopilot. 
Sedangkan rekan terbangnya Piccard seringkali melakukan meditasi atau juga melakukan hipnotis diri agar tetap bisa fokus selama penerbangan. 
Apabila pada orang biasanya untuk fokus adalah dengan melihat, mendengar, dan merasa apa yang terjadi di luar tubuh, maka Piccard malah berkata bahwa ia melakukan kebalikan dari itu semua. 
“Ketika saya melakukan hipnotis diri, saya mengubah pandangan dari luar tubuh saya ke dalam,” jelasnya. 

Dengan cara seperti itu maka tubuhnya menjadi lebih rileks, namun pikirannya bisa menjadi lebih waspada. Piccard mengaku bahwa ia telah berlatih meditasi semenjak tahun 1992, saat ditugaskan untuk menyebrangi Samudra Atlantik selama lima hari dengan menggunakan pesawat kapsul kecil. 
Masih dengan pikiran :

Share this:

Disqus Comments